Rabu, 16 Oktober 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
15 April 2019 - 15:02:45 - Read: 198

Pemkot Ternate Gelar Apel Kesiapsiagaan Satuan LINMAS Jelang Pemilihan Umum 2019

DISKOMSANDI - Dalam rangka memantapkan persiapan menjelang Pemilihan Umum 2019, Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Kesiapsiagaan Satuan Perlindungan Masyarakat (Linmas) Dalam Rangka Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019, bertempat di stadion Gelora Kie Raha Ternate Senin 15 April 2019. Apel Kesiapsiagaan Linmas turut dihadiri unsur Wakil Walikota, Forkompinda, Sekretaris Daerah Kota Ternate, para pimpinan SKPD di lingkup Pemerintah Kota Ternate, para Camat dan Lurah, ASN serta ratusan anggota Linmas Kota Ternate.

Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdulrahman, SH, MM dalam sambutanya mengatakan Pemilihan Umum tahun 2019, sudah memasuki tahapan akhir yaitu minggu tenang dan pendistribusian logistik, dimana setelah itu, akan memasuki tahapan pemungutan dan perhitungan suara pada Rabu 17 April 2019 besok. Untuk itulah, perlu adanya upaya bersama dalam mengantisipasi berbagai kemungkinan potensi gangguan dan ancaman yang akan muncul terutama pada hari pemungutan dan penghitungan suara Pemilu, sehingga pada hari ini perlu untuk melakukan Apel Kesiapsiagaan bagi semua Anggota Satuan Linmas dan ASN lingkup Pemerintah Kota Ternate," ungkapnya

Walikota juga menambahkan, Apel Kesiapsiagaan hari ini bertujuan untuk memantapkan komitmen untuk menciptakan situasi kondusif, aman dan tertib selama berlangsungnya Pemilihan Umum tahun 2019. Kesuksesan penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 adalah tanggungjawab seluruh pihak, baik Pemerintah, KPU sebagai Penyelenggara, TNI/Polri, ASN dan juga seluruh masyarakat Kota Ternate. Oleh karena itu, Walikota berharap Satuan Linmas dan ASN diminta untuk secara aktif turut serta bersama komponen bangsa lainnya dalam mengawal setiap tahapan Pemilu agar dapat berlangsung aman lancar dan damai.

Penyelenggaraan Pemilu Tahun 2019 kali ini, terdapat 593 TPS yang tersebar di Kelurahan-kelurahan dalam Wilayah Kota Ternate, dimana setiap TPS harus mendapatkan pengawalan selain dari aparat Kepolisian juga oleh dua orang anggota satuan Linmas per-TPS, "sehingga anggota Satuan Linmas yang dibutuhkan berjumlah 1.186 personil. Sesuai laporan tentang kesiapan jumlah anggota Linmas dalam pengamanan TPS sudah dilakukan perekrutan, dan hari ini mengikuti Apel Kesiapsiagaan," ungkap Walikota.

Kepada anggota Satuan Linmas yang nantinya di berikan tugas melakukan pengamanan di TPS, Walikota meminta untuk melakukan tugas dengan sebaik-baiknya, dengan berupaya menciptakan kenyamanan bagi warga pemilih, dan mengawal jalannya pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara.

Selain itu pula, Apel Kesiapsiagaan hari ini juga dirangkaikan dengan pernyataan komitmen Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Ternate untuk tetap menjaga netralitas selama Pemilihan Umum Tahun 2019 berlangsung. (TR_diskomsanditernate)

 

BERITA LAINNYA