Minggu, 05 April 2020
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
26 Februari 2020 - 15:19:26 - Read: 249

Wakil Wali Kota Hadiri Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Ternate di Kelurahan Bula Kecamatan Ternate Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate Disambut Upacara Adat Joko Kaha

DISKOMSANDI - Penilaian Lomba 10 Program PKK tingkat Kota Ternate, di Kelurahan Bula Kecamatan Kota Ternate Barat, dilaksanakan pada hari Rabu 26/02/20. Penilaian Lomba 10 Program Pokok PKK Tingkat Kota Ternate Tahun 2020, di Kelurahan Bula ini mewakili Kecamatan Kota Ternate Barat adalah kelurahan keempat yang dinilai.

Wakil Wali Kota Ternate, H. Abdullah Tahir SH, dalam sambutannya mengatakan, "Sebagaimana yang kita ketahui bersama, lomba 10 Program PKK ini merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan disetiap daerah termasuk kita di Kota Ternate ini. Kegiatan lomba seperti ini merupakan kegiatan yang memiliki nilai positif yang sangat besar. Melalui Perlombaan 10 Program PKK ini, dapat membangkitkan semangat kader-kader PKK di kelurahan sehingga dengan begitu dapat membangkitkan pula semangat Kelurahan untuk menggali seluruh potensi yang dimilikinya. Disamping itu pula, kegiatan seperti ini dapat memicu semangat gotong royong seluruh elemen kelurhan, baik pemuda dan juga pamong kelurahan untuk bersama-sama menyukseskan dan memberikan yang terbaik untuk lomba 10 program tersebut," ucap Wakil Wali Kota.

"Untuk itu saya atas nama pribadi dan Pemerintah Kota Ternate, memberikan dukungan yang sepenuhnya dalam penyelenggaraan lomba 10 Program PKK tingkat Kota Ternate. Semoga melalui momentum lomba 10 Program PKK ini, geliat untuk membangun kelurahan yang lebih maju dan berkembang dapat terus tumbuh di seluruh masyarakat Kota Ternate," ujarnya.

Pada akhir sambutan dikatakan, "Pada kesempatan yang berbahagia ini, saya berharap agar pelaksanaan lomba dapat dilakukan dengan sebaik-baiknya. Berikan yang terbaik sehingga dapat memperoleh yang terbaik dan maksimal. Yakinlah pada tim penilai bahwa Kelurahan Bula merupakan kelurahan yang terbaik, yang siap mewakili Kota Ternate dalam Lomba 10 Program PKK di tingkat Provinsi nanti," kata Wakil Wali Kota.

Sementara itu, Ketua Tim Penggerak PKK kota Ternate, Rosdiana B. Abdurahman dalam sambutannya mengatakan, "Kami sangat menghargai kesiapan peserta lomba, karena sepanjang pengamatan kami pada saat melaksanakan pembinaan, terdapat motivasi dan kemajuan yang baik pada tiap kelurahan peserta lomba pelaksanaan pembinaan tahap ke 2. Hal seperti inilah yang sesungguhnya sangat diharapkan oleh TP PKK Kota Ternate dan menjadi tujuan dari pada saat dilaksanakannya pembinaan tahap 1 dan 2, supaya setiap Kelurahan dapat berkembang bersamaan dalam persiapan penilaian," jelasnya.

Menurutnya, Lomba 10 Program Pokok PKK pada hakekatnya merupakan suatu usaha untuk mendorong pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga, melalui upaya penataan, perbaikan dan peningkatan serta realisasi dari pelaksanaan pencapaian tujuan organisasi PKK dalam komitmennya terhadap masyarakat.

"Melalui lomba yang dilaksanakan setiap tahun ini diharapkan akan menjadi momentum bagi pengurus TP. PKK untuk melakukan penyempurnaan dan evaluasi sejauh mana program-program yang sudah dikelola dapat menyentuh kepentingan kesejahteraan rakyat. Selain itu, Lomba 10 Program Pokok PKK ini tidak hanya menilai, tetapi pelaksanaan 10 juga ingin melihat secara langsung implementasi dari program pokok PKK di Kota Ternate terutama yang ada di kelurahan, serta melihat kondisi faktual, kendala serta potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh kelurahan yang layak ditindaklanjuti nantinya sebagai model pemberdayaan keluarga yang berhasil," urai Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate.

Untuk melakukan penilaian terhadap 10 Program Pokok PKK di Tingkat Kota Ternate tahun ini, perlu kami sampaikan bahwa Penilaian ini tetap mengacu pada indikator penilaian seperti tahun-tahun sebelumnya. Selanjutnya Tim Penggerak PKK Kota Ternate pada kesempatan ini menurunkan Tim Penilai yang akan melakukan penilaian dengan berpedoman pada sasaran dan indikator penilaian lomba yang meliputi, Sekretariat (Tertib Administrasi PKK), Pokja I (Pola asuh anak dan remaja), Pokja Il (Kelompok UP2K-PKK), Pokja III (Pemanfaatan Pekarangan/Hatinya PKK), Pokja IV (Pemanfaatan hasil Toga, Posyandu Terbaik dan Kader Posyandu Terbaik).

Hasil penilaian lomba 10 program PKK Tingkat Kota Ternate Tahun 2020 ini, tentunya diharapkan akan menghasilkan kelurahan yang terbaik dan memiliki komitmen yang tinggi dalam melaksanakan dan mewujudnyatakan 10 Program Pokok PKK Karena kelurahan yang menang dalam hal ini Tim Penggerak PKK-nya akan mewakili Kota Ternate pada lomba di Tingkat Provinsi Maluku Utara.

"Untuk kelurahan yang menang di tingkat Kota harus mempersiapkan laporan tertulis dan data administrasi pendukung secara berjenjang mulai dari PKK Kelurahan, PKK Kecamatan hingga PKK Kota Ternate yang harus disampaikan ke Provinsi sebelum Tim Provinsi turun menilai. Tapi kami percaya bahwa TP PKK Kelurahan mau bekerja keras dan mampu menindaklanjuti persyaratan tersebut," tambahnya.

Dalam lomba kali ini kami juga sangat mengedepankan penilaian terkait dengan kreatifitas, inovasi, gagasan atau ide baru yang telah coba digagas oleh TP PKK Kelurahan, yang diharapkan secara signifikan dapat mendukung perubahan dan tingkat kemajuan yang membawa dampak positif dalam upaya meningkatkan kesejahteraan dan ketahanan keluarga.

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate  berharap kepada semua anggota Tim Penilai, dapat menjunjung tinggi objektivitas dalam melakukan penilaian dengan menjalankan semua prinsip penilaian tersebut, "Saya yakin kita bisa menghasilkan juara yang benar-benar layak mewakili Kota Ternate di tahun ini. Kepada segenap warga masyarakat terutama Tim Penggerak PKK Kelurahan Bula, saya mengucapkan terima kasih atas segala upaya dan jerih payah yang telah dilakukan untuk berpartisipasi dalam penilaian Lomba 10 Program PKK kali ini mendapatkan pencapaian hasil yang baik," tandasnya.

Sebelumnya, Upacara Joko Kaha dilakukan oleh warga setempat, saat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Ternate, Rosdiana B. Abdurahman tiba di lokasi acara.

Dalam acara tersebut hadir, Camat Ternate Barat, para anggota Forkompimcam Ternate Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan Ternate Barat dan jajarannya, Lurah Bula beserta para Lurah Se-Kecamatan Ternate Barat, Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan Bula dan jajarannya, Para Ketua Tim Penggerak PKK Kelurahan se-Kecamatan Ternate
Barat, para Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan Tokoh Pemuda. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA