Kamis, 12 Desember 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
17 Juli 2019 - 16:40:24 - Read: 343

Walikota Ternate Hadiri IISMEX 2019

DISKOMSANDI - Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, menghadiri ajang Indonesia International Smart City Expo & Forum (IISMEX). Pameran dan forum teknologi industri terbesar dan terlengkap di Indonesia itu, digelar selama tiga hari di Jakarta Convention Center (JCC).

Turut hadir pada kegiatan tersebut, Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo, Menteri Kominfo, Rudiantara, Kepala Pusat BNPB, Doni Munardo, para kepala daerah, Gubernur, Walikota dan Bupati serta seluruh Kepala Dinas Kominfo se-Indomesia.

Wakil Presiden RI Jusuf Kalla (JK) saat membuka Indonesia Internasional Smart City Expo and Forum 2019, menyatakan, kota cerdas merupakan cerminan dari kepala daerah cerdas dan masyarakat yang cerdas.

"Kota cerdas hanya dapat terealisasi oleh kepala.daerah yang cerdas. Apapun peralatannya, apapun teknologinya, tanpa Walikota yang cerdas, tanpa Bupati yang cerdas tidak akan tercapai kota cerdas," kata Wapres saat membuka ISMEX di JCC, Senayan, Jakarta Pusat.

Kata dia, teknologi dalam smart city hanya sebagai penunjang, "yang terpenting adalah kepala daerah yang mampu memaksimalkan teknologi dan berinovasi," terangnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi) Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, SP, M.Sc dalam keterangannya menyebutkan, ajang IISMEX 2019, atau dikenal dengan sebutan Pameran dan Forum Internasional Kota Cerdas Indonesia merupakan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kementerian Kominfo bekerjasama dengan PT Napindo Media Ashatama.

Kata dia, ajang yang diselenggarakan sejak 2017 itu, menampilkan teknologi terkini di bidang industri air, air limbah, pengelolaan limbah, energi baru terbarukan, kolam renang, keamanan, proteksi kebakaran, SAR, penanggulangan bencana, K3 dan pengembangan kota cerdas. 

Dikatakan, sebagai salah satu kota yang menerapkan smart city di Maluku Utara, Kota Ternate berkepentingan untuk mengikuti ajang tersebut, "ajang ini, menampilkan konsep serta inovasi sistem perkotaan yang mengintegrasikan teknologi digital, guna membangun sebuah kota yang dapat berkinerja dengan baik dalam pelayanan penduduk, ekonomi, pemerintahan, mobilitas dan lingkungan hidup," kata Thamrin.

Dengan demikian, lanjut Kepala Diskomsandi, akan membuat kota tersebut menjadi lebih efektif, efisien, aman, nyaman, sejahtera, ramah lingkungan dan layak tinggal. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA