#

Wali Kota Ternate : Sultan Baabullah Pantas Jadi Pahlawan Nasional

DISKOMSANDI - Bertempat di Gedung 1 Auditorium 1103 FIB Departemen Sejarah Universitas Indonesia (UI) Jakarta, Kamis 12 Desember 2019 digelar Seminar Nasional Sultan Baabullah Pahlawan Nasional dengan tema “Kepahlawanan Sultan Baabullah Mengusir Portugis Dari Nusantara”. Seminar Nasional tersebut dihadiri Wali Kota Ternate Dr. H. Burhan Abdurrahman, SH, MM, dengan nara sumber dari Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia Prof. Peter B. Carey, Phd, Sejarawan UI Dr. Bondan Kanumoyoso, Kordinator Program Studi Ilmu Sejarah Dr. Didik Prajoko, M.Hum, mewakili Keluarga Besar Kesultanan Ternate Hidayat Syah serta sejumlah tokoh Maluku Utara Dr. Abdul Gafur, Dr. Saiful Ruray dan Dr. Akbar Tanjung.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya menyampaikan, pengusulan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan sudah pernah dilakukan. Seiring waktu berjalan Pemerintah Kota Ternate dan kesultanan Ternate bersama tim Akademis sudah mempersiapkan berbagai persyaratan yang dibutuhkan untuk gelar tokoh sebagai pahlawan nasional. Wali Kota mengatakan bahwa Sultan Baabullah semasa hidupnya telah berhasil mengusir Portugis dari bumi Nusantara, khususnya Ternate, meski ayahnya dibunuh tapi Sultan dengan kebijakannya, menjunjung tinggi perasaan dan toleransi, sehingga ia mampu mengusir Portugis dari Ternate tanpa ada tumpahan darah.

Wali Kota berharap para tim akademis bisa menjadikan hasil seminar sebagai landasan yang sangat kuat untuk menjadikan Sultan Baabullah sebagai pahlawan nasional. Wali Kota menambahkan dengan kerja sama dan kolaborasi kita bersama serta perjuangan selama ini bisa membuahkan hasil sehingga semua masyarakat Ternate bisa ikut bangga dengan Sultan Baabullah sebagai Pahlawan Nasional.

Seminar Nasional kepahlawanan Sultan Baabullah sendiri diinisiasi oleh Pemerintah Kota Ternate dan LSM Keramat yang bekerja sama dengan Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia. (TR_diskomsanditernate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pemkot Ternate Gelar Peringatan Nuzulul Qur’an

PEMKOT TERNATE – Pemerintah Kota Ternate melalui Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kota Te ...

#

Wali Kota Buka Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate 2025

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Sekda Lantik Sejumlah Pejabat Administrasi dan Fungsional

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM melantik dan meng ...

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...