Rabu, 01 Desember 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
26 Oktober 2021 - 17:58:01 - Read: 80

Pemkot Ternate Tandatangani RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026

DISKOMSANDI - Setelah melalui berbagai tahapan dan telah disahkan dalam Rapat Paripurna DPRD, RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026 akhirnya ditandatangani dan disahkan sebagai Peraturan Daerah Kota Ternate Nomor 4 Tahun 2021. 

Penandatanganan dilakukan oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME yang disaksikan langsung oleh Wakil Wali Kota Ternate Jasri Usman, S.Ag dan Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy, S.Pi. Penandatangan dilakukan di Ruang Rapat Lantai III Kantor Wali Kota Ternate, Senin (26/10).

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan RPJMD sudah melalui berbagai tahapan, diantaranya persiapan, penyusunan rancangan awal RPJMD, Penyusunan RPJMD, Pelaksanaan Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang, perumusan rancangan akhir dan yang terakhir hari ini adalah penandatanganan.

“Setelah kita tandatangani, berarti secara de jure dan de facto RPJMD sudah dapat dilaksanakan,” ucap Wali Kota Ternate.

”Alhamdulillah kita telah memenuhi waktu, sesuai dengan Permendagri yaitu 6 bulan, dan hari ini adalah tepat 6 bulan dari penyusunan RPJMD sampai selesai,” tambahnya.

Selanjutnya, beliau juga mengatakan bahwa tahapan yang harus dilakukan oleh seluruh OPD adalah menyusun rencana strategi, dimana rencana strategi tersebut harus dilakukan dengan dasar RPJMD yang tetap berkiblat pada Visi Misi Ternate Andalan.

“Jadi, sebulan kemudian seluruh OPD langsung melakukan perubahan dan penyusunan rencana strategi, karena nantinya seluruh kegiatan-kegiatan semua harus tertuju pada Visi Misi maupun RPJMD, tidak terkecuali sampai pada tingkat kecamatan pun harus melakukan elaborasi terhadap rencana strategi yang baru," jelas Wali Kota.

“Saya minta, nanti seluruh kegiatan harus diarahkan melalui RPJMD terutama 14 program prioritas yang harus dilakukan karena sudah dibagi pertahun.” Tutup Wali Kota Ternate
Ketua DPRD Kota Ternate yang ditemui usai kegiatan mengatakan, dokumen RPJMD ini sudah menjadi Peraturan Daerah yang berarti menjadi payung untuk semua program dan kegiatan rincian masing-masing OPD rujukannya ada di RPJMD," tandas Wali Kota.

Sementara Ketua DPRD Kota Ternate Muhajirin Bailusy S.Pi mengatakan,“Harapan kami, seluruh OPD terus bersinergi memastikan bahwa apa yang tertuang dalam RPJMD itu menjadi pijakan untuk program dan kegiatan teknis didalamnya, sehingga akan kita lihat wajah Kota Ternate kedepan baik dari aspek ekonomi, aspek sosial, pendidikan maupun aspek lainnya,” terangnya.

“Apalagi prioritas-prioritas yang sudah dibagi berdasarkan tahun ke tahun oleh Wali Kota dan Wakil Kota Ternate yang termuat di RPJMD. Mudah-mudahan harapan dan cita-cita Wali Kota bisa diimplementasikan oleh teman-teman di organisasi perangkat daerah,” lanjutnya.

Beliau juga menambahkan bahwa penyusunan program kegiatan di setiap tahun itu harus konsisten sesuai dengan tahapannya dan betul-betul terukur.

Kegiatan tersebut dihadiri oleh Kepala Bappelitbangda Dr. Rizal Marsaoly, MM, seluruh Asisten, Staf ahli, dan Kepala OPD serta Camat di Lingkup Pemerintah Kota Ternate dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA