Minggu, 26 Juni 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate

Bappenas dan Otorita IKN Akan Bergotong-Royong Bangun IKN

Presiden RI Joko Widodo melantik Bambang Susantono sebagai Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Dhony Rahajoe sebagai Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara pada Kamis, (10/3). Pelantikan ini menandai babak baru penyelenggaraan kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) yang akan dilaksanakan Pemerintah Daerah Khusus Ibu Kota Nusantara yang selanjutnya disebut sebagai Otorita Ibu Kota Nusantara.

“Selamat bertugas bagi Kepala dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara yang telah dilantik. Sebagai pelaksana kajian IKN hingga penyusun Rencana Induk Ibu Kota Negara, Kementerian PPN/Bappenas akan mendukung, membantu, bergotong-royong bersama Otorita Ibu Kota Nusantara untuk membangun IKN,” ujar Menteri PPN/Kepala Bappenas Suharso Monoarfa, Kamis (10/03/2022). 

Sesuai amanat Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2022 Tentang Ibu Kota Negara, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara dan Wakil Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara menjabat selama 5 tahun, terhitung sejak tanggal pelantikan dan sesudahnya dapat ditunjuk dan diangkat kembali dalam masa jabatan yang sama.

Otorita Ibu Kota Nusantara akan memiliki wewenang khusus, termasuk antara lain kewenangan pemberian perizinan investasi, kemudahan berusaha, serta pemberian fasilitas khusus kepada pihak yang mendukung pembiayaan dalam rangka kegiatan persiapan, pembangunan, dan pemindahan IKN, serta pengembangan Ibu Kota Nusantara dan daerah mitra. 

Dalam Pernyataan Pers usai pelantikan, Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara Bambang Susantono menegaskan, Presiden Jokowi mengamanatkan pentingnya Otorita Ibu Kota Nusantara menjadi kota yang tidak hanya fokus pada pembangunan fisiknya, tetapi juga mengusung kohesivitas dengan warganya.

Ibu Kota Nusantara akan dibangun menjadi kota yang inklusif, kota yang hijau, kota yang cerdas, dan kota yang berkelanjutan. Ini semua tentu terangkum di mana kota tersebut dibangun untuk semua kalangan, a city for all. Ibu Kota Nusantara akan membangun peradaban baru, menjadi kota percontohan, tidak hanya Indonesia, tetapi juga global, menjadi Kota Dunia untuk Semua.

“Kami segera akan menghubungi, pihak-pihak kementerian/lembaga terkait yang selama ini sudah mempersiapkan konsep-konsepnya, salah satunya dengan Kementerian PPN/Bappenas yang sudah dari 2017 melakukan berbagai studi,” ungkap Bambang yang juga meminta dukungan seluruh pihak untuk kesuksesan pembangunan IKN.*** 


*Disiapkan oleh Tim Komunikasi IKN Kementerian PPN/Bappenas dan Tim Komunikasi Pemerintah Kementerian Komunikasi dan Informatika

ARTIKEL GPR