#

Rakernas XV APEKSI Dukung Pemulihan Ekonomi Daerah

PEMKOT TERNATE - Rakernas XV Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) digelar di Kota Padang Provinsi Sumatra Barat 7-10 Agustus 2022 dan dihadiri oleh 98 Wali Kota se-Indonesia.

Rakernas XV Apeksi tersebut dirangkaikan dengan berbagai acara diantaranya Welcome Dinner, Youth City Changer (YCC), Indonesia City Expo (ICE), City Tour, Penanaman Pohon Kebun Buah Durian APEKSI, Peresmian Tugu APEKSI, Ladies Program, Gowes , Lomba Marandang & Teh Talua, Pawai Budaya, Seminar Nasional Dinas Lingkungan Hidup, hingga Bersih-Bersih Pantai.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid menghadiri welcome Dinner yang digelar di Hotel Truntum Padang, Minggu (7/8/22). Pada acara tersebut Wali Kota juga bertukar cendera mata dengan para Wali Kota yang hadir.

Pada rangkaian Rakernas tersebut, Wali Kota bersama Ketua TP PKK juga didampingi Kepala Bappelitbangda Rizal Marsaoly serta beberapa Kepala Dinas terkait mempromosikan Kota Rempah pada 5 ribu peserta Rakernas Apeksi dengan membuka stand untuk memarkan beberapa olahan makanan dan minuman rempah khas Ternate. Seperti sirup pala, kopi rempah dan aneka maknan ringan khas Ternate pada pameran Indonesia City Expo (ICE) yang di gelar di RTH Imam Bonjol Padang.

Selain makanan dan minuman ringan, Pemkot Ternate juga menampilkan tenun khas Ternate dan beberapa merchandise khas kota Ternate, sehingga menarik perhatian pengunjung termasuk Wali Kota Bogor Bima Arya, beberapa wali kota lainnya dan dari para pengunjung yang juga mengunjungi stand dari pemerintah Kota Ternate.

"Rakernas Apeksi ini tentunya menampilkan sejumlah produk Kota Ternate yang akan menjadi brand, apalagi Ternate sudah dikenal di kanca internasional. Sehingga produk dari pala dan cengkih pun turut meramaikan," kata Wali Kota Ternate, M Tauhid Soleman, Senin kemarin.

Wali Kota berharap, produk UMKM dari Ternate selalu melakukan inovasi. Bahkan UMKM juga bisa memberikan sesuatu hal yang berbeda. "Saya minta bagi OPD yang hadir agar selalu memberikan promosi bagi produk UMKM," tutupnya.

Sementara, rangkaian kegiatan hari ke-2 Rakernas XV APEKSI 2022, Wali Kota Ternate menghadiri Pembukaan Rakernas XV APEKSI yang diawali sambutan Gubernur Sumatera Barat dan Menteri Perdagangan Republik Indonesia sekaligus membuka secara resmi acara yang digelar di Hotel Truntum Kota Padang tersebut, di waktu bersamaan Ketua TP. PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid menghadiri Ladies Program yang juga dihadiri oleh Istri-istri Wali Kota, Ketua TP-PKK, dan Ketua Dekranasda untuk saling mengenalkan program dan budaya masing-masing daerah.

Ketua Dewan Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) yang juga menjabat sebagai Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto, S.I.P., M.A., Ph.D. mengatakan, kota saat ini diperhadapkan dengan tantangan yang berbeda dan sangat rumit.

“Hari ini tantangan kita lebih berat dari pada Wali Kota-Wali Kota sebelum kita, rasanya Wali Kota sebelum kita itu tidak dihadapkan pada tantangan seperti ini. Kota saat ini diperhadapkan dengan tantangan yang berbeda dan sangat rumit,” ujar Bima Arya dalam sambutannya di acara pembukaan Rapat Kerja Nasional XV Apeksi, Minggu (7/8/202).

Menurut Arya, ada misi yaang penuh tantangan yakni, pertama, para Wali Kota dituntut bergerak cepat untuk pemulihan ekonomi. Kedua, ada tsunami regulasi yang turunan-turunannya harus diakselerasi. Ketiga, infrastruktur harus digenjot dengan memperhatikan pembangunan yang berkelanjutan. Dan keempat para Wali Kota diminta untuk bergerak kencang guna mengikuti arahan Presiden agar meningkatkan penggunaan produksi dalam negeri. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Lepas Kontingen Kota Ternate di Porprov Ke-IV

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si melepas Kontingen Porprov K ...

#

Kota Ternate Sabet 2 Medali Emas di Cabor Muaythai Porprov

PEMKOT TERNATE - Kota Ternate menjadi tuan rumah pada perhelatan Pekan Olahraga Provinsi M ...

#

Marliza M. Tauhid dan Semangat Membangkitkan Tenun Ternate

PEMKOT TERNATE - Tenun Ternate merupakan salah satu dari banyaknya kerajinan khas Ternate. ...

#

Tentang Tenun Ternate

PEMKOT TERNATE - Tenun Ternate adalah salah satu kerajinan tangan yang terus dijaga kelest ...