#

Wali Kota Ternate Serahkan 1000 Paket Bantuan Ikan Olahan Bagi Warga Terdampak COVID-19

DISKOMSANDI - Wali kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman SH. MM, menghadiri sosialisasi sekaligus penyerahan paket bantuan ikan olahan bagi warga terdampak Covid-19 yang ada di Kota Ternate dan Halmahera Barat.

Sosialisasi ini digawangi oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI dan DPR RI Komisi IV, dengan tujuan dalam rangka mendukung penanganan dampak pandemi Covid-19 dan peningkatan konsumsi ikan, sekaligus perluasan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) yang berlangsung di aula Kantor DKP Kota Ternate, Jumat (5/6).

Sebanyak 1000 paket berisi abon ikan Tuna, Ikan Teri dan Ikan cakalang beku diserahkan secara simbolis oleh Wali Kota Ternate untuk m; warga terdampak Covid-19 yang terbagi dua lokasi yakni, Kota Ternate dan Halbar.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Tenaga Ahli DPR RI, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan kota Ternate, Kepala Dinas Kelautan dan perikanan Provinsi Maluku Utara, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Halmahera Barat, serta Kasubdit Kemitraan Publik, Direktorat Jenderal Penguatan Daya Saing Produk Kelautan dan Perikanan, KKP dan sejumlah nelayan dan perwakilan warga terdampak Covid-19 dengan mekanisme mengikuti protokol kesehatan seperti menjaga jarak dan menggunakan masker.

Wali Kota Ternate, dalam sambutannya mengajak masyarakat khususnya Kota Ternate untuk mengkonsumsi ikan yang banyak. Menurutnya ikan merupakan sumber vitamin dan protein yang juga bisa meningkatkan imunitas terlebih pada masa pandemi Covid -19 ini.

Sementara itu, Kasubdit Kemitraan Publik Direktorat Pemasaran Kementerian Kelautan dan Perikanan, Isjaturradhijah. M.Si, saat diwawancara menyampaikan, produk Gemarikan merupakan produk olahan ikan yang dihasilkan oleh UMKM dan nelayan setempat. Menurutnya ini bisa membantu kelangsungan usaha mereka pada situasi pandemi. Kata dia, paket Gemarikan ini akan didistribusikan kepada masyarakat yang terdampak Covid-19.

Menurutnya, ini salah satu cara untuk meningkatkan imunitas dan daya tahan tubuh terhadap Covid-19. Hal ini tentunya sesuai arahan Presiden RI Joko Widodo disituasi pandemi Covid-19 saat ini.

"Selain itu ikan sebagai bahan pangan yang mengandung protein dan omega-3 sangat relevan untuk mendukung program prioritas penanganan stunting khususnya berkaitan dengan kecerdasan," jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya perluasan Gemarikan dapat mendorong peningkatan konsumsi ikan masyarakat dan menurunkan pravelensi stunting.

"Semoga bermanfaat untuk penanganan masyarakat yang terdampak pandemi Covid 19 melalui peningkatan konsumsi ikan," tutupnya. (Tim Diskomsandi)

Berita

Berita Lainnya

#

HUT Perumda Ake Gaale Ke-37, Wali Kota Resmikan Nama dan Logo Baru

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memb ...

#

Peringati Hari Peduli Sampah, Wali Kota Imbau Kurangi Sampah Plastik

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional, Wali Kota Ternat ...

#

Buka Musrenbang Komunitas, Sekda Berharap Muncul Ide dan Gagasan Baru

PEMKOT TERNATE – Usai menggelar Murenbang Tingkat Kelurahan dan Tingkat Kecamatan, Pemer ...

#

Buka Gerakan Pangan Murah, Sekda Pastikan Stabilisasi Bahan Pokok dan Harga Pangan

PEMKOT TERNATE - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM membuka kegiatan Ge ...