Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
2018-09-08 21:00:23 -0400 - Read: 303

Walikota Ternate Resmi Buka Gebyar Haornas 2018

DISKOMSANDI - Walikota Ternate, Dr. H. Burhan Abdurhman, SH, MM di dampingi Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta, Jumat (7/9/2018), membuka secara resmi Gebyar Haornas yang merupakan rangkaian acara peringatan Hari Olahraga Nasional (Haornas) yang dipusatkan di Dhuafa Center, Ternate.

Pembukaan Gebyar Haornas yang dihadiri sejumlah pejabat Kemenpora itu, secara resmi dibuka oleh Walikota bersama Deputi III Pembudayaan Olahraga Kemenpora, ditandai dengan pemukulan tifa. 

Walikota Ternate H. Burhan Abdurahman, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kementerian Pemuda dan Olahraga, Deputi 3 Pembudayaan Olahraga Kemenpora RI atas kepercayaannya menetapkan Kota Ternate sebagai tuan rumah pertama pelaksanaan acara puncak Haornas di luar pulau Jawa.

"Pertama saya ingin menyampaikan bahwa, pemerintah dan seluruh masyarakat Kota Ternate menyampaikam terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Menteri Pemuda dan Olahraga, karena Kota Ternate diberikan kepercayaan sebagai penyelenggara Haornas yang ke-35," kata Burhan dalam keterangan resminya usai membuka Gebyar Haornas di gedung Dhuafa Center.

Menurutnya, penetapan Kota Ternate sebagai tuan rumah Haornas 2018, merupakan sebuah kepercayaan dan tanggungjawab bagi pemerintah kota dan masyarakat Kota Ternate dalam upaya memasyarakatkan olahraga di Kota Ternate maupun di Provinsi Maluku Utara.

"Sejak mendapat surat penunjukan sebagai tuan rumah, pemerintah telah melakukan persiapan-persiapam antara lain, dengan membentuk panitia daerah," ujar Burhan seraya menyebut sejumlah kegiatan yang akan dilaksanakan pada rangkaian acara Haornas ke-36 yang dipusatkan di Kota Ternate.

"Hari ini, kita membuka salah satu dari berbagai rangkaian kegiatan Haornas yakni pameran, kemudian ada kegiatan seminar, Gala Desa, Pergeseran obor

Asian PARA Games dan tentunya acara puncak Haornas," terangnya.

Walikota Ternate, H. Burhan Abdurahman menyatakan, untuk persiapan acara puncak, sudah 90 persen, "insya Allah, dengan sisa waktu yang ada ini, akan tuntas. Intinya, Pemkot dan masyarakat Kota Ternate memberikan support  yang tinggi, antusias untuk menyukseskan Haornas ke-35 di Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara," pungkasnya.

Sementara itu, Deputi III Pembudayaan Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), Raden Isnanta, saat memberikan keterangannya menyatakan, Haornas kali ini sangat strategis, setelah Asian Games, bulan depan ada Asian PARA Games.

"Haornas merupakan momentum terbaik untuk mengevaluasi olahraga kita, sekalgus menata lebih optimis, lebih positif olahraga kedepan," kata Raden.

Dengan tema, "Ayo Olahraga, Bangun Indonesia" diharapkan olahraga dapat membangun dan mendukung pembangunan di semua lini. "Dalam konteks olahraga, membangun budaya olahraga agar kita mau dan cinta olahraga. Jadi setelah Haornas, harapan kita, olahraga semakin diminati dan menjadi kebutuhan," tutur Raden.

Momentum Haornas juga diharapkan menghasilkan atlit-atlit muda Indonesia untuk menatap prestasi dunia. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA