Rabu, 16 Oktober 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
15 September 2019 - 21:32:58 - Read: 143

Wali Kota Hadiri Pemancangan Tiang Alif Masjid Al-Fatah dan peletakan batu pertama Masjid Al-Hijrah

DISKOMSANDI - Minggu 15 September 2019, Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM, menghadiri sejumlah agenda kegiatan yang mana dua diantaranya diselenggarakan di masjid dan bernuansa keagamaan. Agenda pertama Wali Kota menghadiri program SULING (Subuh Keliling) di Masjid Al-Fatah Kelurahan Kalumata. Program SULING sendiri merupakan program kolaborasi Forkopimda Kota Ternate, yang mana setiap akhir pekan selalu diselenggarakan Sholat Subuh Berjamaah di masjid-masjid yang ada di Kota Ternate dan dihadiri oleh Forkopimda Kota Ternate beserta Pimpinan OPD, pejabat Struktural, TNI-Polri dan juga Warga Masyarakat. Setelah pelaksanaan Sholat Subuh berjamaah, acara kemudian dirangkaikan dengan pencanangan Tiang Alif pada Masjid Al-Fatah tersebut.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya pada pelaksanaan Subuh Keliling dan Pencanangan tiang Alif Masjid Al-Fatah menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi kepada pihak panitia, donatur dan warga masyarakat Kelurahan Kalumata atas kontribusi, partisipasi dan kekompakannya, sehingga proses pembangunan Masjid Al-Fatah ini dapat berjalan dengan lancar hingga pada prosesi pencanangan tiang Alif hari ini. Hal ini membuktikan bahwa masyarakat turut berpartisipasi mewujudkan salah satu Visi dan Misi Kota Ternate yaitu mewujudkan Kota Ternate sebagai Kota Agamais.

Tidak lupa pula Wali Kota berpesan agar setelah proses pembangunan Masjid Al-Fatah telah selesai maka tugas dan kewajiban masyarakat adalah menjaga, merawat dan memakmurkan Masjid Al-Fatah ini. Karena dengan Masjid yang selalu makmur dengan jamaah dan kegiatan- kegiatan keagamaan maka secara tidak langsung syiar dan dakwah Islam dapat terus berkembang dan tatanan kehidupan di sekeliling Masjid akan terus berkembang dengan Iman dan Taqwa yang tentunya berlimpah termasuk generasi muda didalamnya.

Selanjutnya Wali Kota menambahkan, Pemerintah Kota Ternate telah mencanangkan sejumlah program dalam rangka membentuk karakrer generasi muda Kota Ternate yang Agamais,  seperti program Baca Tulis Alquran (BTA) dan wajib Diniyah merupakan upaya untuk menciptakan generasi yang Islami dan itu akan terus berlanjut. Terkait pembangunan rumah ibadah di Kota Ternate, Wali Kota menyatakan, Pemerintah telah berkomitmen untuk terus membantu pembangunan sarana ibadah yang ada di Kota Ternate.

Agenda kegiatan Wali Kota selanjutnya, menghadiri peletakan batu pertama pembangunan Masjid Al-Hijrah di Kelurahan Jati. Dalam sambutannya pada acara tersebut Wali Kota menyampaikan bahwa tanggung jawab pembangunan rumah ibadah tidak hanya semata tanggung jawab panitia, namun ini menjadi tanggung jawab kita semua seluruh umat muslim yang ada di Kota Ternate. Untuk itulah, Wali Kota mengajak seluruh umat muslim di Kota Ternate untuk bersama-sama berpartisipasi membangun Masjid Al-Hijrah ini, baik partisipasi berupa materil maupun non materil seperti tenaga dan juga pemikiran. Agar pembangunan Masjid ini nantinya menjadi rumah untuk beribadah bagi seluruh umat muslim di Kota Ternate dan tidak hanya untuk warga masyarakat Jati dan sekitarnya.

Acara kemudian dilanjutkan dengan peletakan batu pertama secara simbolis oleh Wali Kota Ternate sebagai penanda dimulainya proses pembangunan Masjid Al-Hijrah Kelurahan Jati. Turut hadir pada kesempatan tersebut Rektor Unkhair, Prof. Husen Alting yang juga selaku ketua panitia pembangunan Masjid Al-Hijrah Jati, Kepala Kanwil Agama Provinsi Maluku Utara, unsur Forkopimda Kota Ternate, Sekda Kota Ternate, sejumlah pimpinan OPD di lingkup Pemkot Ternate, panitia pembangunan serta masyarakat Kelurahan Jati. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA