Kamis, 13 Mei 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
23 April 2021 - 13:31:28 - Read: 134

Pemkot Ternate Kembali Raih Penghargaan SAKIP RB AWARD

DISKOMSANDI - Pemerintah Kota Ternate kembali meraih Penghargaan SAKIP RB AWARD dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB).

Penghargaan ini diserahkan langsung Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo dan diterima oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya ME, di Hotel Bidakara Jakarta (22/4).

Menteri PAN-RB Tjahyo Kumolo dalam sambutannya mengatakan, bahwa daerah yang diundang dan mendapat award ini adalah instansi pemerintah baik kementerian, lembaga maupun pemerintahan daerah propinsi, kabupaten dan kota, yang dalam evaluasi serta penilaian Kementerian PAN RB capaian komponen kinerja mulai dari perencanaan, akuntabilitas sektor publik sudah semakin baik dari tahun-tahun sebelumnya.

Sementara, Deputi Bidang Reformasi Birokrasi dan Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan, Agus Uji Hantara, juga menyampaikan capaian keberhasilan yang diperoleh Instansi merupakan komitmen dan kesungguhan Pemerintah Daerah dalam upaya mewujudkan tata kelola pemerintahan sebagaimana Road Map Reformasi Birokrasi 2020-2024 yang saat ini dilakukan.

Menurutnya, peran Sekda sebagai pengendali dan administrator harus mampu melakukan review terhadap manajemen kinerja daerah. Saya mengapresiasi tekad mereka untuk meraih penghargaan ini.

“Saya melihat sebagai motivasi sekaligus komitmen kita untuk terus bekerja secara serius. Karena ini sebagai salah satu indikator dari penilaian Kementerian PAN-RB atas tahapan keberhasilan yang dicapai oleh Kota Ternate. Award ini merupakan sebuah penghargaan yang diraih oleh pemerintah daerah atas sistem akuntabilitas dan reformasi birokrasi," ungkapnya.

Terpisah, Sekda Kota Ternate, Dr. Jusuf Sunya ME, mengatakan bahwa penghargaan ini merupakan prestasi yang harus dipertahankan oleh Pemkot Kota Ternate.

“Alhamdulilah bahwa kota Ternate bisa mempertahankan predikat ini untuk kedua kalinya. Ini merupakan prestasi yang harus terus dipertahankan," ungkap Sekda.

Menurutnya, Ternate adalah satu-satunya daerah di Maluku Utara yang memperoleh award ini khusus pada penerapan sistem akuntabilitas instansi pemerintah.

"Karena itu penghargaan ini merupakan komitmen dan kolaborasi semua OPD yang ada," ujar mantan Kabag Organisasi ini.

Disisi lain, Kota Ternate dinilai berhasil mendorong komitmen serta upaya-upaya nyata dalam peningkatan akuntabilitas atau pertanggungjawaban atas hasil (outcome) terhadap perwujudan tata kelola pemerintahan yang berorientasi hasil (result oriented government).

"Saya melihat sebagai motivasi sekaligus komitmen kita untuk terus bekerja secara serius. Karena ini sebagai salah satu indikator dari penilaian Kementerian PAN-RB atas tahapan keberhasilan yang dicapai oleh Kota Ternate," pungkasnya.

Lebih lanjut, ia berharap kedepannya, selalu menerapkan pola kerja yang lebih baik lagi.

"Mudah-mudahan ini jadi spirit kita kedepan untuk selalu menerapkan pola kerja ikhlas , kerja keras, kerja cerdas, untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik," tandas Sekda. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA