#

Kecamatan Ternate Utara Sosialisasikan Eco Office Melalui EkoCamtara

DISKOMSANDI – Kecamatan Terate Utara mensosialisasikanEco Office dan mencanangkan Eko Camtara “Kantor BerbudayaLingkungan”. Program Eko Camtara merupakan bentuk dariEco-Office yakni salah satu upaya yang efektif untukmewujudkan kantor yang ramah lingkungan dengan terciptanyalingkungan kantor yang bersih dan nyaman.

Eko Camtara digagas oleh Camat Ternate Utara Zulkifli, SE, MSi yang merupakan pengembangan program Gemma Camtara(Gerakan Menabung dan Memanen Air Hujan KecamatanTernate Utara) yakni program konservasi air tanah sebagaisumber baku air bersih.

Sosialisasi dan Pencanangan tersebut digelar di Aula Kantor Kecamatan Ternate Utara Kelurahan Dufa-Dufa yang dihadirioleh Kepala Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion (P3E)Sulawesi dan Maluku Dr. Ir. Darhamsyah, M.Si., AsistenPembangunan dan Perekonomian Masyarakat Setda Kota Ternate Drs. Mahdi Nurdin, ME yang hadir mewakili Wali Kota Ternate, beberapa stake holder mitra program Gemma Camtara, serta Seluruh Lurah di Lingkup Kecamatan Ternate Utara. Jum’at (29/10/21).

Asisten Pembangunan dan Perekonomian Masyarakat SetdaKota Ternate Drs. Mahdi Nurdin, ME dalam sambutannyamengatakan berbicara mengenai lingkungan tidak terlepas daritujuan untuk menciptakan sebuah ruang yang nyaman, bersih, asri dan lestari.

“Hal ini tentunya tidak terlepas dari bagaimana ruang tersebutdapat mempengaruhi kita dari aktifitas kehidupan kita sehari-hari, begitu pula yang sudah seharusnya berlaku pada lingkungan kerja kita. Dengan lingkungan kerja yang berbasisramah lingkungan, suasananya nyaman, bersih, asri dan lestaridapat mempengaruhi kinerja kita yang lebih efektif dan efisien,” ucapnya

“Maka dari itulah, kantor berbudaya lingkungan atau eco office ini sudah seharusnya ada pada setiap instutusi pelayanan publik, sehingga efektifitas dan efisiensi kerja dapat tercipta dan memberikan rasa nyaman bagi setiap masyarakat yang sedangmenggunakan fasitas pelayanan publik tersebut. Hal ini tentunyamemberikan dampak positif akan penilaian pelayanan publiktersebut dimata masyarakat,” tambahnya

Setelah menyampaikan sambutan, Drs. Mahdi Nurdin, MEmengukuhkan Gugus Tugas Pelaksana Program Eko Camtarasekaligus mencanangkan dimulainya pelaksanaan program EkoCamtara.

Camat Kota Ternate Utara Zulkifli, SE, MSi dalam paparannyamengatakan bahwa program Eko Camtara ini merupakanpengembangan program Gemma Camtara.

“Kantor Camat Kota Ternate Utara sudah berhasil melakukanefisiensi penggunaan air tanah dari air bersih PDAM denganmenggunakan air hujan untuk memenuhi kebutuhan air bersihkantor,” ungkapnya

Lalu, Penggunaan air hujan ini melalui 3 unit InstalasiPemanfaatan Air Hujan (iPAH) dan 1 unit Akuifer BuatanSimpanan Air Hujan (ABSAH) yg telah dimodifikasi. Pemanfaatan air hujan melalui iPAH dan ABSAH ini sekaligussebagai langkah konservasi terhadap air tanah dan mitigasibencana banjir dengan meresapkan kelebihan air hujan yang ditampung ke dalam sumur-sumur resapan yang dibangundiareal kantor camat.

“Selain itu dlm rangka konservasi air tanah, kantor camat juga sudah membangun tangki septik ramah lingkungan dimanalimbah domestik tidak akan mencemari tanah dan air tanah,” tambahnya

Selanjutnya melalui program Eko Camtara, dilakukan efisiensipenggunaan energi listrik PLN baik secara aktif maupun pasif, dengan biaya ataupun tanpa biaya atau dengan sedikitmenggunakan biaya. Kantor Camat Kota Ternate Utara dalamrangka efisiensi penggunaan energi listrik ini membangun PLTS Atap dengan kapasitas 5 kWp dengan sistem Hybrid (belummemakai baterai),.

Disamping itu juga ada beberapa perlakuan lain dalam efisiensiseperti menggunakan sensor cahaya yang bisa menyalakan ataumematikan lampu penerangan secara otomatis, juga denganmembuat skylight dengan merubah arah bukaan jendela dan menghalangi panas matahari langsung masuk kedalam ruangansehingga ruangan menjadi terang tanpa lampu dan sejuk tanpapendingin udara.

“upaya-upaya efisiensi penggunaan air bersih PDAM dan listrikPLN melalui iPAH, ABSAH dan PLTS Atap itu sebenarnyamerupakan sebagian instrumen untuk "memaksa" kami para aparatur di kantor camat untuk benar-benar merubah perilakudari sikap ketidakpedulian menjadi peduli dan boros menjadihemat, serta selanjutnya membiasakannya dalam aktifitas kantorsehari-hari,”

“Harapannya dalam jangka panjang perubahan perilaku inimenjadi budaya dan dapat diterapkan juga di rumah masing-masing.” pungkasnya

Sejumlah uoaya efisiensi yang telah dilakukan tersebutberdampak langsung pada penurunan pembayaran rekeningPDAM dan PLN yang cukup signifikan. Untuk rekening PDAM kantor camat setiap bulannya hanya membayar biaya bebannyasaja sedangkan untuk rekening listrik PLN terjadi efisiensisedikitnya 30%.

“Upaya-upaya lain yang akan dilakukan melalui program EkoCamtara adalah penghematan kertas dan pengelolaan sampahbaik sampah organik dan anorganik hasil aktifitas kantor,” tutupnya

Setelah Camat Kota Ternate Utara menyampaikan paparannya, selanjutnya Kepala P3E Sulawesi dan MalukuDr.Ir.Darhamsyah, M.Si dalam sambutannya menjelaskanmengenai Eco Office dan manfaatnya.

“Secara sederhana eco office dimaknai sebagai kantorberwawasan lingkungan. Dalam pengertian yang lebih luas, eco office adalah kantor yang bersih, aman dan nyaman, efisiendalam penggunaan sumber daya dan melakukan pengelolaanlimbah dengan baik,” ungkapnya

” Konsep tersebut tidak hanya terlihat secara fisik, tetapi juga terlihat pada perilaku warga atau pegawai di dalam kantor,” tambahnya

Menurutnya, tujuan dari eco office adalah menjadikanpengolahan lingkungan hidup sebagai paradigma, etika dan perilaku kehidupan individu yang berada di dalam kantortermasuk pengunjung (tamu) untuk menjaga terciptanyalingkungan bersih, indah, nyaman serta menyehatkan.

“Tujuannya adalah antara lain menciptakan budaya bersih, budaya hemat sumber daya, dan mencegah pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup,”

“Dalam kesempatan ini saya menyampaikan apresiasi kepadaPemerintah Kota Ternate yang mendukung penerapan eco office dan khusus kepada Camat Kota Ternate Utara bapak Zulkifli dan jajarannya serta gugus tugas pelaksana Eko Camtara yang sudahmemulai di kantornya,” lanjutnya

Beliau berharap program ini tetap terus berlanjut dan bahkandikembangkan ke unit-unit kerja yang lain.

Kegiatan tersebut berlangsung dengan tetap melaksanakanprotocol kesehatan. (Tim Redaksi)

Berita

Berita Lainnya

#

Dampingi Sultan Ternate, Wali Kota Bakar Obor Perayaan Malam Ela-Ela

PEMKOT TERNATE – Perayaan malam Lailatul Qodar di Kota Ternate ditandai dengan dinyalaka ...

#

Wali Kota Salurkan Zakat Bagi Para Pengasuh TPQ se-Kota Ternate

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka merealisasikan Ternate Kota Zakat, Badan Amil Zakat Nasion ...

#

Sampaikan LKPD tahun 2023 ke BPK RI, Sekda: Pemkot Ternate Siap Pertahankan Opini Wajar Tanpa Pengecualian

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM mewakili ...

#

Sebanyak 311 Peserta PPPK Kota Ternate Tandatangani Perjanjian Kerja

PEMKOT TERNATE – Setelah melewati serangkaian seleksi Pegawai Pemerintah dengan Perjanji ...