Rabu, 01 Desember 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
28 Oktober 2021 - 22:02:01 - Read: 64

Sekda Kota Ternate Jadi Inspektur Upacara Peringatan Sumpah Pemuda

DISKOMSANDI - Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME menjadi Inspektur Upacara pada Peringatan Hari Sumpah Pemuda Ke-93 di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Senin (28/10).

Tema Sumpah Pemuda 2021 yang ke-93 kali ini mengambil tema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”. Tema ini diambil untuk menegaskan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam Sumpah Pemuda.

Amanat Menteri Pemuda dan Olahraga Dr. Zainudin Amali M.Si yang dibacakan Sekretaris Daerah Kota Ternate mengatakan, "Bahwa hanya dengan persatuan kita dapat mewujudkan cita-cita bangsa.Tema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh ini sesungguhnya diperuntukan untuk seluruh elemen bangsa, tetapi bagi pemuda menjadi penting karena di tangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa Bangkit dari keterpurukan akibat Pandemi dan melangkah lebih maju untuk menggerakkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia."

Sumpah Pemuda adalah suatu ikrar pemuda-pemudi Indonesia yang mengaku bertumpah darah satu, tanah Indonesia, mengaku berbangsa satu, bangsa Indonesia, dan menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia.
Detik-detik lahirnya Sumpah Pemuda terjadi pada rapat ketiga Kongres Pemuda II. Dirangkum dari laman Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, ikrar Sumpah Pemuda adalah hasil putusan Kerapatan Pemoeda-Pemoedi atau Kongres Pemuda II yang digelar pada 27-28 Oktober 1928.

Kongres tersebut digelar setelah sebelumnya dilaksanakan Kongres Pemuda I mulai tanggal 30 April hingga 2 Mei 1926 di Batavia (Jakarta).

“Untuk itu momentum Hari Sumpah Pemuda yang kita peringati hari ini, harus mampu menjadi perekat Persatuan kita sebagai Bangsa untuk bersama-sama Bangkit melawan pandemic, serta mewujudkan pertumbuhan ekonomi yang kokoh melalui kewirausahaan pemuda,” tegas Sekda.

Upacara tersebut diikuti oleh Forkopimda Kota Ternate, Ketua DWP Kota Ternate Nurjana K. Jusuf Sunya, Sejumlah Kepala OPD, Para ASN, dan Sejumlah Siswa-Siswi SMA di Kota Ternate. Upacara pun digelar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA