Kamis, 12 Desember 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
25 November 2019 - 22:28:02 - Read: 193

Pemerintah Kota Ternate Peringati Hari Guru Nasional 2019, HUT PGRI Ke-74 dan Konferensi Ke-XXII PGRI Kota Ternate Masa Bhakti 2019-2024

DISKOMSANDI - Bertempat di Gedung Duafa Center, Senin 25 November 2019, Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Pendidikan Kota Ternate menggelar Peringatan Hari Guru Nasional tahun 2019, Hari Ulang Tahun Persatuan Guru Republik Indonesia Ke-74 Konferensi Ke-XXII PGRI Kota Ternate 2019-2024. Upacara peringatan tersebut dihadiri Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, beserta Wakil Wali Kota Ternate H. Abdullah Tahir, SH, Fokopimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Ketua dan Jajaran Pengurus PGRI Kota Ternate, Pimpinan OPD, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate dan Para Guru serta tenaga pendidik se-Kota Ternate.

Acara peringatan Hari Guru Nasional dan HUT PGRI ini diawali dengan Penerimaan Kembali secara simbolis Guru, Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah yang berprestasi dari pelaksanaan Umroh ke Tanah Suci serta pemberian penghargaan kepada para siswa berprestasi se-Kota Ternate. Pemberian penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Wali Kota Ternate bersama Wakil Wali Kota Ternate, Forkopimda Kota Ternate,  Sekretaris Daerah Kota Ternate, Ketua PGRI Kota Ternate dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM dalam sambutannya membacakan Pidato Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nadiem Anwar Mukariem menyampaikan, biasanya tradisi hari guru di seluruh Indonesia dari Sabang sampai Merauke tugas anda paling termulia sekaligus yang tersulit, karena anda ditugasi untuk membentuk masa depan bangsa tetapi lebih sering diberikan aturan dibandingkan dengan pertolongan, anda ingin membantu murid yang ketertinggalan di kelas tetapi waktu untuk mengerjakan tugas administratif tanpa manfaat yang jelas.

Menurutnya, seorang guru tahu betul bahwa potensi anak tidak dapat di ukur dari hasil ujian tetapi terpaksa mengejar angka karena di desak berbagai pemangku kepentingan, anda ingin mengajak murid luar kelas untuk belajar dari dunia sekitarnya tetapi kurikulum begitu padat menutup pintu anda untuk berpetualangan, anda frustasi karena anda di dunia nyata kemampuan berkolaborasi akan menentukan kesuksesan anak bukan kemampuan menghafal, anda tahu bahwa setiap anak memiliki kebutuhan berbeda tetapi keseragaman telah mengalahkan keberagaman sebagai prinsip dasar birokrasi, anda ingin setiap murid terinspirasi tetapi anda tidak diberikan kepercayaan untuk berinovasi.

Mendikbud RI menambahkan, tidak akan membuat janji kosong kepada anda, perubahan adalah hal yang sulit dan penuh dengan ketidak nyamanan tapi satu hal yang pasti saya akan berjuang untuk kemerdekaan belajar di Indonesia, namun perubahan tidak dapat dimulai dari atas tapi semuanya berawal dan berakhir dari guru, jangan menungguh aba-aba, jangan menungguh perintah tapi ambillah langkah pertama, besok di manapun anda berada pakukan perubahan kecil di kelas anda, ajak kelas berdiskusi bukan hanya mendengar berikan kesempatan kepada murid untuk mengajar di kelas, cetuskan proyek bakti sosial yang melibatkan seluruh kelas, temukan suatu tekat dalam diri murid yahg kurang percaya, tawarkan bantuan kepada guru yang sedang menghadapi kesulitan, apapun perubahan kecil itu jika setiap guru melakukannya secara serentak maka kapal besar yang bernama Indonesia pasti akan bergerak, selamat hari guru, merdeka belajar, guru penggerak," tutup Wali Kota.

Peringatan Hari Guru Nasional 2019, HUT PGRI Ke-74 dan Konfrensi Ke-XXII PGRI Kota Ternate masa bhakti 2019-2024 berlangsung meriah dan pada akhir acara Wali Kota Ternate berharap agar pelaksanaan Konfrensi Ke-XXII PGRI Kota Ternate dapat berjalan dengan lancar dan sukses serta dapat menjadi semangat baru bagi PGRI Kota Ternate sebagai rumah besar bagi para guru se-Kota Ternate. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA