#

Apel Gabungan Disiplin ASN, Wali Kota Tekankan Nilai BerAKHLAK

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka meningkatkan kedisiplinan Aparatur Sipil Negara (ASN), Pemerintah Kota Ternate menggelar Apel Gabungan ASN dan Non ASN di Lapangan Ngaralamo, Kelurahan Soa-Sio. Rabu (7/2/24).

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bertindak sebagai Pembina Apel dan diikuti juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Para Asisten, Staf Ahli, Kepala OPD, Kepala Sekolah, Camat serta Lurah di Lingkup Pmerintah Kota Ternate.

Sebelum memulai apel gabungan, untuk memastikan jumlah kehadiran para pegawai, Wali Kota Ternate didampingi Sekda Kota Ternate dan Kepala BKPSDMD Kota Ternate memeriksa langsung barisan pada masing-masing OPD dan Kecamatan.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si dalam arahannya mengatakan bahwa untuk menjadi ASN yang berintegritas, perlu menanamkan nilai-nilai utama ASN yakni ‘Berakhlak’ khususnya dalam lingkungan kerja. Terdapat 7 nilai yang terkandung dalam ‘Berakhlak, yakni Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif.

Wali Kota menjelaskan bahwa untuk menerapkan nilai-nuilai utama tersebut, ASN juga perlu memperhatikan 4 nilai penting yang secara implisit terkandung dalam perilaku ‘Berakhlak’ tersebut, diantaranya adalah kreatif, inovatif, integritas dan responsif dalam upaya meningkatkan kinerja kita sebagai ASN dan nilai yang pertama yang harus diterapkan adalah kreatif.

“Menghidupkan nilai kreatif itu penting. Karena dalam OPD masing-masing harus ada kreatifitas. Kreatifitas menunjang pekerjaan dan mempermudah pelayanan kita”, jelas Wali Kota.

Selanjutnya, beliau menyebutkan inovatif atau mampu memberikan inovasi. Untuk itu, Pendidikan dan latihan melahirkan inovasi yang harus diimplementasikan”, tambahnya.

“Banyak inovasi yang dilahirkan dari Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklat PIM) I dan II harus direalisasikan dalam kehidupan kita, karena itu adalah hasil cipta kita. Baik melalui pengamatan, peniruan dan modifikasi mau tidak mau itu adalah bagian dari inovasi yang kita hasilkan,”pungkasnya

Wali Kota menegaskan bahwa Pemerintah Kota Ternate memberikan ruang yang seluas-luasnya kepada para inovator untuk dipraktikkan dalam pemerintah Kota Ternate.

“Pemerintah Kota Ternate memberikan ruang dan akses yang seluas luasnya kepada inovator kita, khususnya anak muda kita yang saat ini menjadi bagian dari ASN maupun PTT. Hal ini berguna untuk menghasilkan kinerja optimal dan memperkuat OPD serta memperkuat inovasi baik itu di bidang teknologi, informasi maupun di bidang lainnya,” jelas Wali Kota.

Selanjutnya dalam poin responsif, Wali Kota mengatakan, ASN dan PTT adalah bagian dari masyarakat Kota Ternate maka dari itu ASN maupun PTT harus cepat tanggap atau responsif.

“Sebagai bagian dari masyarakat, jangan apatis namun cepat tanggap, misalnya ketika melihat sampah yang menumpuk. Segera melapor kepada OPD terkait agar secepatnya bisa diatasi”, imbau Wali Kota.

Lebih jauh dijelaskan Wali Kota tentang Integritas ASN. Wali Kota meminta agar ASN dan PTT Pemerintah Kota Ternate untuk menjaga integritas, karena tanpa disadari integritas menjadi pagar untuk kita baik secara pribadi maupun secara organisasi.

“Nilai paling penting adalah integritas, dengan menjaga integritas kita bisa menolak hal-hal yang justru menjadi ancaman bagi ASN di lingkungan OPD,” kata Wali Kota.

Wali Kota juga menyampaikan tentang kewajiban Pemkot terkait pembayaran Honor PTT dan TTP ASN. Semua hak harus terbayar baik yang menjadi kebutuhan dan kewajiban agar sesegera mungkin dipenuhi.

Dalam kesempatan tersebut pula Wali Kota mengingatkan tentang netralitas ASN jelang pemilihan Presiden yang akan berlangsung beberapa hari lagi.

“Kita akan melaksanakan pemilihan umum, pemilihan umum merupakan puncak dari seluruh proses bagian kontestasi yang sedang berjalan beberapa bulan terakhir,” pungkasnya. (IKP_DISKOMINFO TERNATE)

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...