Jumat, 02 Oktober 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
21 Desember 2019 - 19:45:32 - Read: 409

Subuh Keliling (Suling) Di Masjid Al-Munawwar

DISKOMSANDI - Program Subuh Keliling (Suling) edisi Sabtu, 21 Desember 2019 kali ini, mengambil tempat di Masjid Al-Munawwar Kelurahan Gamalama Kecamatan Kota Ternate Tengah. Program Suling yang telah berjalan selama 3 tahun ini, merupakan program kerjasama Lintas sektor antara Pemerintah Kota Ternate dan Kantor Kementerian Agama Kota Ternate bersama Instansi vertikal di Kota Ternate baik TNI-POLRI, Bank Indonesia Perwakilan Maluku Utara dan instansi vertikal lainnya. Pada Pelaksanaan Suling di Masjid Al-Munawar ini, dirangkaikan dengan peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke-74 tahun 2020 yang mengambil tema “Umat Rukun Indonesia Maju”

Hadir pada kesempatan Suling ini, Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM, Wakil Wali Kota Ternate H. Abdullah Tahir, SH, Kepala Kantor Agama Kota Ternate, Forkopimda Kota Ternate, Para Pimpinan OPD dilingkungan Pemerintah Kota Ternate serta jamaah Masjid Al-Munawwar.

Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurahman, SH, MM dalam Sambutannya menyampaikan tentang pentingya progam Subuh Keliling ini terutama dalam memakmurkan Masjid yang ada di Kota Ternate. Pengelolaan Masjid yang baik merupakan dasar dalam memakmurkan Masjid, ada beberapa contoh pengelolaan Masjid diluar Kota Ternate terutama di Pulau Jawa yang memiliki program-program menarik yang dapat memikat jamaah untuk datang ke Masjid terutama pada waktu-waktu shalat fardhu, sehingga dapat kita lihat dibeberapa Masjid di Pulau Jawa situasi shalat fardhu lima waktu jamaahnya Nampak seperti shalat jumat yang ramai dan penuh. Kondisi-kondisi seperti inilah yang diharapkan terjadi di kota Ternate, dengan mayoritas penduduk yang beragama Islam tentunya hal ini harus diterapkan di Kota Ternate ini sehingga visi mewujudkan Ternate sebagai kota yang Agamais dapat kita wujudkan. Hal ini pula nantinya dapat berdampak pada program-program kegiatan yang telah lama dilaksanakan salah satu satunya seperti Suling yang diselenggarakan pada hari ini, selain itu nantinya dapat berpengaruh pula pada kegiatan-kegiatan seperti pengajian, pengumpulan zakat dan sadaqah dan lain sebagaimanya.
Wali Kota berharap semangat memakmurkan Masjid ini dapat menjadi semangat bersama seluruh masyarakat Kota Ternate. Sehingga nilai-nilai keislaman di Kota ini dapat terus tumbuh dan berkembang ditengah masyarakat.

Pelaksanaan Subuh Keliling di Masjid Al-Munawwar ini dilanjutkan dengan penyampaian Tausiyah oleh Dr. Kasman H. Ahmad, yang mana pada Tausiyah kali ini menyampaikan tentang betapa pentingnya peran orang tua dan keluarga dalam mendampingi generasi muda sehingga tidak terjerumus pada hal negative yang merugikan. Pada era industry digital 4.0 saat ini, seluruh informasi dapat terakses dengan sangat mudah baik oleh orang tua maupun anak-anak. Dari sini peran orang tua dan keluarga harus aktif dalam memantau setiap aktifitas anak-anak terutama dalam menggunakan media teknologi digital, sehingga dapat meminimalisir kemungkinan anak-anak tersebut mengakses konten-konten negative maupun informasi-informasi sesat yang tersebar di dunia maya tersebut. (TR_diskomsanditernate)

BERITA LAINNYA