Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
2018-05-04 23:29:41 -0400 - Read: 256

Pemkot Ternate Salurkan Bantuan Untuk Korban Kebakaran Lelong

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota (Pemkot) Ternate melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Kamis (3/5/2018) memberikan bantuan kepada warga korban kebakaran di RT.02 dan RT.04 Lingkungan Lelong, Kelurahan Makassar Timur, Ternate Tengah.

Penyerahan bantuan berupa kasur, bantal dan uang tunai sebagai biaya sewa rumah itu, diserahkan langsung oleh Plt. Walikota Ternate, Abdullah Taher, seiring pencabutan status tanggap darurat yang ditetapkan Pemkot sejak 20 April lalu, satu hari pasca kebakaran hebat terjadi.

"Status tanggap darurat telah kita cabut pada tanggal 28 April kemarin, Hari ini kita juga berikan bantuan biaya sewa rumah selama tiga bulan kepada warga korban kebakaran untuk meringankan beban mereka menjelang Ramadhan," jelas Plt. Walikota Ternate, Abdullah Taher.

Dihadapan para warga sebelum menyerahkan bantuan, Plt Walikota meminta agar warga jangan dulu melakukan aktivitas pembanguan di lokasi kebakaran, sebab kawasan tersebut masuk dalam rencana penataan Pemkot di tahun ini.

"Kami juga melarang warga untuk membangun bangunan sementara sebab lokasi tersebut sudah mau dilakukan penimbunan untuk penataan. Jadi kalau kita beri izin lagi, akan sulit bila nanti mau di lakukan penataan," jelasnya.

Sementara itu, Kepala BPBD Kota Ternate, Hasyim Yusuf dalam keterangannya mengatakan, penyerahan bantuan ini agak terlambat, sebab menunggu pemesanan kasur dan bantal.

"Untuk biaya sewa rumah, kita berikan Rp 1.750.000. Sedangkan per kepala keluarga yang rumahnya hangus, juga diberikan bantuan sebesar Rp 750.000," ucapnya.

Musibah kebakaran yang terjadi, Senin (19/4/2018) dini hari itu, menghanguskan sedikitnya 47 unit rumah dikawasan tersebut dan mengakibatkan 334 jiwa kehilangan tempat tinggal. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA