Jumat, 12 Agustus 2022
 
Pemerintah Kota Ternate
Informasi terbaru seputar pemerintahan Kota Ternate
05 Juli 2022 - 18:41:42 - Read: 68

Peringati HARGANAS, Pemerintah Minta Semua Pihak Perangi Stunting

DISKOMINFO SANDI - Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (HARGANAS), Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid menghadiri acara Hari Keluarga Nasional Ke-29 Tahun 2022.

Harganas tahun ini mengangkat tema nasional Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting “Mensinergikan Gerak dan Langkah Keluarga Indonesia Mencegah Stunting”.

Acara digelar di Aula Kantor Wali Kota Ternate dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Jusuf Sunya, ME., Forkopimda Kota Ternate, Ketua Organisasi Wanita, Para Asisten, Staf Ahli, serta Sejumlah Kepala OPD. Selasa (5/7/22).

Wali Kota Ternate dalam sambutannya mengatakan terjadinya stunting tidak hanya disebabkan dari aspek kesehatan saja, tetapi juga terkait dengan kondisi ekonomi perilaku masyarakat, budaya dan kondisi lingkungan masyarakat yang dapat dianalogikan apabila masyarakat Sejahtera secara ekonomi maka kebutuhan gizi keluarga terpenuhi.

“Sebagaimana diketahui bersama masalah stunting di Kota Ternate masih perlu mendapatkan perhatian, hal ini juga tidak lepas dari situasi pandemi covid 19 lalu, sehingga menyebabkan masyarakat kurang maksimal melaksanakan kegiatan Posyandu untuk memantau status gizi dan perkembangan anak,” ucap Wali Kota Ternate.

Wali Kota juga mengatakan bahwa, 1000 hari pertama kehidupan adalah periode yang sensitif bagi kehidupan seorang anak, sebab dampak dari pembunuhan gizi dan nutrisi lain yang tidak terpenuhi akan bersifat permanen dan tidak dapat diperbaiki. Oleh karena itu diperlukan perhatian khusus atas pemenuhan Gizi agar utamanya pada periode tersebut.

“Momentum harganas selalu digunakan sebagai ajang sosialisasi dan optimalisasi fungsi keluarga dan pentingnya arti keluarga terhadap upaya memperkuat ketahanan nasional, sebagai institusi terkecil dalam masyarakat keluarga menjadi dasar penting awal pembangunan karakter bangsa,” tambahnya.

Di akhir sambutannya, Wali Kota mengucapkan terima kasih kepada BKKBN Republik Indonesia, perangkat pemerintah provinsi dan segenap elemen membantu kepentingan atas kerjasama dan dukungannya dalam upaya penanggulangan dan pencegahan stunting.

Pada acara tersebut, Wali Kota juga meluncurkan Klinik KB Andalan DPPKB Kota Ternate. (IKP_Diskominfo Ternate)

BERITA LAINNYA