Kamis, 12 Desember 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
19 November 2019 - 11:55:53 - Read: 113

Pemkot Ternate Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate bekerja sama dengan Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Ternate menggelar peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H/2019 M, pada hari Minggu, 17 November 2019 di Halaman Kantor Walikota Ternate. Peringatan Maulid Nabi tahun ini mengangkat tema "Hikmah Maulid Nabi Besar Muhammad SAW sebagai upaya pengaktualisasi nilia-nilai Ilahiyah menuju Insan Cerdas Imtaq dan Cerdas Iptek".

Turut hadir pada kesempatan tersebut Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM bersama Forkopimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si,  Ketua MUI Kota Ternate, Ketua PHBI Kota Ternate, Kepala Kantor Kementrian Agama Kota Ternate, Ketua BAZNAS Kota Ternate, Para Pimpinan OPD dan karyawan/karyawati di lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Acara Peringatan Maulid Nabi Besar Muhammad SAW 1441 H/ 2019 M ini diawali dengan penampilan Hafidz/Hafidzah cilik dari Kota Ternate antara lain Nurul Ijjah hafidzah Berusia 4 Tahun dari Tasbaq Bahari Berkesan, Ikhwan dan Fadli dari Pesantren Hidayatullah Ternate serta Endri A. Paturussy dari IPQAH Kota Ternate. Endri A. Paturussy sendiri adalah hafidz kebanggan Kota Ternate yang telah menyelesaikan hafalan 30 Juz Al-Qur’an dan saat ini mengikuti MTQ Tingkat Nasional Tahun 2019 di Kalimantan Barat dan berhasil masuk 10 besar.

Ketua PHBI Kota Ternate H. Ibrahim Husen, S.Ag dalam laporannya menyampaikan, bahwa penyelenggaraan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW bertujuan untuk mengingat kembali sejarah kelahiran dan kehidupan Nabi. Rasulullah adalah Suri teladan kita. Keteladanan Rasulullah penting untuk diaplikasikan dalam kehidupan modern saat ini untuk mewujudkan generasi Islami yang cerdas Iman dan Taqwanya serta cerdas Ilmu Pengetahuannya. Pentingnya mengaktualisasi nilai-niai ilahiyah ini agar generasi kita dapat  lebih mawas diri dalam setiap gempuran kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang saat ini sedang maju dengan pesatnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM dalam sambutannya menyampaikan makna dari Maulid Nabi Muhammad SAW perlu dipahami dengan rasa syukur, tidak hanya melalui lisan saja, tetapi juga dengan meneladani setiap pikiran, ucapan dan tindakan  Rasulullah SAW. Kita meneladani pikiran yang cerdas dan  mewujudkan secara nyata lewat perilaku yang sesuai dengan tuntunannya. Wali Kota menambahkan, Kita selaku umat yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT mendapat limpahan kenikmatan dalam kehidupan kita sehari-hari, dengan nikmat itu kita dapat menjalin hubungan kekeluargaan dan kebersamaan antar sesama untuk kemajuan Kota Ternate kedepannya. Pemerintah Kota Ternate telah menjalankan program wajib Sholat Magrib berjamaah di Mesjid dan Mushola bagi Siswa SD di Kota Ternate. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan iman dan taqwa generasi muda di Kota Ternate sejak dini sehingga dapat tumbuh generasi terbaik yang tidak hanya cerdas tetapi juga beriman dan bertqwa kepada Allah SWT.

Acara Peringatan Maulid dilanjutkan dengan penyampaian tausiyah oleh KH. Rusli Amin yang dalam tausiyahnya menyampaikan, pada zaman Rasulullah, beliau sudah mengajarkan tentang kebersamaan dalam kehidupan bermasyarakat dan toleransi antar sesama umat. Nilai-nilai ajaran Rasulullah inilah yang sudah seharusnya menjadi landasan bagi kita dalam menjalani hidup dalam kehidupan dimasa sekarang, sehingga dengan gempuran moderenisasi yang sehebat apapun, jika iman dan taqwa telah tertanam dengan baik didalam diri maka segala hal negatif dapat kita hindari dengan sebaik-baiknya.

Acara peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1441 H/2019 M ini diakhiri dengan penampilan musik religi oleh Group IPQAH Kota Ternate. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA