Minggu, 05 April 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
31 Januari 2020 - 14:17:21 - Read: 121

Bunda PAUD Kota Ternate Dikukuhkan

DISKOMSANDI -  Rosdiana Abdurahman yang merupakan istri Wali Kota Ternate dikukuhkan sebagai Bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) Kota Ternate. Pengukuhan tersebut berlangsung di Aula Babullah Kantor Wali Kota Ternate Kamis (30/1/2020). Pengukuhan Bunda PAUD dilakukan oleh Ketua Bunda PAUD Provinsi Maluku Utara Hj. Faoniah Hi. Djauhar Kasuba.

Hadir dalam acara tersebut, Wakil Wali (Wawali) Kota Ternate,  Asisten III Kota Ternate Mohdar Din, Kadis Pendidikan kota Ternate Ibrahim Muhammad, Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate Ruslan Bian, serta tamu undangan lainnya.

Wakil Wali Kota Ternate, Hi. Abdullah Tahir dalam sambutannya menyampaikan bahwa, PAUD Kota Ternate telah resmi memiliki seorang Bunda PAUD, yang mana proses pengukuhanya telah dilakukan. "Atas nama pemerintah saya ucapkan selamat kepada Bunda PAUD," ucap Wawali.

Wawali juga menyampaikan bahwa pendidikan yang terbaik adalah pendidikan yang dilakukan sepanjang waktu. “Sehingga pentingnya pendidikan dalam hidup dan kehidupan manusia telah menjadikannya salah satu kebutuhan pokok manusia, untuk itu kata Wawali bahwa pendidikan haruslah ditanam dan dikembangkan sejak dini,” ujarnya.

Lebih lanjut, orang nomor dua di jajaran Pemkot Ternate itu mengatakan, sudah seharusnya program PAUD  bisa menjadi media bagi anak usia dini untuk dapat belajar melalui bermain dalam kerangka untuk menumbuhkan imajinasi, kreativitas dan menemukan inovasi sesuai dengan minat dan potensi yang dimiliki.

"Dan tidak kalah pentingnya, PAUD menjadi media untuk membentuk prilaku dan kualitas kepribadian dan jati diri anak," ujar Wawali.

Sementara itu, Ketua Bunda PAUD Provinsi Maluku Utara, Hj. Faoniah Hi. Djauhar Kasuba juga menyampaikan bahwa, pendidikan anak usia dini menjadi hal yang sangat mendasar.

Menurutnya, sebelum masuk ketahapan pendidikan pembangunan bangsa memberikan fondasi yang sangat kuat, dan harus dibangun secara bertahap. Agar nantinya menjadi generasi yang beradab. "Ini menjadi tanggung jawab kita bersama, baik masyarakat, pemerintah maupun organisasi mitra dan Bunda PAUD," tuturnya.

Lanjut dia, pengukuhan Bunda PAUD Kota Ternate ini nantinya menjadi tanggung jawab moral dan dibuktikan dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan, serta bahu membahu untuk mewujudkan pendidikan usia dini yang jauh lebih baik. "Ini menjadi tanggung jawab semua pihak untuk tumbuh kembangan anak," ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Bunda PAUD Kota Ternate yang baru dikukuhkan, Rosdiana Abdurahman yang mengatakan, dalam pengukuhan Bunda PAUD Kota Ternate sekaligus pelantikan, Pengurus Himpunan Pendidikan dan Tenaga Kependidikan Anak Usia Dini Indonesia (HIMPAUDI) Kota Ternate bahwa masa usia dini adalah periode emas atau Golden Age dalam siklus pertumbuhan dan perkembangan manusia.

Pada periode ini merupakan tahun-tahun berharga yang dilalui seorang anak untuk mengenali dan beradaptasi dengan berbagai macam fakta kehidupan di sekitar lingkungannya. Baginya hal ini merupakan proses mengenal dan beradaptasi, tentunya sangat bermanfaat untuk membantu perkembangan psikologis, kepribadiannya maupun sosialnya.

“Periode emas atau Golden Age ini hanya datang sekali, sehingga apabila terlewatkan maka manfaat-manfaat yang telah disebutkan tidak akan diperoleh oleh anak tersebut. Untuk itu perlu adanya perhatian khusus dari kita semua para orang tuanya untuk mendampingi para anak melewati periode emasnya atau Golden Age tersebut," tuturnya.

Lebih lanjut Bunda PAUD Kota Ternate mengatakan, untuk hal yang menyangkut Pendidikan Anak Usia Dini atau yang lebih di kenal dengan sebutan PAUD, Pemerintah  melalui Pasal 28 Undang-undang dimana PAUD merupakan salah satu pendidikan formal yang penting dan para orang tua haruslah mendukung PAUD sebagai pendidikan utuma yang harus diberikan kepada anak-anaknya. (Tim Redaksi)

 

BERITA LAINNYA