#

Buka Bimtek Mitigasi Resiko, Wali Kota : Mari Kita Bangun Sistem Pengadaan yang Lebih Baik Untuk Pelayanan Publik yang Prima

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka Bimbingan Teknis (Bimtek) Mitigasi Resiko Atas Tugas dan Kewenangan Pengguna Anggaran (PA), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK), Kelompok Kerja (Pokja) Pemilihan, dan Pejabat Pengadaan dalam Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah. Selasa (21/5/24).

Digelar di Aula Dinas Pendidikan Kota Ternate kegiatan tersebut dirangkaikan juga dengan Pembahasan Sinkronisasi Perubahan Regulasi dan Pengelolaan Keuangan Daerah.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Doleman, M.Si dalam sambutannya mengatakan bahwa Bimbingan Teknis (Bimtek) ini digelar dalam rangka mengimplementasikan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah serta Peraturan LKPP Nomor 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah.

Sesuai dengan peraturan tersebut, Pengadaan barang dan jasa pemerintah merupakan aspek krusial dalam penyelenggaraan pemerintahan yang bersih, transparan, dan akuntabel.

“Pengadaan barang dan jasa harus dilakukan dengan penuh kehati-hatian dan profesionalisme untuk memastikan hasil yang optimal bagi pembangunan dan pelayanan publik. Karena mitigasi risiko dalam pengadaan barang dan jasa menjadi sangat penting untuk meminimalisir potensi masalah yang dapat menghambat jalannya pemerintahan,” ucap Wali Kota.

Sehingga, menurutnya harus ada upaya pencegahan atau meminimalkan melalui program mitigasi risiko, di mana mitigasi risiko (risk mitigation) ini adalah upaya untuk mengurangi kemungkinan terjadinya sebuah risiko yang nanti akan berdampak pada proses pengadaan barang dan jasa.

“Karena peran penting dalam proses pengadaan barang dan jasa, yaitu Pejabat Pembuat Komitmen (PPK), Kuasa Pengguna Anggaran (KPA), dan Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK). Peran-peran ini memiliki tugas dan tanggung jawab yang spesifik dan harus dijalankan dengan penuh integritas,” jelasnya.

Diakhir sambutannya Wali Kota juga berharap agar kita semua dapat lebih memahami tugas dan tanggung jawab masing-masing serta dapat menerapkannya dengan sebaik-baiknya.

“Mari bersama-sama kita bangun sistem pengadaan yang lebih baik, yang mampu menghadirkan pelayanan publik yang prima dan pembangunan yang berkelanjutan,” tutup Wali Kota.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kepala Dinas Pendidikan Kota Ternate Muhlis S. Djumadil, SE, M.Si., Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Kota Ternate Safiah M Nur, SE., Kepala Bagian Organisasi Setda Kota Ternate Wanty Julianty, S.STP., M.Si., dan sejumlah Sekretaris OPD serta diikuti oleh para Kasubag Perencanaan di Lingkup Pemerintah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...