Jumat, 23 Agustus 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
01 Juni 2019 - 20:15:24 - Read: 148

Pemkot Ternate Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, Sabtu 1 Juni 2019 melaksanakan upacara dalam rangka memperingati Hari Lahir Pancasila, di halaman Kantor Walikota Ternate.

Bertindak sebagai inspektur upacara, Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM dan dihadiri Wakil Walikota Ternate H. Abdullah Tahir, SH, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Para Pimpinan OPD dan Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Walikota Ternate, dalam amanatnya membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) RI, Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM menyampaikan, kondisi geografis yang memposisikan wilayah Indonesia sebagai Negara kepulauan makin memperkokoh konsep dan keyakinan akan "tanah air Indonesia".

Dalam sambutannya, Kepala BPIP RI, melalui Walikota Ternate, menyampaikan, Pancasila sebagai dasar Negara, ideologi negara dan pandangan hidup bangsa yang digali oleh para "pendiri bangsa" merupakan suatu anugerah yang tiada tara dari Tuhan Yang Maha Esa buat bangsa Indonesia.

"Walaupun kita sebagai bangsa masih belum secara sempurna berhasil merealisasikan nilai-nilai Pancasila, kita akui bahwa eksistensi keindonesiaan baik sebagai bangsa maupun sebagai Negara masih dapat bertahan hingga kini berkat Pancasila,".

Diakhir sambutannya, Kepala BPIP RI melalui Walikota Ternate menyatakan, melalui peringatan hari kelahiran Pancasila 1 Juni 2019, Pancasila perlu dijadikan sebagai sumber inspirasi "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

"Kita semua harus terus menerus secara konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi Negara dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia," ucap Walikota seraya meminta seluruh komponen bangsa untuk bersatu membangun bangsa demi merealisasikan tatanan kehidupan masyarakat yang rukun, damai, adil dalam kemakmuran dan makmur dalam keadilan. Kita Indonesia, Kita Pancasila.

Sementara itu, Kepala Kesbanpol Kota Ternate, Abdullah Sadit  usai upacara mengatakan, pelaksanaan upacara ini, berdasarkan instruksi  Pemerintah Pusat kepada Pemerintah Daerah, instansi vertikal maupun BUMM di daerah, wajib mengkuti upacara di daerah masing-masing yang diselenggarakan secara naaional.

"Peringatan ini baru pertama kali karena dianggap bulan Juni ini sebagai bulan Pancasila maka pegawai aperatur sipil semua harus wajib melaksanakan apel, kalau tidak ikut maka dikenakan sangsi disiplin bagi pegawai. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA