Kamis, 14 November 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
31 Oktober 2019 - 01:22:13 - Read: 300

Wali Kota Ternate Resmikan Pengoprasian Pasar Rakyat Moti

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate mengggelar Peresmian Operasional Pasar Rakyat Moti, Rabu, 30 Oktober 2019 bertempat di areal Pelabuhan Moti Kota. Peresmian pengoperasian Pasar Rakyat Moti untuk kegiatan perdagangan, ditandai dengan pengguntingan pita oleh Wali Kota Ternate Dr. H. Abdurahman, SH, MM, yang didampingi Dandim 1501/Ternate, sejumlah Pimpinan OPD, Camat Pulau Moti dan para Lurah se-Kecamatan Pulau Moti.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kota Ternate, Nuryadin Rahman, SH menyampaikan dengan adanya pasar ini diharapkan kedepan pertumbuhan ekonomi di Pulau Moti bisa berjalan dengan baik. Sementara Camat Pulau Moti dalam sambutannya mengatakan masyarakat Moti tidak perlu lagi berbelanja atau berjualan lagi di Ternate, Tidore atau tempat lain lagi, dengan adanya pengoperasian Pasar Rakyat ini. Camat Pulau Moti juga menambahkan pesan yang diangkat dalam peresmian pengoperasian ini dalam dua bahasa, yaitu bahasa Tidore dan Makean, dalam bahasa Tidore Ino fo rubu-rubu fo rame-rame fo mafu se mafoli ten ngone na Pasar ne kalu ngone fo lila se fo uta ua se nage yali, kalu oras ne ua se foiyo yali, dan dalam bahasa Makean Mo det rubu-rubu trame-rame tawagit lot tatua nit pasar line, polo tit tono lot kalesang te de alhohu, polo orasne te de poiso nak, yang artinya Mari kita sama-sama memanfaatkan keberadaan pasar ini, karena kalau bukan kita yang peduli siapa lagi, kalau bukan sekarang kapan lagi.

Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pasar Rakyat Moti ini telah diresmikan gedungnya beberapa waktu yang lalu, dan dilanjutkan dengan peresmian operasional pada hari ini, telah menggambarkan kemajuan aktivitas ekonomi di Kecamatan Pulau Moti. Operasional Pasar rakyat yang representatif ini, nanti akan buka setiap harinya sehingga dapat memenuhi berbagai kebutuhan masyarakat Moti.

Wali Kota Ternate juga menambahkan bahwa Pulau Moti ini sebenarnya punya potensi yang cukup besar, karena itu dengan mulai dioperasikannya pasar ini, langkah selanjutnya untuk lebih menghidupkan aktivitas pasar dimasa datang, perlu dipikirkan oleh Camat, Lurah dan Tokoh masyarakat serta masyarakat Pulau Moti, untuk bagaimana menonjolkan berbagai potensi untuk dapat dipasarkan dan menjadi unggulan dari Pulau Moti.

Pada kesempatan yang sama, Wali Kota Ternate juga menyerahkan bantuan Pemerintah Kota Ternate berupa 40 cool box bagi nelayan di Kecamatan Pulau Moti dan penyerahan intensif secara simbolis bagi perangkat RT dan RW.

Pada akhir sambutan, Wali Kota Ternate mengharapkan dengan beroperasionalnya Pasar Rakyat Moti ini, dapat menjadikan nilai tambah ekonomi bagi masyarakat Pulau Moti, sehingga diharapkan kedepannya masyarakat Pulau Moti dapat lebih mandiri, bahkan tidak menutup kemungkinan untuk dapat men-supply kebutuhan antar pulau di sekitar pulau Moti. TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA