Kamis, 16 September 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
16 Juni 2021 - 19:32:35 - Read: 208

Menuju Ternate Kota Inklusif, Pemkot Ternate Gelar Pelatihan Bahasa Isyarat

DISKOMSANDI – Demi mewujudkan Program 100 Hari Kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate, Pemerintah Kota Ternate berkolaborasi dengan Kementerian Keuangan Perwakilan Provinsi Maluku Utara, Forum BUMN Maluku Utara, dan KPKNL Ternate menyelenggarakan Pelatihan Bahasa Isyarat Reguler di Kantor KPKNL Ternate, yang dimulai pada hari ini (16/6/21).

Program ini sebagai upaya peningkatan pelayanan publlik bagi kaum rentan dan implementasi Program Andalan Kota Inklusif Bagi Penyandang Disabilitas melalui penguatan akses permodalan dan dukungan fasilitas bagi penyandang disabilitas yang salah satunya dengan program Pelatihan Bahasa Isyarat agar lebih banyak masyarakat Kota Ternate khususnya yang bisa menguasai Bahasa isyarat.

Peserta dari Pelatihan Bahasa Isyarat tersebut merupakan masyarakat Kota Ternate serta para pegawai di Lingkup Pemerintah Kota Ternate. Rencananya, pelatihan ini akan berlangsung seminggu sekali setiap hari Kamis pada jam 10.00 WIT pagi di Ruang Auditorium KPKNL Kota Ternate.

Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Maluku Utara, Bayu Andy Prasetya, S.E,. M.Si mengatakan, kualitas pelayanan publlik merupakan satu hal yang sangat penting bagi seluruh fasilitas pelayanan baik pusat maupun daerah, hal tersebut dikatakan pelayan publlik merupakan etalase yang dapat dilihat oleh masyarakat untuk menilai seberapa baik suatu pemerintahan di selenggarakan.

“Peningkatan kualitas pelayanan publik menjadi sangat penting ketika kita menemukan fakta bahwa kebutuhan dan kondisi sektor pemerintah khususnya di wilayah Maluku Utara. Oleh karena itu, kami mengapresiasi inisiasi Kepala KPKNL Ternate yang telah mendelegasikan pelatihan Bahasa isyarat sektor-sektor pemerintah yang ada di Maluku Utara,” ucap Bayu dalam sambutannya.

“Semoga pelatihan bahasa isyarat ini sukses serta dapat menciptakan pelayanan inklusif kepada selurah sektor pemerintahan. Tidak hanya di KPKNL Ternate tapi juga seluruh instansi di seluruh Maluku Utara,” tambahnya.

Selanjutnya, Ketua Forum BUMN Maluku Utara Arief Mardiyanto dalam sambutannya mengatakan sejak tahun 2017 ketika Wali Kota Ternate masih menjadi Sekretaris Daerah, Forum BUMN Maluku Utara sudah bersama-sama berkolaborasi untuk membangun Kota Ternate.

“Mudah-mudahan kedepan, program yang bapak Wali Kota jalankan kami siap dari Forum BUMN dan Kementerian Keuangan Maluku Utara ini bersama-sama membantu mewujudkan,” ucap Arief dalam sambutannya.

Sementara, Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman dalam sambutannya mengatakan,“Kegiatan pelatihan Bahasa isyarat ini dalam rangka untuk bersama-sama berkolaborasi mendukung kegiatan 100 hari kerja kami yang sudah berjalan sejak 26 April 2021. Ada lima kegiatan yang dijadikan sebagai pemantik pelaksanaan kegiatan 100 hari kerja Wali Kota dan Wakil Wali Kota Ternate yakni penanganan covid-19, penanganan sampah perkotaan, pemulihan ekonomi, penanganan air bersih bagi warga kota, serta mewujudkan kota inklusif bagi penyandang disabilitas," jelas Wali Kota.

Lanjut Wali Kota,“Saya ingin teman-teman kita ini harus punya kesamaan terkait mendapat pelayanan. Saya berupaya selama kepemimpinan saya memberikan porsi yang sama kepada teman-teman kita yang disabilitas.” Ucap Wali Kota Ternate.

Pada pembukaan kegiatan tersebut turut hadir Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, MM. kegiatan berlangsung dengan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan menjaga jarak. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA