Kamis, 14 November 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
06 November 2019 - 10:11:25 - Read: 375

Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel Sambangi Kota Ternate

DISKOMSANDI - Selasa, 5 November 2019 Dinas Pekebunan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) mengunjungi Dinas Pertanian Kota Ternate  dalam rangka melakukan studi komparatif tentang tanaman rempah, pala dan cengkih.

Selain mengunjungi Dinas Pertanian, rombongan Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel dibawah pimpinan Kepala Bidang, Syarifuddin, juga mengunjungi sejumlah lokasi termasuk kawasan wisata Cengkih Afo atau cengkih tertua di dunia.

Kepala Dinas Pertanian Kota Ternate, Thamrin Marsaoly menyampaikan, kedatangan rombongan Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel ke Ternate dalam rangka studi komparatif tentang tanaman pala dan cengkeh atau tanaman rempah. 

Ternate menjadi tujuan studi karena potensi pengembangan tanaman rempah pala dan cengkeh di Ternate sangat luar biasa, apalagi sejak dulu, Ternate sangat terkenal sebagai daerah rempah sehingga menjadi primadona bangsa-bangsa asing.

Menurutnya, dalam kunjungan ini, ada dua hal penting yang dilaksanakan oleh rombongan Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel, "yang pertama adalah, melihat bibit unggul di Ternate, karena kita di Ternate ini memiliki tiga variates bibit unggul pala, yaitu pala jenis Ternate, Patani dan Makeang, yang sementara lagi dikembangkan pada 11 penangkar benih," kata Thamrin.

Selain itu, rombongan juga akan melihat pengembangan cengkeh di Ternate, khususnya suplyer. "Jadi mereka juga akan mengunjungi gudang Sampoerna dan gudang Gudang Garam yang ada di Ternate, untuk melihat sejauh mana, karena menurut mereka kedepan, pada sejumlah Kabupaten di Sulsel seperti Pare Pare dan Luwuk, rencananya akan dikembangkan secara massal untuk cengkeh,"sebut Thamrin.

Selain unsur Pemerintah, Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel juga menggandeng sejumlah petani andalan dan fasilitator yang mendampingi pengembangan industri pertanian dan perkebunan di Sulsel, "selama ini pengembangan industri pertanian di Sulawesi Selatan luar biasa, artinya bahwa kita bersyukur Ternate itu dipilih karena memang dalam sejarah pala dan cengkeh tidak bisa menandinginya," ujarnya.

Thamrin berharap, kedatangan rombongan Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel dalam rangka mengembangkan beberapa varietas bibit unggul Ternate, dapat dimanfaatkan, "mereka juga rencananya akan mengambil beberapa varietas unggul disini untuk dibawa kesana," tukasnya.

"Mereka juga berencana mengembangkan melalui pengusaha, misalnya harganya cukup, mereka juga akan berinvestasi lewat Dinas Perkebunan," terang Thamrin. 

Selain itu, rombomgan juga dijadwalkan akan mengunjungi cengkeh tertua (cengkeh Afo) untuk melihat sejauh mana, total produksi dan lain sebagainya. "Selanjutnya mereka akan laksanakan tripnya kesana, kunjungan on location spotnya masing masing," pungkasnya.

Rombongan Dinas Perkebunan Pemprov Sulsel juga akan meninjau penangkar di Moya dan Marikurubu.

Selain itu, rombongan juga akan meninjau spot gudang yang penampung untuk melihat model produksi di Maluku Utara. (TR_diskomsanditernate)

 

BERITA LAINNYA