Rabu, 18 September 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
02 Mei 2019 - 17:10:33 - Read: 247

Upacara Peringatan Hardiknas Tingkat Kota Ternate Tahun 2019

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara Peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) tingkat Kota Ternate Tahun 2019, bertempat di Halaman Kantor Walikota Ternate jl. Pahlawan revolusi Kelurahan Muhajirin. Bertindak selaku Inspektur Upacara Walikota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM dan dihadiri Forkompimda Kota Ternate, Sekretaris Daerah Kota Ternate, Para Pimpinan OPD, Para kepala sekolah SD dan SMP se Kota Ternate dan Aparatur Sipil Negara dilingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Walikota Ternate, dalam amanatnya membacakan Sambutan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Prof. Dr. Muhadjir Effendy, MAP. Yang mana dalam sambutannya menekankan tentang UU nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional pasal 13, menyebutkan tujuan pendidikan nasional adalah mengembangkan potensi peserta didik, agar menjadi manusia beriman dan bertagwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Berahlak mulia, berilmu cakap kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis serta bertangungjawab.Dalam momentum seperti ini bagian dari tangungjawab nasional yang dipertaruhkan untuk menjadi aset bangsa yang tidak ternilai harganya yaitu, semangat kerukunan dan persaudaran. 

"Tema Hardiknas tahun 2019 adalah, "Menguatkan Pendidikan Memajukan Kebudayaan", tentu tema ini mencerminkan pesan penting oleh tokoh pendidikan nasional KH Dewantara, sangat erat kaitannya dengan pendidikan dan kebudayaan dalam menciptakan ekosistem pendidikan, yang syarat nilai dan pengalaman kebudayaan dengan hadirnya Sumber Daya Manusia (SDM) berkualitas demi terwujudnya Indonesia berkemajuan.”

Dalam presepektif Kemendikbud, pembangunan SDM menekankan dua penguatan yaitu, pendidikan karakter,  dan penyiapan generasi terdidik yang trampil dan cakap dalam memasuki dunia kerja, "tentu pendidikan karakter dimaksudkan  untuk membentuk insan berahlak mulia sopan santun tangungjawab serta budi pekerti  leluhur,"

Tidak lupa Mendikbud memberikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih kepada para insan pendidikan dan kebudayaan di seluruh penjuru negeri, terutama kepada tenaga pendidik semua jenjang, pengiat Paud, pengiat Literasi, pers, tokoh agama dan kontributor lainya, yang tidak henti-hentinya memberikan impian dan inspirasi, membuka jalan terang masa depan anak-anak bangsa Indonesia, semoga mereka menjadi manusia cerdas berahlak mulia dan dilandasi dengan berkarakter kuat.

Upacara dilanjutkan dengan penyerahan-penyerahan diantaranya penyerahan SK Pensiun TMT 1 Juni 2019 kepada para Guru dan kepala sekolah, penyerahan Siswa Hafidz Beprestasi dan tidak mampu, Penyerahan Piala dan Hadiah kepada Sekolah Pemenang Lomba Olimpiade Sains Nasional SD dan SMP Tingkat Kota Ternate, Penyerahan hadiah pemenang Lomba Sekolah bersih dan Penyerahan Hadiah kepada pemenang Pemilihan Pengawas, Kepala Sekolah dan Guru Berprestasi Tingkat TK, SD dan SMP Kota Ternate Tahun 2019. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA