Sabtu, 15 Agustus 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
27 Februari 2020 - 15:28:02 - Read: 241

Wali Kota Ternate Hadiri Penyerahan SPPT dan DHKP PBB P2 Tahun 2020

DISKOMSANDI - Wali Kota Ternate Hi. Burhan Abdurahman menghadiri penyerahan SPPT dan DHKP PBB P2 tahun 2020 bagi seluruh kelurahan dalam wilayah kota Ternate. Acara berlangsung pada Kamis (27/2/2020) di Royal Resto Ternate pukul 09.00 Wit. Turut hadir pada acara tersebut, kepala Dinas Ketenagakerjaan kota Ternate, Hi. Jusuf Sunya, Kepala Dinas BP2RD kota Ternate, Ahmad Yani Abdurahman, serta Camat dan Lurah se Kota Ternate dan seluruh petugas pencatat PBB se kota Ternate.

Dalam sambutannya, Kepala Dinas BP2RD Kota Ternate Ahmad Yani Abdurahman yang juga sekaligus ketua panitia menyampaikan pada kesempatan tersebut, dibagikan sekitar 45.000 SPP PBB yang tersebar di 9 kecamatan di Kota Ternate. Dikatakannya, bahwa penerimaan PBB dari tahun ke tahun selalu ada peningkatan, meskipun belum mencapai target yang ditentukan. Menurutnya, pada tahun 2018 pencapaian yang diperoleh hanya Rp 5.046.000.000, kemudian pada tahun 2019 mampu mencapai Rp 5.500.000.000. Dengan angka-angka tersebut, dirinya mengaku bertekad untuk tahun 2020 ini akan mencapai Rp 6.000.000.000 atau bahkan lebih dari itu.

Lebih lanjut, Ahmad Yani juga menyebutkan bahwa pada 2019, ada beberapa kelurahan yang mencapai penerimaan yang cukup baik atau yang biasa disebut kategori tertinggi diantaranya Kelurahan Kalumpang, Kelurahan Moya, Kelurahan Makassar Timur, Kelurahan Tanah Raja, Kelurahan Gamalama, Kelurahan Tubo, Kelurahan Sangaji, Kelurahan Kasturian, Kelurahan Soa Sio, Kelurahan Salero, Kelurahan Toboko,Kelurahan Tanah Tinggi, Kelurahan Bastiong Karance, Kelurahan Ubo Ubo, Kelurahan Mangga Dua Utara, Kelurahan Dorpedu, Kelurahan Kastela, Kelurahan Fora Madiahi,Kelurahan Fogafo,Kelurahan Kulaba, dan Kelurahan Loto.

"Untuk realisasi tertinggi dari tingkat kecamatan yaitu Kecamatan Hiri, kemudian disusul Kecamatan Moti, Kecamatan Ternate Tengah, Kecamatan Ternate Selatan, kemudian Kecamatan Ternate Utara , Kecamatan Ternate Pulau dan Kecamatan Ternate Barat,” tutur Ahmad Yani.

Sementara itu, Wali kota Ternate, Hi Burhan Abdurahman pada sambutannya mengatakan bahwa kegiatan seperti ini sudah merupakan kegiatan rutin yang dilaksanakan oleh BP2RD, guna evaluasi. Untuk itu, kata Wali kota dirinya mengapresiasi kepada kelurahan yang memiliki prestasi penagihan yang cukup tinggi.

Menurutnya ini merupakan tugas dan tanggung jawab bersama dan terpenting ini merupakan ibadah kita kepada Allah SWT. Wali Kota mengatakan dengan target BP2RD sebesar Rp 6 miliar dan realisasi kurang lebih Rp 5,6 miliar sudah bisa dilihat dari adanya sejumlah pembangunan berupa masjid, perbaikan selokan, serta mampu memberikan rangsangan insentif kepada Kepala RT/RW se kota Ternate, bagi guru-guru mengaji, insentif bagi para imam masjid yang notabene merupakan sumbangsih dari kelurahan.

"Dua hal yang terpenting dari ini yakni menunjukkan pengabdian kita kepada masyarakat, amanah yang diberikan oleh negara kemudian ini juga merupakan ibadah kita kepada Allah SWT," ucap Wali Kota. Dirinya berharap pada hari penyerahan SPPT disemua kelurahan sekiranya harus langsung bergerak, pasalnya Ini juga sudah mendekati bulan April yakni bulan Ramadan. Sehingga apa yang menjadi target bisa tercapai. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA