#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia dan Gerakan Nasional Pembagian 10.000.000 (sepuluh juta) Bendera Merah Putih, Pemerintah Kota Ternate membagikan Bendera Merah Putih kepada masyarakat di kawasan Landmark Kota Ternate.

Sebelum pembagian bendera, terlebih dahulu dilakukan senam bersama serta apel Siaga Pemilihan Umum Kepala Daerah (Pemilukada).

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bertindak sebagai Pembina Apel, dan pada kesempatan tersebut Wali Kota secara simbolis bendera merah putih dari Wali Kota Ternate kepada tamu undangan yang hadir.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Forkopimda Kota Ternate, Forum Pembauran Kebangsaan, para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, TNI/Polri, serta ASN dan PTT di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Kepala Dinas Pertanian (Kadistan) Kota Ternate sekaligus Ketua Panitia Pelaksana (Panpel) Peringatan HUT ke-79 RI Tingkat Kota Ternate tahun 2024, Ir. Thamrin Marsaoly, SP., M.Sc dalam laporannya mengatakan, kegiatan hari ini adalah peluncuran (launching) kegiatan yang menandakan bahwa geliat kemerdekaan yang ke-79 akan segera dimulai di Kota Ternate.

Dalam laporannya, Kadistan juga memaparkan bahwa kegiatan ini merujuk pada Surat Edaran Menteri dalam Negeri Nomor 400/215/SJ tanggal 8 Mei 2024 tentang Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih Tahun 2024.

“Geliat 17 Agustus tahun ini kita akan lebih fokus untuk pelaksanaan kegiatan di kelurahan dan kecamatan,” ungkapnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam arahan Apel Siaga tersebut menyampaikan bahwa pembagian 10.000.000 (sepuluh juta) Bendera Merah Putih adalah simbol dari rasa cinta dan kebanggaan terhadap tanah air.

Beliau menegaskan, Bendera merah putih bukan hanya sekedar selembar kain, tetapi merupakan lambang dari perjuangan dan kesatuan bangsa Indonesia.

“Melalui gerakan ini, kita ingin mengingatkan kembali tentang pentingnya nilai kebangsaan dan semangat nasionalisme kepada seluruh masyarakat, selain itu kegiatan ini juga ditandai dengan Apel Siaga Pemilukada (Pemilihan Umum Kepala Daerah) Tahun 2024 yang diikuti oleh TNI/Polri maupun karyawan/karyawati pada Instansi Pemerintah Kota Ternate,” pungkas Wali Kota.

Selain itu, menurutnya, Pemilukada adalah momen penting dalam demokrasi kita, dimana masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan memimpin daerah ini.

“Oleh karena itu, kesiapsiagaan kita dalam menghadapi Pemilukada sangat penting. Apel Siaga ini merupakan wujud dari komitmen kita untuk menjaga keamanan, ketertiban, kelancaran proses demokrasi di Kota Ternate,” tegasnya.

Menurut Wali Kota, Pemilukada adalah salah satu pilar utama dalam sistem demokrasi kita. “Melalui pemilihan kepala daerah yang langsung, umum, bebas, rahasia, jujur dan adil, masyarakat memiliki kesempatan untuk memilih pemimpin yang akan membawa perubahan positif bagi daerahnya masing-masing,” tutur Wali Kota.

Beliau mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersama-sama menyukseskan Pemilukada Tahun 2024 dengan menjaga integritas dan kredibilitas proses Pemilukada.

“Partisipasi aktif dari seluruh masyarakat sangat dibutuhkan untuk memastikan bahwa proses Pemilukada berjalan dengan baik, jujur, adil, dan demokratif. Mari kita jaga suasana agar tetap kondusif dengan saling menghormati perbedaan, dan mengedepankan kepentingan bersama bukan kepentingan pribadi maupun kelompok,”ajaknya.

Lebih lanjut, Wali Kota menekankan bahwa ini bukanlah sesuatu yang baru bagi seluruh elemen masyarakat. Menurutnya, apel siaga ini juga merupakan simbol dari kesiapan dalam menghadapi beberapa tantangan yang mungkin muncul selama proses Pemilukada.

"Saya mengapresiasi komitmen dan dedikasi seluruh aparat keamanan, penyelenggara Pemilu, karyawan/karyawati lingkup Pemerintah Kota yang telah hadir hari ini, juga termasuk masyarakat karena berperan aktif dalam menjaga suasana kondusif di Kota Ternate," ungkapnya.

“Semoga semangat kebangsaan dan sikap kesiapsiagaan yang kita tunjukkan hari ini dapat menjadi inspirasi bagi kita semua dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Sekali lagi saya sangat mengapresiasi kerja keras dari semua pihak yang terlibat dalam penyelenggaraan kegiatan, baik dari unsur pemerintah maupun masyarakat. ” tambahnya.

Kegiatan tersebut juga dirangkaikan dengan pelepasan 5 calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kota Ternate oleh Wali Kota untuk mengikuti kegiatan Paskibraka pada tingkat Provinsi yang dilaksanakan di Sofifi.

Wali Kota juga mengucapkan selamat kepada para calon Paskibraka dan berharap para calon Paskibraka dapat menampilkan performa terbaik, sehingga nantinya bisa terpilih sebagai pasukan pengibar bendera tingkat provinsi pada gelaran 17 Agustus nanti. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Tandatangani Kesepakatan Bersama PT. BSI Tbk

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Area Manager Ban ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Untuk Pelaku Ekonomi Kreatif di Kelurahan Tanah Raja

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si yang juga sebagai Pemegan ...

#

Wali Kota Serahkan Dana Kelurahan Se-Kecamatan Ternate Tengah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyerahkan Dana Kelurahan ...

#

Warga Terdampak Banjir Bandang Rua Akan di Relokasi ke Jambula

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate bekerja sama dengan Badan Nasional Penanggulangan ...