#

Kunjungi Surabaya, Ini Agenda Wali Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM. dan sejumlah Kepala OPD melakukan Kunjungan Kerja (Kunker) ke Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya. Jum’at (2/2/24).

Kunjungan kerja dalam rangka pertemuan Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si selaku Wakil Ketua II Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) dengan Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, S.T., M.T. selaku Ketua APEKSI.

Pertemuan di lakukan di Balai Kota Surabaya dan membahas pertemuan itu membahas berbagai hal yang berkaitan dengan program kerja APEKSI serta berbagai masalah perkotaan termasuk pengelolaan sampah.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan bahwa giat hari ini adalah tindak lanjut dari rapat koordinasi APEKSI di awal tahun 2024 dan semangat dari program kerja APEKSI 2024.

“Kita ingin kota Ternate memiliki big data yg akurat seperti yg telah ada dan dilaksanakan di kota Surabaya. Surabaya menjadi best practice bagi kota-kota di Indonesia. Maka dari itu kita juga ingin berbagi pengalaman dan berdiskusi tentang pengelolaan sampah serta manajemen talent kepegawaian di Kota Surabaya,” ujar Wali Kota Ternate.

Sementara itu, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi, S.T., M.T. dalam sambutannya menegaskan bahwa keberhasilan satu kota di Indonesia adalah keberhasilan APEKSI secara keseluruhan.

“Saya ingin, APEKSI menjadi bermanfaat dalam pengembangan seluruh kota di Indonesia. Untuk itu, seluruh Kota di Indonesia akan terus berkoordinasi dan berkolaborasi dalam pengembangan kota dan pelayanan masyarakat di seluruh kota di Indonesia.

Dalam kesempatan tersebut, beliau juga menyampaikan bahwa seluruh pelayanan di Kota Surabaya sudah menggunakan digitalisasi.

“Saya bisa mengontrol secara mudah dan akurat seluruh proses pelayanan dan pembangunan di Kota Surabaya lewat e-Government, dengan kontrol secara digital, saya mendapat informasi yg tepat terkait kinerja OPD mulai dari perencanaan, pelaksanaan hingga evaluasi dan pelaporan,” jelasnya.

Wali Kota Surabaya juga mengapresiasi Pemerintah Kota Ternate yang berkesempatan hadir untuk berbagi pengalaman dan praktek pemerintahan dalam pembangunan dan pelayanan di Kota Surabaya.

Dalam kesempatan rapat koordinasi tersebut beliau memaparkan proses digitaliasi baik dalam proses pengelolaan keuangan, manajemen talent pool asn, sistem merit, perizinan dan pelayanan publik di Kota Surabaya.

“Semangat digitaliasi menjadi catatan penting bagi Pemerintah Kota Ternate untuk dapat di aplikasikan sebagai wadah untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas kinerja Pemerintah Kota dalam pelaksanaan tugas pemerintahan dan pelayanan masyarakat,” ungkap Wali Kota Surabaya.

Selain Big Data, pada kunjungan kali ini diperkenalkan juga tentang Command Center di ruang kerja Wali Kota Surabaya untuk pemantuan kondisi perkotaan.

Wali Kota Surabaya berharap kunjungan tersebut mampu memperkuat kinerja Pemerintah Kota lewat program-program APEKSI serta pengaplikasian Big Data tentang pengelolaan Pemerintahan berbasis Smart Goverment dan Smart Environment. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Menyambut HUT Ke-79 RI, Pemkot Ternate Bagikan Bendera Merah Putih dalam Gerakan Nasional Pembagian 10 Juta Bendera Merah Putih

PEMKOT TERNATE - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia ...

#

Proper "SI BATAGI", Pengoptimalan PAD Dengan Pemberdayaan Jukir Liar

PEMKOT TERNATE - Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Ternate, Mochtar Hasyim, S.Pi., ...

#

Konsolidasi Organisasi Roadshow Penasehat dan Pemberian Bantuan Pendidikan

PEMKOT TERNATE – Penasehat Dharma Wanita Persatuan (DWP) Kota Ternate Ny. Marliza M. Tau ...

#

Lantik Pengurus Kota Purna PPI Ternate, Wali Kota : Semoga Bisa Menjadi Mitra Strategis Pemerintah

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate, Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si membuka dengan resmi Rapat ...