Selasa, 22 Juni 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
26 Mei 2021 - 13:29:22 - Read: 87

Kota Ternate Akan Dijadikan Kota Tanggap Ancaman Narkoba

DISKOMSANDI - Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus menjadi pembicara dalam Rapat Koordinasi Pengembangan dan Pembinaan Kota Tanggap Ancaman Narkoba yang di gelar oleh BNNP (Badan Narkotika Nasional Provinsi) Maluku Utara.

Kepala BNNP Maluku Utara Brigjen Pol. Roy Hardi Siahaan, S.I.K, S.H., M.H., dalam materinya menyampaikan, bahwa Kota Ternate adalah central daripada pusat jalur transportasi narkoba.

“Dari hasil penelitian dan investigasi kami, dan beberapa kasus yang kami proses dan kami tangkap, jalur narkoba masuknya hampir bisa dibilang mayoritas dari wilayah Kota Ternate,” ucap Roy Hardi.

“Oleh karena itu kita jadikan Kota Ternate sebagai Kotan (Kota Tanggap Ancaman Narkoba) itu sangat tepat. Saya melihat bahwa Wali Kota sudah melakukan semacam kerjasama-kerjasama dengan beberapa perbatasan dari Kota Ternate sendiri,” tambahnya.

Beliau juga mengatakan bahwa diperlukan kerjasama advokasi kebijakan kabupaten kota tanggap ancaman Narkoba antara pihak stakeholder dengan harapan Kota Ternate Bersinar (Bersih dari Narkoba) atau Zero Narcotics.

Harapan Roy Hardi, Kotan tersebut benar-benar bisa kita ciptakan, nanti ujungnya kita berharap bahwa Ternate bukan sebagai central tapi bagaimana kita berusaha mencegah, mengantisipasi supaya narkoba ini tidak merajalela di wilayah Kota Ternate.

Sementara, Wali Kota Ternate dalam materinya mengatakan bahwa persoalan narkoba merupakan komitmen, tidak hanya lisan tetapi dengan tindakan nyata pemerintah untuk membawa Kota Ternate menjadi kota yang bebas Narkoba. Persoalan narkoba akan dimasukkan dalam Rencana menengah pemerintah daerah untuk rencana kerja Pemda.

“Kegiatan pencegahan nanti pemerintah daerah akan bantu, kita akan dorong proses pencegahan di masyarakat lewat penyisihan sedikit anggaran yang melekat di dana kecamatan,” ucap Wali Kota Ternate.

“Di Ternate kita berupaya untuk ada satu tempat sebagai tempat rehabilitasi narkoba”, tambahnya.

Pemerintah Kota Ternate juga akan membentuk relawan Anti Narkoba di Lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN), mahasiswa dan tokoh masyarakat dalam melakukan upaya Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan, dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Rapat koordinasi tersebut di gelar di Ballroom Muara Hotel yang dihadiri oleh Komandan Kodim (Dandim) 1501/Ternate Kolonel Inf R. Moch Iskandarmanto, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Liza Marsaoly, Ketua Dharmawanita Persatuan Kota Ternate, Ketua Persit Kota Ternate, Ketua Bhayangkari Kota Ternate, para Pimpinan OPD di lingkup Pemerintahan Kota Ternate, Para Camat dan Lurah Kota Ternate, serta perwakilan Hotel di Kota Ternate. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA