Jumat, 23 Agustus 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
28 Februari 2019 - 20:20:13 - Read: 290

Pemkot Ternate Peringati HPSN 2019 Di TPA Takome

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate (Pemkot) melalui Dinas Lingkungan Hidup (DLH) mencanangkan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tahun 2019 di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Kelurahan Takome, Kamis (28/2/2019).

Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdulrahman, SH, MM dalam sambutanya yang dibacakan Wakil Walikota, H. Abdullah Taher, SH mengatakan dalam pelaksanaan momen HPSN tahun 2019, permasalahan sampah tentunya menjadi permasalahan utama bagi seluruh daerah di Indonesia terutama bagi daerah daerah yang memiliki tingkat perkembangan penduduk yang terus meningkat tiap tahunnya.

Kata dia, di Kota Ternate, sampah menjadi permasalahan yang memiliki focus tersendiri bagi Pemerintah Kota Ternate untuk mengatasinya. Perkembangan dan pertumbuhan penduduk serta tempat hunian membuat produksi sampah yang dihasilkan oleh masyarakat kian hari kian meningkat.

"Hal ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik Pemerintah dan juga masyarakat untuk bersama sama kita mengatasi permasalahan, sampah di Kota Ternate ini agar nantinya Kota Ternate dapat menjadi Kota yang bebas sampah kota yang bersih, kota yang sejuk dan pada akhirnya menjadi kota yang nyaman untuk semua orang," kata Wawali dalam sambutannya.

Mengatasi permasalahan sampah, lanjut Wawali, menjadi dua factor yaitu factor kesadaran akan kebersihan masyarakat dan factor bagaimana mengolah sampah tersebut baik sehingga menjadi sesuatu yang bernilai.

Dikatakan, pengelolaan sampah menjadi sesuatu yang bernilai, ini menjadi tema yang diangkat pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional tahun 2019 ini yaitu “Kelola Sampah Untuk Bersih, Sehat dan Bernilai”.

"Sampah yang dikelola untuk menjadi sesuatu yang bernilai sendiri adalah pengelolaan kembali sampah agar menjadi sesuatu yang bernilai dan bermanfaat. Proses ini sering kita dengar dengan istilah daur ulang. yang mana sampah non organic dapat didaur ulang untuk digunakan seperti plastic dan lain lain," terangnya.

Pada kesempatan tersebut, Wawali atas nama pemerintah juga menyampaikan apresiasi, penghargaan dan terima kasih kepada semua pihak yang selama ini telah membantu Pemerintah dalam mengatasi permasalahan sampah. "Baik TNI/Polri yang selalu bersama sama Pemerintah Kota Ternate dalam setiap kegiatan bersih-bersih lingkungan, Komunitas komunita peduli lingkungan seperti Komunitas Sadar Sampah Kota Ternate, Komunitas Peluk Bumi dan komunitas komunitas lainnya," ujar Wawali seraya berharap, sinergitas dalam mengatasi permasalahan sampah ini dapat terus terjalin dengan baik guna mewujudkan Kota Ternate yang  sehat, bersih, sejuk dan nyaman untuk semua orang.

Sementara itu Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Ternate, Mansur Abdurahman mengatakan, perayaan HPSN tahun 2019, dapat dijadikan motovasi bagi masyarakat untuk memberikan dukungan dan mensukseskan program kebersihan di kota Ternate.

"Ini juga bukan sebagai agenda pemerintah namun agenda seluruh seluruh lapisan masyarakat agar sama sama bisa menjaga kebersihan Kota Ternate yang kita cinta ini karna tanggung jawab seluruh elemen masyarakat dan pemuda," tukas Mansur seraya meminta semua pihak untuk memanfaatkan bank sampah. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA