#

Menparekraf Ingin Kawasan Wisata Batu Angus Jadi Destinasi Geopark Nasional

DISKOMINFO SANDI – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Menparekraf RI) Dr. H. Sandiaga Salahuddin Uno, BBA., MBA. melaksanakan kunjungan kerja di Kota Ternate dengan agenda meninjau Kawasan Wisata Geopark Batu Angus untuk mendukung pengembangan Geowisata Batu Angus menjadi bagian dari Taman Bumi atau Geopark Nasional sebagai DTW (Daya Tarik Wisata), Kamis (16/6/22).

Kunjungan Menparekraf RI ke Batu Angus didampingi oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Kepala Bappelitbangda Kota Ternate sekaligus Ketua Pengembang Geopark Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., Kepala Dinas Pariwisata Maluku Utara dan Kota Ternate, Ketua IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia) dan sejumlah Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah Kota Ternate.

"Kawasan Geopark Batu Angus ini harus didukung untuk pengembangan kekuatan pariwisata nasional dengan mengedepankan budaya setempat seperti tarian lokal. Ini harus dilestarikan, termasuk flora dan fauna yang dikembangkan secara inovatif," ucap Sandiaga dalam kunjungannya.

Kemenparekraf telah menerbitkan Peraturan Menteri Nomor 2 Tahun 2020 tentang pedoman teknis pengembangan geopark sebagai destinasi wisata yang kompetitif dan berkelas dunia.

"Kita tidak perlu mengeluarkan biaya besar membangun destinasi wisata, karena sang pencipta hadirkan fenomena alam yang sangat luar biasa, sehingga mendukung aspirasi untuk menjadikan batu angus Ternate sebagai destinasi geopark nasional," ujarnya.

Beliau juga mengatakan bahwa, geopark bukan hanya secarik kertas, melainkan bertujuan untuk melestarikan lingkungan, konservasi , edukasi dan kesejahteraan masyarakat.

“Menurut standar UNESCO, pengembangan geopark wajib mengedepankan konservasi dan edukasi dan mengedepankan prinsip ekonomi setempat dan budaya setempat, termasuk flora dan fauna endemik setempat,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, beliau berharap ada kolaborasi, inovasi, dengan melibatkan dunia usaha karna di Maluku Utara banyak perusahaan tambang dan kiranya bisa membantu membangun pariwisata agar bisa berdampak kepada ekonomi daerah dan memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sekitar. (IKP_Diskominfo Sandi Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Pimpin Apel Se-Kecamatan Ternate Tengah, Wali Kota : ASN Harus Peka Terhadap Lingkungan dan Tingkatkan Kualitas Pelayanan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan Lu ...

#

Usai Cuti Bersama, Pemerintah Kota Ternate Gelar Apel Gabungan Sekaligus Halal Bi Halal

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si memimpin apel gabungan seka ...

#

Wali Kota Buka Festival Ela-Ela di Sango

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...

#

Wali Kota Pimpin Pawai Obor pada Festival Ela-Ela di Dufa-Dufa

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Sekretaris Dae ...