Selasa, 22 Juni 2021
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
05 Juni 2021 - 00:45:56 - Read: 65

Pemkot Ternate Resmi Menandatangani Perjanjian BAKUGASA

DISKOMSANDI – Wali Kota Ternate Dr. M Tauhid Soleman, M.Si menandatangani Perjanjian Kerjasama untuk Gerakan Sadar Netralitas Aparatur Sipil Negara (ASN) atau yang disebut BAKUGASA antara Bawaslu Provinsi Maluku Utara dan Pemerintah Kota Ternate, Jum’at (4/6).

Kerjasama tersebut resmi terjalin setelah penandatanganan Perjanjian Kerjasama atau Memorandum of Understanding (MoU) antara Bawaslu Provinsi Malut dan Pemkot Ternate.
Ketua Bawaslu Maluku Utara Muksin Amrin, SH., MH mengatakan, tujuan dilaksanakannya kerjasama ini sebagai strategi Bawaslu dalam menekan angka pelanggaran netralitas ASN yang kerap menjadi isu strategis kerawanan dalam setiap hajatan politik, utamanya pada Pemilu dan Pilkada serentak tahun 2024.

“Diharapkan lewat kerjasama ini dapat memberi pemahaman pada seluruh elemen ASN tentang pentingnya netralitas. Bahwa ASN wajib bersikap netral dan profesional, bukan hanya dalam momentum politik tapi dalam kesehariannya,” tutur Muksin.
Sementara Walikota Ternate menyambut baik kerjasama ini dan siap memberikan dukungan atas program BAKUGASA ASNetral ini.
“Mudah-mudahan dengan kegiatan ini minimal ini nanti menjadi bukti bahwa ada inovasi yang di buat," ucap Wali Kota Ternate.

Sementara Sekretaris Bawaslu Malut , Drs. Irwan M Saleh, ME mengatakan, bahwa rencananya dalam waktu dekat ini akan dilaksanakan webinar sekaligus deklarasi Netralitas ASN yang melibatkan jajaran ASN dua Pemkot dan Bawaslu se-Provinsi Malut secara daring. Selain itu sejumlah kegiatan lain turut dicanangkan dalam program tersebut, diantaranya pembuatan podcast dengan narasumber kompeten diantaranya Wali Kota Ternate dan Wali Kota Tidore Kepulauan.

“Selain inovatif, metode sosialisasi secara virtual dengan memanfaatkan teknologi informasi saat ini sudah menjadi keniscayaan. Hal itu juga berkaitan dengan upaya memutus mata rantai penyebaran pandemi virus corona (COVID-19) yang sedang melanda termasuk di Indonesia,” ucap Irwan usai penandatanganan kerjasama BAKUGASA.

Oleh karena itu, tambahnya, kedepan diharapkan pola pencegahan pelanggaran netralitas ASN khususnya metode sosialisasi lebih inovatif agar tujuan penanaman dan internalisasi dapat menjangkau seluruh ASN secara masif melalui media komunikasi yang efektif, cepat dan kredibel serta minim biaya.

Acara tersebut dilaksanakan di Aula lantai I Kantor Wali Kota Ternate dan dihadiri juga oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME dan sejumlah Pimpinan OPD di Lingkup Pemerintah Kota Ternate. (Tim Redaksi)

BERITA LAINNYA