Kamis, 14 November 2019
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
03 November 2019 - 17:03:06 - Read: 279

Festival Pulau Hiri 2019 Resmi Ditutup

DISKOMSANDI - Wakil Wali Kota Ternate H. Abdullah Tahir, SH, secara resmi menutup event Festival Pulau Hiri 2019 pada hari Sabtu, 2 November 2019.  Acara penutupan digelar di panggung utama pergelaran Festival Pulau Hiri 2019 Pantai Togolobe Pulau Hiri. Turut hadir pada pelaksanaan acara Penutupan Festival Pulau Hiri , Anggota DPD RI yang juga Sultan Tidore Yang Mulia Husain Sjah, Forkopimda Kota Ternate, Para Pimpinan OPD di lingkungan Pemerintah Kota Ternate, Camat Pulau Hiri, para lurah dan warga masyarakat Kecamatan Pulau Hiri serta tamu undangan lainnya.

Ketua panitia Festival Pulau Hiri 2019 Syahroni Hirto dalam sambutannya mennyampaikan, Festival Pulau Hiri tahun 2019  ini, mengangkat tema "Hiri Ternate Ma Jati Diri" merupakan kebanggan oleh masyarakat pulau Hiri. Ketua Panitia juga menyampaikan atas nama panitia dan seluruh masyarakat Hiri, memberikan apresiasi, penghargaan dan ucapan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah turt berpartisipasi sehingga pelaksanaan Festival Pulau Hiri 2019  berlangsung aman, lancar, sukses dan meriah.

Dia juga menyampaikan permohonan maaf, jika selama pelaksanaan Festival Pulau Hiri 2019, terdapat kekeliruan,, kekhilafan atau hal-hal yang kurang berkenaan dan berharap hal ini dapat menjadi pengalaman dan pembelajaran untuk pelaksanaan Festival Pulau Hiri ditahun-tahun yang akan datang.

Sementara itu, Sultan Tidore Husain Sjah dalam sambutannya menyampaikan ajakan untuk menjadikan Hiri sebagai sebuah kebanggaan dan membanggakan, karena pulau Hiri merupakan negeri yang terhormat, pulau bersejarah yang banyak berkontribusi terhadap NKRI. Sultan Tidore juga menambahkan, Festival Pulau Pulau Hiri jika dikemas dan dikembangkan secara baik dan bersinergi, maka akan memberikan hasil yang baik. Untuk Itu, Sultan Tidore berharap agar nantinya respon  pemerintah haruslah lebih tinggi atas kreatifitas dari anak muda Hiri yang tetap menjaga budaya dan adat seatorang.

Selanjutnya, Wakil Wali Kota Ternate, H. Abdullah Tahir, SH saat menyampaikan sambutannya menyatakan, sektor pariwisata merupakan salah satu perioritas di Kota Ternate. Oleh karena itu pemerintah selalu memberikan dukungan terhadap setiap kegiatan yang dapat memberi kontribusi bagi kemajuan sektor pariwisata.

Penyelenggaraan Festival Pulau pulau Hiri yang telah dilaksanakan menjadi momentum untuk menghidupkan kembali berbagai kearifan loka, karena saat ini kerifan lokal itu mulai ditinggalkan warga di daerah ini.  Festival Pulau Hiri merupakan suatu event kegiatan yang memliki nilai yang begitu strateis dalam mempromosikan potensi-potensi wisata yang ada di Pulau Hiri. Dengan begitu, daya tarik kunjungan wisatawan akan meningkat ke Pulau Hiri sehingga dapat berdampak pada meningkatnya kesejahteraan masyarakat pulau Hiri.

saat ini Pemerintah Kota Ternate sedang memberikan perhatian pada sektor pariwisata, karena ini adalah masa depan Kota Ternate pada umumnya untuk kemajuan pariwisata regional ke tingkat nasional.

Terkait dengan visi dan misi mewujudkan Kota Ternate sebagai kota terdepan dalam mempertahankan adat istiadat dan budaya dalam filosofi orang Ternate dikenal dengan “Adat se Atorang”, yang bertujuan untuk mendorong kepariwisataan, Wakil Wali Kota mengingatkan agar kemajemukan budaya yang ada pada masyarakat Pulau Hiri dapat menjadi kekuatan dalam pengembangan kepariwisataan di daerah. Pemerintah Kota Ternate bersama stakeholder terkait selalu melakukan evaluasi pelaksanaan event setiap tahun untuk mengembangkan Festival Pulau ini sehingga dapat memiliki dampak bagi pengembangan kepariwisataan di daerah.

Festival Pulau Hiri yang telah dilaksanakan ini, bukan sekedar seremonial dan silaturahmi saja, tetapi harus memberikan dampak bagi masyarakat. Oleh karena itu, dengan potensi yang luar biasa di Pulau Hiri, Wakil Wali Kota berharap kedepannya Festival Pulau ini akan kemas lebih baik lagi sehingga bisa meningkatkan daya tarik wisatawan yang pada akhirnya berdampak pada kesejahteraan masyarakat yang ada di Pulau Hiri.

Tidak lupa, Pemerintah Kota Ternate, memberikan apresiasi dan penghargaan kepada Panitia yang sukses menggelar kegiatan ini, dengan harapan kedepan Hiri bisa menjadi Kecamatan yang terkenal diseluruh Nusantara dan juga dunia. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA