Kamis, 14 November 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
29 Oktober 2019 - 15:00:21 - Read: 304

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 Dilingkungan Pemerintah Kota Ternate

DISKOMSANDI - Senin, 28 Oktober 2019 bertempat di Halaman Kantor Walikota Ternate, digelar upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 dilingkungan Pemerintah Kota Ternate. Pada upacara yang bertemakan “Bersatu Kita Maju” tersebut,  bertindak selaku Inspektur Upacara Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH,MM dan dihadiri Wakil Wali Kota H. Abdullah Tahir, SH, Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, Forkopimda Kota Ternate, Para Pimpinan OPD, ketua OKP, OKK dan Ormas Kepemudaan se-Kota Ternate.

Pada upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-91 Tahun 2019 tersebut, Wali Kota Ternate dalam amanatnya membacakan Pidato Menteri Pemuda Dan Olah Raga Republik Indonesia Zainuddin Ammali. Dalam pidatonya Menpora RI menyampaikan ucapan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada para tokoh pemuda yang telah mendeklarasikan Sumpah Pemuda pada 28 Oktober 1928 yang mana pada tanggal tersebut diperingati sebagai hari nasional Sumpah Pemuda.

Hari Sumpah Pemuda ke-91 kali ini mengambil tema "Bersatu Kita Maju". Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda. bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa. Pesatnya perkembangan teknologi informasi ibarat dua mata pisau. Satu sisi ia memberikan jaminan kecepatan informasi sehingga memungkinkan para pemuda Indomesia untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam pengembangan sumber daya serta daya saing. namun pada sisi yang lain perkembangan ini mempunyai dampak negatif, informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai dari ponografi, narkoba, pergaulan bebas hingga radikalisme dan terorisme juga masuk dengan mudahnya apabila pemuda tidak dapat membendung dengan filter ilmu pengetahuan dan karakter positif dalam berbangsa dan bernegara.

Dikatakan, tema Bersatu kita Maju sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi keharusan karena di tangan pemudalah Indonesia bisa lebih maju. Pemuda untuk indonesia maju adalah pemuda yang memiliki karakter, kapasitas, kemampuan inovasi, kreativitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan dunia.

"Gerakan revolusi mental menemukan relevansinya, dengan pembangunan karakter kita bisa kuat, tangguh dan kokohikut serta dalam percaturan pemuda di dunia, kita tidak lagi harus bertahan dan menghadapi dampak negativ dari modernisasi dan globalisasi, tapi kita harus mampu memberikan warna untuk mengubah dunia dengan tekat dan semangat dan tentunya didukung oleh ilmu pengetahuan dan tekonologi," tukasnya.

Kemajuan tidak akan pernah tercapai dalam arti yang sesungguhnya kalau masa depan itu hanya dipandang sekedar sebagai proses lanjut dari masa kini yang akan tiba dengan sendirina. Tapi bagaimana generasi muda merespon kemajuan itu dengan kearifan menghargai keluhuran perjuangan dari generasi sebelumnya tanpa terjebak dalam kejayaan dan romantisme masa lalu, serta kenyataan-kenyataan masa kini sehingga membuat mereka tidak lagi sanggup keluar untuk menatap masa depan.

Dalam pidatonya, Menpora menyatakan, tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan ke luar batas-batas tembok kekinian dunia, demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik. "Wahai pemuda Indonesia, dunia menunggumu, berjuanglah, lahirkanlah ide-ide, tekad, dan cita-cita, perngorbanan dan perjuanganmu tidak akan pernah sia-sia dalam mengubah dunia”.

Diakhir pidatonya, Menpora melalui Wali Kota Ternate mengucapkan selamat Hari Sumpah Pemuda ke-91, "semoga melalui peringatan ini kita selalu menghormati jasa para pemuda, jasa para pendiri bangsa  dan jasa para pahlawan kita. Semoga Allah SWT - Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa melimpahkan rahmat dan ridho-Nya kepada kita semua.

Upacara Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-91 Tahun 2019 tingkat Kota Ternate ini memiliki nuansa berbeda dari upacara sebelumnya , yang mana pada upacara kali ini diisi dengan pembacaan pernyataan sikap oleh Ketua Forum Pembauran Kebangsaan Kota Ternate Dr. Jubair Situmorang, M.Ag dan diikuti oleh seluruh forum dimana pada poin ke 10 mengharapkan kepada seluruh masyarakat untuk menajaga Kota Ternate agar selalu damai untuk Indonesia Maju. Pembacaan pernyaataan sikap ini melibatkan paguyuban-paguyuban yang ada di Kota Ternate yang mengenakan pakaian adat dari daerahnya masing2-masing  (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA