#

Anggota DPRD Kota Ternate Periode 2024-2029 Dilantik

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri Rapat Paripurna Pengucapan Sumpah Janji Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Ternate Masa Jabatan 2024-2029 yang digelar di Gedung DPRD Kota Ternate, Kelurahan Kalumata. Selasa (17/9/24).

Rapat tersebut turut dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Forkopimda Kota Ternate, Ketua KPU Kota Ternate M. Zen A. Karim, SIP, M.Si, Ketua Bawaslu Kota Ternate Kifli Sahlan, S.Pd, para anggota DPRD Kota Ternate masa jabatan 2019-2024 para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Camat, dan keluarga para anggota DPRD terpilih masa jabatan 2024-2029.

Pengucapan Sumpah janji anggota DPRD Kota Ternate masa jabatan 2024-2029 tersebut dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara Nomor 537/KPTS/MU/2024 Tentang Pengangkatan Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ternate Masa Jabatan 2024-2029 dengan total 30 anggota.

Ketua DPRD Kota Ternate masa jabatan 2019-2024, Muhajirin Bailussy, S.Pi, dalam kesempatan tersebut melaporkan bahwa selama masa kerja, yakni pada tahun 2019-2024, DPRD Kota Ternate telah mengeluarkan sebanyak 66 (enam puluh enam) Surat Keputusan dan ada 24 (dua puluh empat) peraturan daerah yang telah disahkan. Sementara itu masih 22 (dua puluh dua) Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) yang belum disahkan menjadi peraturan daerah.

“Dalam kaitan dengan fungsi anggaran, DPRD Kota Ternate juga telah membentuk alat kelengkapan Dewan Badan Anggaran (Banggar) yang fungsinya untuk membahas kebijakan umum anggaran prioritas dan Plafon Anggaran Sementara, APBD perubahan maupun laporan pertanggungjawaban pelaksanaan, Laporan Pertanggungjawaban Pelaksanaan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (LPP-APBD),” sebutnya.

Lebih lanjut, ia memaparkan bahwa terkait fungsi pengawasan, DPRD juga melakukan kunjungan-kunjungan kerja pada daerah pemilihan (Dapil) masing-masing anggota, selain itu juga dilakukan rapat-rapat dengan pendapat organisasi perangkat daerah atau instansi vertikal lain yang berkaitan dengan substansi masalah.

“Terima kasih masyarakat Kota Ternate yang telah mempercayakan kami untuk mengembang tugas-tugas kedewanan, yang tentu saja belum sepenuhnya memenuhi harapan semua pihak. Terima kasih juga kami sampaikan kepada Wali Kota Ternate dan jajarannya, yang selama ini selalu memberikan dukungan dan kerjasamanya, juga kami sampaikan kepada rekan-rekan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, Sekretaris Daerah, para pimpinan partai politik, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD), pimpinan instansi vertikal, mitra-mitra kerja DPRD, insan pers, dan teristimewa kepada sekretaris DPRD, yang selalu siap-siaga dalam memberikan pelayanan terbaik,” ujarnya.

Sementara itu, Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si, dalam sambutannya mengatakan bahwa pengucapan sumpah janji hari ini merupakan sebuah pernyataan serius yang harus dijaga dan dipatuhi, karena tanggung jawab sebagai anggota DPRD bukanlah hal yang ringan karena merupakan amanah dari rakyat yang menuntut komitmen, integritas, dan kerja keras.

“Di pundak para anggota DPRD sekalian tersimpan harapan besar masyarakat, untuk mewujudkan masa depan Kota Ternate yang lebih maju, adil, dan sejahtera,” pungkasnya.

Menurut Wali Kota, sebagai mitra strategis pemerintah Kota Ternate, anggota DPRD memiliki peran sentral dalam menentukan arah kebijakan, karena dengan sinergi yang kuat antara eksekutif dan legislatif maka secara bersama-sama dapat menghadapi berbagai tantangan yang ada, serta mewujudkan program-program pembangunan yang berdampak langsung pada kesejahteraan masyarakat.

“Kita semua menyadari bahwa tantangan di depan semakin kompleks, baik dari sisi ekonomi, sosial, budaya, maupun lingkungan. Oleh karena itu, saya berharap agar saudara-saudara dapat menjawab tantangan ini dengan solusi-solusi, yang inovatif, responsif, dan tepat sasaran. Melalui kerjasama yang baik dan saling mendukung, kita dapat menciptakan kebijakan yang benar-benar memberikan manfaat nyata bagi masyarakat,” harapnya.

Wali Kota mengajak seluruh anggota DPRD yang baru saja dilantik untuk bersama-sama menjaga semangat kebersamaan, profesionalitas, dan integritas.

“Tantangan yang kita hadapi di era globalisasi ini semakin kompleks. Kita harus mampu beradaptasi dengan cepat, baik dalam hal kebijakan publik, pelayanan masyarakat, hingga dalam hal pembangunan berkelanjutan. Keberhasilan kita dalam menghadapi tantangan tersebut sangat bergantung pada sejauh mana kita bisa bekerja sama, berpikir kreatif, serta bertindak cepat dan tepat,” tegasnya.

Lebih lanjut, Wali Kota menjelaskan bahwa yang menjadi tugas utama bersama adalah mewujudkan Ternate yang lebih baik. Sebuah kota yang memberikan kenyamanan, keamanan, dan kesejahteraan bagi seluruh warganya.

“Peran DPRD sangat penting untuk memastikan bahwa setiap kebijakan yang diambil oleh pemerintah benar-benar berlandaskan kepentingan publik, transparan, dan akuntabel. Sumpah yang telah diucapkan hari ini juga bukan hanya sekedar formalitas. Sumpah adalah janji suci, sebuah komitmen untuk melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, untuk berjuang demi keadilan, kesejahteraan, dan kemajuan bagi seluruh lapisan masyarakat kota Ternate,” ungkap Wali Kota.

Wali Kota menambahkan, selama lima tahun ke depan, diharapkan para anggota DPRD yang baru saja dilantik dapat menjaga semangat kolaborasi, keterbukaan, dan kebersamaan. Proses pengambilan kebijakan didasarkan pada pemikiran yang matang dan mengutamakan kepentingan rakyat.

“Jangan pernah lelah untuk berjuang demi kepentingan masyarakat kota Ternate, karena setiap langkah yang kita ambil hari ini akan berdampak besar. Bagi generasi yang akan datang. Ternate adalah rumah kita bersama, dan sudah menjadi kewajiban kita untuk menjadikan rumah ini tempat yang layak dan membanggakan bagi seluruh warganya,” tuturnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota juga mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada anggota DPRD Kota Ternate periode 2019-2024 atas dedikasi dan pengabdian, dan kerja keras selama masa bakti dan mengucapkan selamat kepada seluruh anggota DPD Kota Ternate masa jabatan 2024-2029.

“Mulai tahun 2019 sampai dengan tahun 2024, kita telah bersama-sama menempuh berbagai tantangan dan dinamika. Namun, berkat komitmen dan kerja keras, seluruh anggota DPD kita mampu mengatasi berbagai persoalan dan membawa kemajuan yang signifikan bagi kota Ternate, juga kepada seluruh anggota DPRD Kota Ternate masa jabatan 2024-2029, saya percaya dengan kerja sama yang solid antara eksekutif dan legislatif, kita dapat terus berbenah untuk mewujudkan visi Kota Ternate yang mendiri dan berkeadilan,” tutupnya.

Selain pengambilan Sumpah Janji, dilakukan juga pengangkatan Pimpinan Sementara yang terdiri dari Ketua dan Wakil ketua Sementara DPRD Kota Ternate berdasarkan Pengumuman Nomor 172/312/2024 Tentang Pimpinan Sementara Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kota Ternate Masa Jabatan 2024-2029.

Sementara itu jabatan Ketua Sementara dipegang Zulfikri Hasan, SH., MH dari Partai Nasional Demokrasi (Nasdem) dan Wakil Ketua Sementara yakni Anas U. Malik, SH dari Partai Golongan Karya (Golkar). (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Serahkan Aset SMAN 8 Kota Ternate Kepada Pemerintah Provinsi Maluku Utara

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE, MM atas nama ...

#

Pimpin Apel Gabungan, Wali Kota : Di Balik Kemampuan Pemimpin Yang Baik Itu Ada Kemampuan Anak Buah Yang Baik

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapang ...

#

Wali Kota Ternate Resmikan 79 Rumah Layak Huni di Kelurahan Kasturian

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas P ...

#

Wali Kota Lakukan Kunjungan Kerja di Pulau Moti

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama sejumlah Kepala O ...