Kamis, 26 Mei 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
23 Maret 2022 - 18:13:24 - Read: 110

Forum Perangkat Daerah dan Musrembang RKPD Kota Ternate, Resmi Dibuka Wali Kota

DISKOMINFO - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman M.Si, membuka secara resmi Forum Perangkat Daerah & Musrenbang RKPD Kota Ternate tahun 2023, di dalam kegiatan pembukaan tersebut Wali Kota Ternate memaparkan program-program prioritas pembangunan tahun 2023.

RPJMD (Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah) menekankan tentang pentingnya menterjemahkan secara bijaksana tentang visi, misi, dan agenda Kepala Daerah terpilih dalam tujuan, sasaran, strategi dan kebijakan pembangunan yang merespon kebutuhan dan aspirasi masyarakat serta kesepakatan tentang tolok ukur kinerja untuk mengukur keberhasilan pembangunan daerah dalam 5 tahun ke depan.

Dalam sambutannya Wali Kota Ternate menyampaikan, RPJMD Kota Ternate tahun 2021-2026, merupakan dokumen perencanaan Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate yang merupakan arah pedoman, sekaligus kompas untuk memandu”.

“Sesuai arahan RPJMD program prioritas pembangunan tahun 2023 akan diarahkan kepada tiga tujuan, di antaranya adalah peningkatan infrastruktur dasar, pengembangan iklim usaha yang kondusif, UMKM juga IMKM, peningkatan daya saing industry kreatif dan meningkatkan kemudahan akses pasar bagi masyarakat,” jelas Wali Kota.

Wali Kota juga memaparkan, “Terdapat 5 program strategis yang saat ini telah diakomodir yakni penanganan sampah perkotaan berbasis partisipatif masyarakat, pemulihan ekonomi melalui pemberdayaan warung MAMA dan Om Ojek ANDALAN, penanganan air bersih perkotaan dan dukungan pemerataan pembangunan melalui Paduli BAHIM (Batang Dua, Hiri dan Moti)”.

Wali Kota optimis agar Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang ini bisa lebih optimal pelaksanaannya supaya dapat mengimplementasikan visi misi dan mencapai target sasaran.

“Saya menggantungkan harapan kepada semua perangkat daerah, para Camat, para delegasi dan para pemangku kepentingan lainnya, mari bersama kita saling berkoordinasi dan berkomitmen, untuk melihat urgensi kebutuhan dalam merumuskan usulan program kegiatan setiap tahun melalui pelaksanaan forum dan Musrenbang ini, dengan memperhitungkan ketercapaian target indikator dan capaian pada program RPJMD yang telah terintegrasi, serta mampu menghasilkan program kegiatan yang lebih terarah, terukur, dan akuntabel, serta menjawab isu-isu yang strategis dan permasalahan serta tantangan yang dihadapi,” harapnya.

Dalam wawancara di kesempatan yang sama Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr H Rizal Marsaoly SE MM,mengatakan, “Tugas Bappelitbangda pada kesempatan kali ini adalah menemukan bottom up dan top down dalam forum RKPD. Jadi setelah melihat substansi dari 8 kecamatan untuk nantinya disinergikan dengan apa yang menjadi top down 8 misi,” tuturnya.

“Mulai Musrenbang kali ini, kita akan melihat sejauh mana keberpihakkan terhadap 8 misi, sehingga akan lebih baik dalam menyampaikan LKPJ 2023 untuk pertanggungjawaban 2022. Harapannya setiap tahun ada perbaikan perbaikan di tahapan-tahapan perencanaan, inilah yang menjadi substansi dari Musrenbang kali ini,” tandasnya. (Tim Liputan)

BERITA LAINNYA