Kamis, 12 Desember 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
29 April 2019 - 17:25:26 - Read: 317

Upacara Peringatan HUT Pemerintah Kota Ternate Ke-20 Tahun 2019

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate (Pemkot), Senin (29//2019), melaksanakan upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Pemerintah Kota ke-20, bertempat di halaman kantor Walikota Ternate, jalan Pahlawan Revolusi nomor 1 Keluraha Muhajirin, Kecamatan Ternate Tengah, Kota Ternate.

Bertindak selaku Inspektur Upacara  Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM serta dihadiri unsur Forkomoimda Kota Ternate, para Pimpinan OPD, tokoh agama, tokoh adat, tokoh pemuda dan seluruh karyawan dilingkungan Pemerintah Kota Ternate.

Walikota Ternate, dalam sambutanya mengatakan, Pemerintah Kota Ternate sebagai daerah otonom telah terbentuk berdasarkan Undang-Undang Nomor 11 Tahun 1999 tanggal 27 April 1999. "Dalam proses perjalanan panjang Pemerintah Kota Ternate yang telah memasuki kurun waktu 20 tahun ini telah banyak langkah-langkah kebijakan penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan yang dilakukan dengan berbagai kemajuan yang kita lihat."  Kemajuan yang telah dicapai antara lain di bidang tata kelola keuangan dan pemerintahan, dimana Pemkot Ternate berhasll meraih opini WTP 4 kali berturut turut dari BPK, di bidang pelayanan publik Pemerintah Kota Ternate juga meraih sejumlah penghargaan di berbagai bidang layanan antara lain layanan terbaik di bidang kependudukan dan catatan sipil, penghargaan Dwija Praja Nugraha untuk daerah yang memiliki perhatian dan komitmen tinggi terhadap pengembangan profesi guru yang diberikan oleh Pengurus Besar Persatuan Guru Republik Indonesia dan diserahkan oleh Presiden pada acara puncak HUT PGRI ke73,

"Penghargaan Anugrah Kencana untuk daerah yang memiliki komitmen dalam mewujudkan keluarga kecil sejahtera melalui program Kampung Keluarga Berencana dan berhasil menekan laju kelahiran yang diberikan oleh BKKBN pusat, penghargaan Kota Pengendali Inflasi dan TPID Terbaik Tahun 2018. Begitu pula di bidang investasi Kota Ternate mendapat penghargaan Invesment Award," ungkap Walikota.

Selain itu, lanjut Walikota, ada juga di bidang tata kelola ekonomi dan pembangunan, Pemerintah Kota Ternate juga tercatat oleh BPS sebagai 10 kota terbaik dalam mencapai target pembangunan sebagaimana tercermin dalam gambaran indikator ekonomi makro 5 tahun terakhir yang meliputi target pertumbuhan ekonomi di atas 7 %, PDRB, Pendapatan Perkapita, Penurunan Angka Kemiskinan dan Pengangguran serta IPM tertinggi,. "Selain berbagai kemajuan dan penghargaan yang kita raih tersebut di atas kita menyadari sejalan dengan dinamika kemajuan dan perkembangan pembangunan perkotaan yang semakin kompleks, maka kita masih diperhadapkan dengan sejumlah tantangan dan permasalahan yang membutuhkan langkah-langkah solusi ke depan, antara lain pemenuhan kebutuhan air bersih, pengelolaan persampahan, penyediaan akses transportasi, perbaikan sistem drainase, keseimbangan pembangunan antar kawasan, permasalahan infrastruktur perkotaan lainnya serta peningkatan PAD."

Untuk menjawab sejumlah tantangan dan permasalahan yang terjadi, pemerintah telah melakukan langkah dan solusi dengan memperbaiki infrastruktur perkotaan seperti drainase, air bersih, dan persampahan, "juga mengoptimalkan potensi sektor-sektor strategis, seperti sektor jasa dan perdagangan, dengan membangun fasilitas sarana dan prasarana yang representatif seperti pasar, mall, dan perhotelan,"

 

Selanjutnya, pada bidang perikanan dengan membangunan budidaya perikanan dari hulu sampai ke hilir. Di bidang pariwisata dengan memanfaatkan potensi dan peluang obyek wisata dengan semakin gencarnya mengggelar berbagai event untuk promosi wisata.

"Untuk mendukung langkah-langkah kebijakan tersebut, Pemerintah perlu membuka ruang bagi partisipasi masyarakat dan swasta melalui partisipasi, sinergi, dan kolaborasi tersebut diharapkan akan tumbuh ide gagasan kreasi dan inovasi," tutur Walikota.

Hal ini sejalan dengan semangat Reinventing Goverment dan Good Governance yang merupakan asas utama tata kelola pemerintahan yang baik. "Dalam konteks inilah sangat relevan tema sentra yang diangkat dalam peringatan HUT Pemerintah Kota Ternate kali ini yaitu Ternate Kreatif. Penetapan tema sentral Ternate Kreatif dalam HUT kali ini tentunya selain sebagai jawaban untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang lebih kreatif, responsif, dan inovatif juga tidak terlepas dari beberapa agenda, Nasional dimana Kota Ternate dipercayakan sebagai tuan rumah antara lain pada tanggal 2 September 2019 akan digelar Indonesia Creative Cities Festival (ICCF). Event kreatif terbesar di Indonesia ini mengambil tema Tara La No Ate. Tema ini mengandung nuansa kultural yang sangat kuat yang secara harfiah mengandung makna turun, pikat, dan rangkul. "Makna dari tema ini jelas memberikan pesan yang mendalam untuk menumbuhkan partisipasi sinergi dan kolaborasi yang akan menghasilkan berbagai karya inovasi melalui gelaran ide-ide dan kreatifitas berbasiskan identitas lokal ratusan kota-kota kreatif di Indonesia," kata Walikota

Selain itu, Walikota juga menyampaikan, pada tahun 2020 nanti, Kota Ternate akan menjadi tuan rumah Ternate Food Festival yang merupakan event kuliner terbesar di Indonesia. "Diharapkan selain dapat memperkenalkan beraneka ragam kuliner khas Ternate juga sebagai ajang promosi pariwisata. Dalam kaitan dengan itulah saya mengajak kepada seluruh elemen masyarakat terutama kelompak UMKM bidang jasa perdagangan dan kuliner untuk berpartisipasi menyukseskan event dimaksud, dan event-event yang lain akan terus kami gelar di tahun-tahun ke depan," harapnya.

Walikota menambahkan,sebuah event yang akan digelar tentu akan memberikan efek yang berantai dan nilai tambah ekonomi dan investasl, "in sya Allah dengan event-event dimaksud akan tumbuh partisipasl, sinergi dan kolaborasi semua elemen dalam menggapai masa depan yang lebih baik," tutup Walikota diakhir sambutannya. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA