#

Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Gelar FGD Terkait RDTR Kota Ternate

DISKOMSANDI – Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertahanan Nasional, Direktorat Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II menggelar Focus Group Discussion (FGD) Pembahasan Delineasi Wilayah Perencanaan dalam penyusunan Materi Teknis RDTR (Rencana Detail Tata Ruang) Kota Ternate.

Kegiatan ini digelar sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas tata ruang melalui perwujudan penataan ruang berbasis mitigasi bencana /Pengurangan Resiko Bencana (PRB).

Kegiatan tersebut sebagai lanjutan dari kick-off meeting/konsolidasi awal dalam rangka penyusunan RDTR Kota Ternate.

Kegiatan dibuka oleh Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si,. dan dihadiri oleh Direktur Bina Perencanaan Tata Ruang Daerah Wilayah II Dr. Eko Budi Kurniawan, ST., M.Sc yang hadir melalui Zoom Meeting, Kepala Sub Direktorat Perencanaan Detail Tata Ruang Kawasan Daya Dukung Lingkungan Wilayah II Nirwansyah Prawiranegara, ST,. M.Sc, Perwakilan Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang dilaksanakan di Hotel sahid Bela Ternate (29/6).

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan bahwa Pemkot Ternate sedang menuju finalisasi penyusunan RPJMD yang nantinya akan disesuaikan dengan FGD hari ini.

“Di Visi Misi kami itu ada tergambar terkait dengan apa yang disampaikan masuk di Program Prioritas yaitu Prioritas Kesembilan Revitalisasi dan Penataan Ruang Kota yang berkelanjutan. Kota Ternate ini suatu ketika akan dihadapkan dengan masalah lingkungan dan tata ruang karna terkait dengan ruang kuning, batas membangun, dan potensi-potensi bencana yang suatu saat bisa terjadi,” ucap Wali Kota Ternate.

“Penyusunan Rencana detail tata ruang ini harus betul-betul terkait juga dengan permasalahan kebencanaan karena Ternate adalah salah satu Kota yang masuk dalam kategori daerah Ring of Fire (langganan bencana),” tambahnya.

Wilayah pemetaan dan kawasan perencanaan yang diusulkan untuk wilayah Kota Ternate yakni Kecamatan Ternate Utara, Kecamatan Ternate Tengah dan Kecamatan Ternate Selatan. Wilayah-wilayah tersebut dipilih berdasarkan beberapa factor, diantaranya kesesuaian tata ruang, peluang pengembangan dan risiko bencana. (Tim Redaksi)

Berita

Berita Lainnya

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...

#

Sebanyak 311 Peserta PPPK Kota Ternate Tandatangani Perjanjian Kerja

PEMKOT TERNATE – Setelah melewati serangkaian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanji ...