#

DWP Kota Ternate Lakukan Pencanangan dalam Rangka HUT Ke-25 DWP

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-25 Dharma Wanita Persatuan (DWP) tahun 2004, DWP Kota Ternate melakukan pencanangan yang digelar atas kolaborasi dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) dan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora).

Diawali dengan Senam bersama “Senam Sehat Bugar Kemenkes dan Senam Kesehatan Jasmani (SKJ) Kemenpora”, kegiatan tersebut digelar di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Jum’at (18/10/24) yang mengangkat tema “Perempuan Berkarya, Dharma Wanita Bersinergi dalam Membangun Generasi Unggul untuk Indonesia Emas” yang dirangkaikan juga dengan Hari Kesehatan Nasional ke- 60 yang mengangkat tema “Gerak Bersama, Sehat Bersama” serta Pembukaan Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) yang ditandai dengan pemukulan Dolo-Dolo.

Kegiatan tersebut dibuka langsung oleh Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos., ME dan dihadiri oleh Asisten Deputi Olahraga Masyarakat Kemenpora RI, Akbar Mia, M.Si., Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Perwakilan Forkopimda Kota Ternate, Ketua DWP Kota Ternate Ny. Hasmiati Rizal Marsaoly, Asisten, Staf Ahli, para Kepala OPD, serta Camat dan Lurah di Lingkup pemerintah Kota Ternate.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) Kota Ternate dr. Fathiyah Suma, M.Kes sekaligus Ketua Panitia Pelaksana Tarkam Kemenpora, dalam laporannya menyampaikan bahwa tema atau semangat yang digagas adalah dalam rangka penerapan gerakan masyarakat hidup sehat baik di tatanan keluarga, institusi pendidikan, pelayanan kesehatan, satuan kerja perangkat daerah, fasilitas umum serta fasilitas-fasilitas lainnya.

“Kegiatan pencanangan pada hari ini adalah bukti kebersamaan antara sektor kesehatan dengan pemerintah daerah dan semua komponen masyarakat yang terwujud dalam Gerak Bersama Sehat,” ungkap Kadinkes.

Kadinkes menjelaskan bahwa kegiatan yang dirangkaikan dalam rangka hari ulang tahun Ke-25 Dharma Wanita Persatuan dan Kegiatan dari Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate yaitu Berupa kegiatan Kejuaraan Tarkam sementara rangkaian kegiatan untuk momentum Hari kesehatan Nasional dirangkaikan dengan pemeriksaan kesehatan gratis, screening penyakit tidak menular dan penyakit menular, dimulai dari pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan gula darah, Gerakan Doti sehat melalui screening batuk untuk penemuan kasus tuberkulosis di Kota Ternate kemudian diikuti dengan senam bersama OPD dan masyarakat.

Lanjut, adapun sunatan masal di Kecamatan Moti yang akan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 26 Oktober tahun 2024, serta rangkaian Lomba senam SKJ dan senam sehat bugar antar puskesmas se-Kota Ternate bersama Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Ternate. Kemudian lomba hiasan dari Sampah dan merangkai bunga bersama DWP Kota Ternate .

Sementara itu, Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos., ME dalam sambutannya menyampaikan bahwa ini merupakan sebuah kolaborasi yang harus dicontohi oleh OPD-OPD yang lain.

“Peringatan hari ulang tahun ke-25 Dharma Wanita Persatuan ini merupakan momentum penting untuk mengingat kembali perjalanan panjang organisasi ini dalam mendukung pembangunan bangsa, khususnya di bidang pemberdayaan. Perang strategis dalam mendukung tugas suami dan juga berkonstribusi aktif dalam berbagai program sosial kemasyarakatan,” pungkas Pjs.

Menurutnya, pencanangan hari ulang tahun DWP kali ini sangat istimewa karena berkolaborasi dengan pencanangan hari kesehatan nasional ke-60 adalah wujud nyata sinergi antara dua elemen penting dalam kehidupan masyarakat yakni peran perempuan dan kesehatan.

“Kolaborasi ini sejalan dengan upaya kita untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat, baik dari segi pemberdayaan perempuan maupun dari segi kesehatan dengan semangat peringatan Hari Kesehatan Nasional ke- 60 yang bertema Bangkit Indonesiaku, Sehat Negeriku, kita semua diajak untuk bersama-sama mewujudkan masyarakat yang sehat, produktif, dan sejahtera kesehatan adalah kunci utama dalam keberhasilan pembangunan dan Dharma Wanita Persatuan dapat menjadi motor penggerak dalam sosialisasi pentingnya hidup sehat di lingkungan keluarga dan masyarakat,” tegasnya.

Pjs. Wali Kota mengajak seluruh komponen masyarakat untuk mendukung pencanangan hari kesehatan nasional ini dengan penuh semangat karena dengan masyarakat yang sehat Ternate bisa lebih yang lebih maju dan sejahtera, dan berharap agar Dharma Wanita Persatuan dapat terus berkonstribusi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat, baik melalui program-program kesehatan, pendidikan dan pemberdayaan ekonomi.

Di akhir penyampaian arahannya, Pjs, Wali Kota turut mengucapkan selamat ulang tahun ke-25 kepada Dharma Wanita Persatuan serta selamat hari Kesehatan Nasional ke-60 semoga momentum ini menjadi pendorong untuk terus memperjuangkan kesehatan yang merata dan berkualitas.

Usai sambutan, dilakukan juga pengucapan janji Juri dan Wasit, serta pengumuman pemenang Senam Bersama yang dimenangkan oleh DWP UP Sekretariat Daerah (Setda) sebagai Juara I, diikuti oleh DWP UP Dinas PUPR sebagai Juara II dan DWP UP Kecamatan Ternate Selatan sebagai Juara III.

Selanjutnya, diumumkan juga Juara Harapan I, II dan III, yakni DWP UP Dispora, DWP UP Kecamatan Ternate Utara dan DWP UP Dinas Pendidikan. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pjs. Wali Kota Pimpin Rapat Koordinasi Sekaligus Meninjau Progres Pembangunan Huntap Untuk Warga Terdampak Banjir

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab S.Sos, ME., memimpin Rapat Koordinasi ...

#

FGD Penetapan Warisan Geologi Bersama Kementerian ESDM, 19 Situs di Kota Ternate Akan Ditetapkan

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ra ...

#

Pemkot Ternate Akan Gelar FGD Penetapan Warisan Geologi Ternate

PEMKOT TERNATE - Pemerintah Kota Ternate akan menggelar Focus Group Discussion (FGD) dalam ...

#

Pjs. Wali Kota Ternate Sambut Kedatangan Duta Besar Inggris Untuk Indonesia di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Pjs. Wali Kota Ternate Tahmid Wahab, S.Sos, M.E mendampingi Duta Besar In ...