Kamis, 26 Mei 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
14 Maret 2022 - 21:00:35 - Read: 140

Optimalkan Platform Internet, Pemkot Ternate Dorong Transformasi Ekonomi Digital

DISKOMINFO - Balai Besar Pengembangan Sumber Daya Manusia dan Penelitian (BBPSDMP) Kominfo Makassar yang bekerja sama dengan Pemerintah Kota Ternate menggelar Pelatihan Digital Entrepreneurship Academy (DEA) di Kota Ternate. Senin, 14 Maret 2022.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman saat membuka acara tersebut menyampaikan, Perkembangan di era digital ini dapat menjadi salah satu alternatif pengembangan usaha mikro, kecil dan menegah di masa pandemi, seperti pengembangan ekonomi.

“Dalam mendorong potensi kewirausahaan, diperlukan transformasi ekonomi, dengan menggunakan platform internet agar dapat menciptakan peluang pasar yang tinggi,” jelas Wali Kota.

Karena itu lanjut  Wali Kota, pelaku usaha yang sudah memiliki ide, hingga yang sudah punya usaha, segera mengoptimalkan bisnis berbasis digital agar dapat bersaing.

“Pemerintah terus berupaya menyiapkan UMKM yang mampu memanfaatkan teknologi digital agar bisa menjalankan bisnisnya. Karena itu, Pemerintah Kota Ternate berkomitmen mendorong pelaksanaan kegiatan semacam ini agar masyarakat siap untuk bersaing di era digital yang semakin canggih,” ujar Wali Kota.

Wali Kota juga berharap peserta pelatihan bisa melakukan upskilling, khususnya di bidang wirausaha digital dengan penggunaan teknologi informasi dan komunikasi untuk dapat bersaing di era revolusi industri 4.0.

“Semoga kegiatan DEA menjadi salah satu solusi tepat yang dapat membantu pemulihan ekonomi UMKM ditengah pandemi yang telah memberikan banyak pengaruh dan dampak ekonomi pada keberlangsungan hidup UMKM,” harap Wali Kota.

Sementara, Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Kota Ternate, Anas Conoras menjelaskan, kegiatan ini dilakukan dalam empat sesi atau angkatan dan pada angkatan pertama ini diikuti 140 peserta.

“Mudah-mudahan dengan antusias pelaku usaha UMKM sebagaimana harapan Wali Kota Ternate, pelaku usaha dapat mengakses pasar global untuk produk, permodalan dan promosi dalam pemanfaatan platform digital,” ucapnya.

Anas melanjutkan, kegiatan untuk satu angkatan dilaksanakan selama dua hari dan anggaran kegiatan ini bersumber dari APBN 2022.

“Pelaku usaha ini diberikan pelatihan agar dapat beradaptasi, produk bisa dijual melalui marketplace yang ada,” ujar Anas.

Tak hanya itu, pelaksanaan kegiatan tersebut juga disertai dengan penandatanganan kerja sama antara Pemkot Ternate dengan Balai Kominfo Makassar.

“Saat ini Pemerintah Kota Ternate telah menjalin kerja sama dengan Balai Kominfo Makassar. Jadi, kami berharap kedepan pelaksaan kegiatan semacam ini terus dilaksanakan, guna meningkatkan kemampuan pelaku usaha di Kota Ternate khusnya pengelolaan digital,” tutup Anas. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

BERITA LAINNYA