Kamis, 16 September 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
01 September 2021 - 21:15:52 - Read: 118

Wali Kota Ternate dan BNNP Malut Meresmikan Dufa-Dufa Sebagai Kelurahan Bersinar

DISKOMSANDI - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Kepala BNN (Badan Narkotika Nasional) Provinsi Maluku Utara Kombes Pol. Wisnu Handoko S. I. K. M. M. meresmikan Kota Tanggap Ancaman Narkoba (KOTAN) di Kota Ternate sekaligus menjadikan Kelurahan Dufa-Dufa sebagai Desa/Kelurahan Bersinar.

Kelurahan Dufa-Dufa yang terletak di Kecamatan Ternate Utara menjadi Kelurahan pertama yang yang dinobatkan sebagai Kelurahan Bersinar (Bersih Narkoba) di Kota Ternate.

Kelurahan Dufa-Dufa memiliki kriteria dimana terdapat pelaksanaan program Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara massif, yakni Sesuai dengan arahan Kepala BNNP Pusat untuk membuat komunitas-komunitas penggiat anti narkoba di tingkat desa/Kelurahan. BNNP Malut telah meresmikan intervensi berbasis masyarakat di Kelurahan Dufa-Dufa yang mana perangkat di sana adalah Lurah dan beberapa penggiat anti narkoba yang nantinya akan diberi pelatihan untuk menangani korban penyalahgunaan narkoba yang ringan.

Pada kegiatan tersebut, BNNP Maluku Utara juga memberi Bimbingan Lifeskill Bagi Masyarakat Kawasan Rawan Narkoba di Wilayah Perkotaan di Kota Ternate yang dilaksanakan di Aula BPN (Balai Pertemuan Nelayan) di Kantor Dinas Kelautan dan Perikanan Kota Ternate Kelurahan Dufa-Dufa (1/9/21).

Kegiatan tersebut dihadiri juga oleh Kapolres Kota Ternate AKBP Aditya Laksimada, S.I.K., Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Kota Ternate Ruslan Bian, SP, MSi., dan sejumlah Camat di Lingkup Pemerintahan Kota Ternate.

Wali Kota Ternate mengatakan bahwa KOTAN merupakan bagian dari kebijakan bersama antara BNN Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate untuk Kota Tanggap terhadap pencegahan narkoba.

“Kita berharap mudah-mudahan dengan ditetapkannya Dufa-Dufa sebagai Kelurahan Bersinar itu nanti diteruskan juga untuk Kelurahan yang lain, dan Pemerintah Kota siap untuk membantu BNN Provinsi untuk kita memperbanyak Kelurahan Bersinar yang ada di Kota Ternate,” ucap Wali Kota Ternate.

Menurut Wali Kota, rencananya akan ada Kelurahan lain yang akan dijadikan Kelurahan Bersinar oleh BNNP Maluku Utara.

“Nanti pemetaan dilakukan oleh BNN dulu, baru kita tetapkan di Kelurahan yang ada. Karena biasanya dipakai data potensi narkoba yang terjadi. Tadi kan ada sinyal disampaikan oleh kepala BNN ada sekitar 26 Kelurahan yang disinyalir berpotensi, oleh karena itu, itulah yang akan menjadi sasaran untuk pembentukan Kelurahan Bersinar berikutnya,” jelasnya.

Selanjutnya, Kepala BNNP Maluku Utara dalam sambutannya mengatakan bahwa pemberantasan narkoba harus didukung oleh semua pihak, bukan hanya BNN tapi juga Wali Kota, Forkompimda, tokoh masyarakat, serta seluruh lapisan masyarakat.

“Saya sangat bersyukur dan sangat bangga, tentunya setelah kegiatan ini dilaksanakan, di launching oleh pak Wali Kota. Contohnya Kelurahan Dufa-Dufa nantinya akan diikuti oleh kelurahan yang lain," ucap Kepala BNNP Malut.

“Narkoba merusak generasi bangsa, oleh sebab itulah saya mengajak sekali lagi, bersama-sama menanggulangi peredaran gelap dan penyelundupan narkoba khusunya di Maluku Utara. Dengan harapan Malut Bersinar Kota Ternate Bersinar, dan semuanya bisa Bersinar Bersih Narkoba,” tambahnya.

Camat Ternate Utara Zulkifli, SE., M.Si., dalam wawancara usai peresmian KOTAN mengatakan bahwa untuk mewujudkan Kelurahan Bersinar semua pihak harus bersinergi, bukan hanya pemerintah di kelurahan tapi juga stakeholder termasuk tokoh-tokoh di kelurahan.

“Beberapa tahun kemarin kami membuat kerja sama bersama BNN untuk melakukan sosialisasi di Kelurahan-Kelurahan terkait dengan bagaimana bisa mewujudkan Kelurahan Bersinar ini,” ucap Camat Ternate Utara

“Sosialisasi dilanjutkan dengan pembentukan relawan atau tim-tim atau kelompok kerja untuk mewujudkan Kelurahan Bersinar itu. Tapi masih belum maksimal karna terkendala banyak kendala yang harus disinergikan,” tambahnya.

Usai melakukan kegiatan bersama BNN, Wali Kota Ternate bersama Jajaran menyempatkan diri meninjau pembangunan masjid Jaami' Makaarumalakhlaq yang ada di Kelurahan Dufa-Dufa. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA