Kamis, 16 September 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
29 Juli 2021 - 19:57:45 - Read: 188

Bangga, Kota Ternate Raih Penghargaan Kota Layak Anak

DISKOMSANDI – Kota Ternate kembali meraih penghargaan Kota Layak Anak (KLA) kategori Madya untuk Tahun 2021 setelah bersaing dengan 275 Kabupaten/Kota se-Indonesia.

Pemghargaan ini merupakan kali ke-4 Kota Ternate mendapatkan Penghargaan Kota Layak Anak yang sebelumnya diraih di tahun 2017, 2018, dan 2019.

KLA merupakan sistem pembangunan berbasis anak yang dilakukan melalui integrasi sumber daya pemerintah, masyarakat, media, dan dunia usaha yang secara keseluruh dalam program kebijakan untuk menjamin hak anak.

KLA diberikan kepada seluruh kabupaten/kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen dan sumber daya pemerintah, masyarakat, dan dunia usaha yang terencana secara menyeluruh serta berkelanjutan dalam kebijakan, program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan anak. Pelaksanaan KLA sempat tertunda di tahun 2020 selama satu tahun pada 2020 akibat pandemi covid-19.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME dan Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Ternate Hj. Marjorie S. Amal menghadiri acara Penghargaan Kota/Kabupaten Layak Anak secara daring melalui Zoom Meeting di Ruang Rapat lantai III Kantor Wali Kota Ternate, Kamis (29/7).

Wali Kota Ternate memberikan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dalam mewujudkan Kota Ternate sebagai Kota Layak Anak dan mempertahankan predikat Ternate sebagai KLA kategori Madya.

"Ini sebuah prestasi yang patut diapresiasi, di tengah pandemi, semua pihak tetap berkomitmen untuk melindungi hak-hak anak di Ternate," ucap Wali Kota Ternate.

Wali Kota  berharap, prestasi ini dapat ditingkatkan di masa-masa yang akan datang dengan dukungan semua pihak. Saya berharap, semua pihak ikut mensupport sehingga Ternate dapat meraih predikat yang lebih baik di masa yang akan datang," tambahnya.

Sementara, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Kota Ternate, menyampaikan, Kota Layak Anak (KLA) adalah Kota yang mempunyai sistem pembangunan berbasis hak anak melalui pengintegrasian komitmen Pemerintah, masyarakat dan dunia usaha dalam program dan kegiatan untuk menjamin pemenuhan hak dan perlindungan terhadap anak.

“Kota Ternate sejak Tahun 2017 telah meraih Predikat Kota Layak Anak untuk Kategori Pemula atau Pratama, kemudian pada tahun 2018, Ternate masih mempertahankan predikat pada kategori Pratama, Baru pada tahun 2019, predikat KLA untuk Kota Ternate naik ke kategori Madya," kata Mardjorie.

Beliau juga menambahkan bahwa penghargaan yang kembali diterima oleh Pemerintah Kota Ternate untuk kategori Madya hari ini, menunjukkan bahwa walaupun pada masa pandemi yang membatasi ruang gerak aktivitas Pemerintah maupun masyarakat namun tanggung jawab dan kewajiban dalam melindungi anak-anak di Kota Ternate tetap menjadi komitmen dan prioritas segenap pemangku kepentingan. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA