Kamis, 20 Juni 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
17 Mei 2019 - 20:29:05 - Read: 138

Sekda Kota Ternate Sidak Sejumlah Pusat Perbelanjaan Di Kota Ternate

DISKOMSANDI - Sekretaris Daerah Kota Ternate, Dr. M Tauhid Soleman, M.Si memimpin langsung inspeksi mendadak (sidak) pada sejumlah ritel dan pusat perbelanjaan di Kota Ternate. Sidak kali ini merupakan sidak rutin yang melibatkan instansi daerah dan instansi vertikal yang ada di Kota Ternate seperti Dinas Kesehatan  Kota Ternate, Balai POM Di Sofifi, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP dan Disperindag Kota Ternate. Tujuan dari pelaksanaan sidak ini untuk menjamin kwalitas bahan makanan yang dijual baik di pasar maupun di pusat perbelanjaan modern di Kota Ternate. Sidak kali ini dilaksanakan pada sejumlah pusat perbelanjaan di Kota Ternate seperti Multi Mart, Dua Sekawan, Mini Market Muara, Hypermart serta agen maupun distributor bahan makanan.

Dalam kesempatan tersebut Sekda mengatakan, sidak ini merupakan program rutin dari Dinas Kesehatan Kota Ternate, Disperindag, Dinas Ketahanan Pangan, Satpol PP dan instansi vertikal lainnya "sidak.ini, untuk memastikan apakah produk-produk makanan atau olahan yang ada di pusat perbelanjaan, pasar dan toko-toko, aman dikonsumsi masyarakat.

Pada sidak kali ini masih terdapat beberapa item produk makanan yang telah melewati batas edar atau expired dan beberapa lagi ditemukan telah rusak kemasannya. Selanjutnya Sekda meminta kepada tim untuk menarik barang-barang tersebut dan mengultimatum kepada pengelola pusat perbelanjaan jika pada pemeriksaan sealnjutnya masih ditemukan akan langsung tindak dengan tegas

Selanjutnya kepada masyarakat Kota Ternate, Sekda menghimbau untuk selalu memeriksa bahan kebutuhan pokok maupun bahan makanan yang dibeli baik di pasar maupun pusat perbelanjaan modern.

"Perbiasakan memeriksa kemasan, kemudian batas waktu edar, atau expire, kemudian hal-hal lain yang berkaitan dengan kemanan bahan yang dibeli," ungkap Sekda.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Kota Ternate, dr. Fathia Suma saat mendampingi.Sekda saat melakukan sidak menyatakan, kegiatan ini merupakan, program pada seksi farmasi bidang sumber daya kesehatan Dinkes Kota Ternate. Dimana setiap tahunnya, secara reguler dilakukan pemantauan dan pengawasan peredaran bahan makanan yang aman dam sehat dikonsumsi masyarakat.

sidak yang dilakukan lintas instansi ini, selain mengawasi keamanan pangan sehat dalam bulan Ramadhan, sidak.juga meliputi aspek izin edar, kadarwarsa serta kemasan.

"Sejauh ini, yang kita temukan itu, permen yang melewati masa edarnya, kemudian bakso yang hampir habis masa edarnya, serta suau yang tidak expire tetapi kemasannya rusak, ini juga kita tarik," ungkap Kadis Kesehatan Kota Ternate. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA