#

Launching PANDARA-TERNATE, Wali Kota: Insha Allah di Hari Jadi Ternate Akan Ada Pameran Inovasi ASN

PEMKOT TERNATE - Wali kota Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melaunching Aksi Perubahan Pangkalan Data Digital Riset dan Inovasi atau “PANDARA-TERNATE” di Aula Nuku, Universitas Khairun, Kelurahan Gambesi. Kamis (1/8/24).

Aksi Perubahan PANDARA-TERNATE digagas oleh reformer Lasmiyati, S.Si., ME sebagai peserta Pelatihan Kepemimpinan Administrator (PKA) Angkatan X Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) Provinsi Maluku tahun 2024.

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Rektor Universitas Khairun Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum dan para Dekan, Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Ternate Harim Arrosid, S.ST, M.Si., Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Ternate Abdullah Hi Muhammad Saleh, S.STP., M.Si dan Plt. Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Mohd. Taufik Djauhar, SE., M.Si.

Rektor Universitas Khairun Dr. M. Ridha Ajam, M.Hum dalam sambutannya mengatakan, saat ini sudah banyak sekali penelitian maupun karya-karya ilmiah Universitas Khairun yang berkaitan dengan Ternate.

“Saya berterima kasih betul dengan sistem yang dibangun dengan sistem digitalisasi ini, kita berharap semua informasi tentang hasil inovasi dan penelitian kita, bisa terdokumentasi dan bisa ditelusuri juga ditindaklanjuti untuk kepentingan-kepentingan kebijakan.” tutur Rektor Unkhair.

Lebih lanjut beliau mengungkapkan bahwa mereka melibatkan sekitar 50 mahasiswa yang punya inovasi dan produk serta berharap agar bisa dicoba untuk diidentifikasi untuk dikembangkan.

Dalam kesempatan yang sama, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan bahwa kemarin (31/7/24) juga telah dilakukan launching aksi perubahan.

“Kebetulan peserta Diklat PIM III administrator yang kami kirim ke provinsi Maluku ada 8 (delapan) orang dan memang dalam beberapa tahun terakhir sejak saya menjadi Wali Kota, kami terus mengirimkan para pejabat terutama eselon II dan eselon III untuk mengikuti pendidikan dan latihan kepemimpinan baik itu tingkat II ataupun administrator,” jelas Wali Kota.

Lanjut beliau mengungkapkan, hal ini terjadi karena memang ke depan nanti ada proses yang disebut dengan talent pool.

“Insya Allah nanti pada pelaksanaan Hari Jadi Ternate yang akan datang, saya minta pada Sekretaris Daerah dan ibu Lasmiyati selaku project leader PANDARA-TERNATE untuk melakukan semacam pameran inovasi khusus para ASN kota Ternate yang pernah mengikuti Diklat PIM, dengan maksud bahwa sudah banyak inovasi yang dilahirkan oleh para ASN kita”, harapnya.

Menurutnya, sejumlah inovasi yang dimunculkan itu adalah inovasi yang memberikan keuntungan langsung pada pembangunan daerah. “Jadi ini menjadi catatan penting, saya berharap ini bisa dilakukan pada pameran yang akan datang dalam rangka Hari Jadi Ternate tahun ini.”

Di akhir sambutannya Wali Kota menambahkan bahwa kelembagaan seperti perguruan tinggi yang ada di kota Ternate akan tetap menjadi mitra strategis pemerintah dalam pembangunan Kota Ternate.

“Selama saya jadi Wali Kota, perguruan tinggi yang ada di kota Ternate baik itu Universitas Khairun, Muhammadiyah dan lainnya akan menjadi mitra bagi pemerintah ke depan. Untuk itu, kita akan memberikan ruang seluas-luasnya kepada perguruan tinggi ini untuk membantu Pemerintah Kota, termasuk dalam rangka untuk memperkuat perencanaan pembangunan yang ada di kota Ternate,” tutupnya.

Usai memberikan sambutan, Wali Kota Ternate didampingi Rektor Unkhair, Sekda Kota Ternate, Kepala Bappelitbangda dan reformer melaunching PANDARA-TERNATE yang ditandai dengan pemukulan gong yang dilanjutkan dengan melihat stand UMKM mahasiswa. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Juara Umum Popda ke XI Tingkat Maluku Utara, Wali Kota Beri Bonus Untuk Para Atlet Kontingen Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si secara resmi menyerahkan bon ...

#

Wali Kota Serahkan Bantuan Warung MAMA

PEMKOT TERNATE - Wali kota Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Kepala Dinas Koperasi da ...

#

Wali Kota Berikan Bantuan Asupan Pangan Untuk Anak Stunting, Kurang Gizi dan Ibu Hamil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus memb ...

#

Wali Kota Tinjau Lokasi Pembangunan Kantor Lurah Torano

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersilaturahmi dengan warga ...