Kamis, 16 September 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
25 Agustus 2021 - 21:54:56 - Read: 116

Wali Kota Ternate Membuka Forum dan Musrenbang RPJMD 2021-2026

DISKOMSANDI - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Forum dan Musrenbang RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) Kota Ternate Tahun 2021-2026. RPJMD tersebut disusun sesuai dengan amanat Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor. 86 Tahun 2017 yang merupakan penjabaran visi, misi, dan program Wali Kota dan Wakil Wali Kota sekaligus menjadi instrument pengukuran kinerja pemerintahan daerah untuk jangka waktu 5 (lima) tahun sampai dengan tahun 2026.

Kegiatan tersebut di hadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Forkompimda Kota Ternate, Kepala Bappelitbangda Provinsi Maluku Utara Salmin Janidi, S.H., M.Hum., Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Kepala Perwakilan BI Provinsi Maluku Utara Jeffri D. Putra dan Seluruh Kepala OPD dan Camat di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Nantinya program kebijakan pembangunan dalam dokumen Rancangan Awal RPJMD Kota Ternate Tahun 2021-2026 akan disinergikan dan memerlukan pembahasan serta pembobotan dalam proses penyempurnaan untuk mengimplementasi kebijakan visi dan misi Ternate Mandiri dan Berkeadilan atau Ternate Andalan.

Kepala Bappelitbangda Malut dalam sambutannya mengatakan bahwa RPJMD ini bukan semata-mata tugas Bappeda, tapi tugas seluruh komponen bangsa dan daerah dan seluruhnya kita harus memberikan masukan pada forum itu untuk dapat diterima atau diakomodasi menjadi sebuah dokumen yang lengkap dan dapat menginspirasi seluruh kebutuhan masyarakat yang ada di daerah itu sendiri.


“Pada saat kepala daerah dilantik, perangkat daerah juga mulai bergerak membentuk tim untuk menyusun rancangan rencana strateginya selama kurang lebih 5 tahun berlaku berdasarkan visi dan misi kepala daerah serta hasil evaluasi capaian perangkat daerah membuat daftar rencana awal dan penyusunan selanjutnya,” ucap Kepala Bapeda Malut.

“Setelah RPJMD mencapai rancangan akhir, barulah dikeluarkan surat edaran kepada OPD untuk menyempurnakan kembali dengan menyesuaikan target penyelenggaraannya,” tambahnya.

Selanjutnya, Wali Kota Ternate mengatakan bahwa RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026 adalah dokumen perencanaan Pemerintah Daerah yang merupakan arah, pedoman sekaligus kompas untuk memandi Perangkat Daerah dalam merumuskan kebijakan 5 (lima) tahun kedepan.


“RPJMD ini merupakan salah satu rujukan penting dalam perencanaan pembangunan daerah lima tahunan, perumusan strategi yang akan mengimplementasikan, bagaimana sasaran pembangunan akan dicapai dengan serangkaian arah kebijakan dari pemangku kepentingan," ucap Wali Kota Ternate dalam sambutannya.

“Dinamika yang terjadi dalam proses penyusunan dokumen RPJMD Kota Ternate, Saya dan Pak Jasri, lebih melihat ini sebagai semangat bersama para pemangku kepentingan, yang pada tujuan akhir,akan menjadikan dokumen ini sebagai dokumen yang aspiratif dan berkualitas, yang tetap menjaga 7 (tujuh) Nilai Dasar Kebudayaan Ternate “Kie se Gam Magugu Matiti Tomdi”,” lanjutnya.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. Semua tamu yang hadir diwajibkan mengukur suhu tubuh dan sealu memakai masker. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA