Rabu, 16 Oktober 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
29 Maret 2019 - 15:45:33 - Read: 263

Warga Pulau Hiri Bakal Nikmati Internet Gratis

DISKOMSANDI – Jum’at (29/3/2019) Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate, melalui Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian (Diskomsandi), berencana untuk memasamg internet gratis pada sejumlah lokasi.di Kecamatan Pulau Hiri, Kota Ternate.

Kepala Diskomsandi Kota Ternate, Thamrin Marsaoly, SP, M.Sc menyatakan, sebagai upaya untuk mewujudkan Ternate Smart City, Pemkot melalui Diskomsandi menganggarkan dana kurang lebih Rp, 100 juta untuk pemasangan internet gratis pada sejumlah titik di Kecamatan Pulau Hiri.

Kata dia, sebagai kawasan destinasi wisata, Pulau Hiri membutuhkan berbagai fasilitas penunjang, salah satunya, ketersediaan internet, "sebagai salah satu destinasi wisata, Pulau Hiri harus ditunjang dengan internet. Memang selama ini, di Hiri hanya ditunjang dengan jaringan GSM, sehingga tahun ini Pemkot melalui Diskomsandi melaksanakan kegiatan, pemasangan internet gratis," kata Thamrin.

Kata dia, pemasangan internet gratis di Pulau Hiri, tidak menggunakan kabel tetapi menggunakan tower, "karena fasilitas kabel belum tersedia, sehingga kita menggunakan sistim radio menggunakan tower atau antena," ujar Thanrin seraya menyebut, sarana penunjang listrik di Hiri telah memenuhi syarat.

Thamrin mengklaim, timnya telah melakukan survey di Pulau Hiri dan telah menetapkan 3 sampai 4 titik pemasangan, "yakni di tempat keramaian seperti di Pelabuhan, sarana kesehatan (Puskesmas) dan sekolah," terangnya.

Menurutnya, kapasitas internet gratis yang nanti terpasamg di Pulau Hiri, memiliki kapasitas yang cukup besar, sehingga dapat digunakan oleh masyarakat Pulau Hiri, "jadi, kapasitasnya lebih besar, kalau wi-fi bandwitch kecil, maksimalnya  20 sampai 30 pengguna, maka yang nanti terpasang di Pulau Hiri ini, sistim UMS dengan kapasitas 10 mega seperti di Taman Toboko, jadi 80 sampai 100 orang pengguna masih bisa, " jelasnya.

Mantan Camat Ternate Tengah itu, menambahkan, selain untuk menunjang program Ternate Smart City, keberadaan internet di Pulau Hiri juga diharapkan mampu menjadi sarana informasi dan edukasi bagi maayarakat Pulau Hiri. "Kita jadwalkan lounching akan dilakukan akhir April atau awal Mei mendatang," tukasnya.

Dia berharap, pasca pemasangan, masyarakat di Pulau Hiri dapat menjaga fasilitas internet yang nanti dipasang di Hiri, "kami berharap, setelah terpasang, masyarakat bersama aparatur pemerintah di Hiri untuk bersama-sama menjaga dan merawat, sehingga penggunaannya bisa lebih lama,"  harapnya.

Selain di Hiri, lanjut Thamrin, untuk dua Kecamatan lainnya, juga akan diadakan kegiatan yang sama, hanya saja, hingga saat ini, pada kedua Kecamatan tersebut, masih terkendala dengan ketersediaan listrik.

"Selain itu, akses jaraknya juga cukup jauh dan keterbatasan anggaran sehingga terkendala. Mudah-mudahan Hiri ini menjadi pintu masuk, agar dua Kecamatan lainnya ini juga tersedia jaringan internet gratis, sehingga kedepan dua Kecamatan ini juga dianggarkan," pungkasnya. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA