#

Musrenbang RKPD Tahun 2024 Ditutup, 641 Usulan Disepakati

PEMKOT TERNATE – Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) 2024 Kota Ternate hari ini resmi ditutup. Selasa (21/3/23) yang telah digelar selama dua hari di Royal Resto Ternate.

Sebelum ditutup, kegiatan di hari kedua dirangkaikan dengan paparan tentang program prioritas, kebijakan pembangunan, target dan sinergitas antar Kabupaten/Kota Tahun 2024 oleh Kepala Bappeda Provinsi Maluku Utara Salmin Janidi, SH., M.Hum.

Selanjutnya, paparan pengolahan sampah secara partisipatif oleh Kepala KSM TPST 3R Mulyoagung Bersatu Kec. Dau Kabupaten Malang, F. Supadi, serta paparan strategi manajemen pengelolaan sampah berbasis masyarakat konservasi oleh Manajemen KSM TPST 3R Mulyoagung Bersatu Kec. Dau Kabupaten Malang, Nugraha Wijayanto, SE.

Dan yang terakhir paparan konservasi sumber daya air ternate oleh Dr. Kadri Daud, ST., MT selaku Dosen Fakultas Teknik Universitas Khairun.

Kepala Bappelitbangda Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM dalam laporannya menyampaikan bahwa total usulan pokok-pokok pikiran DPRD Kota Ternate hasil reses DPRD Kota Ternate yakni sebanyak 302 usulan, dengan rincian Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan = 230 usulan (Dinas Lingkungan Hidup : 2 Usulan, Dinas Pekerjaan Umum Dan PR : 190 usulan, Dinas Perhubungan : 5 usulan, Disperkim : 1 usulan, Kecamatan : 32 usulan), Bidang Pemerintahan Dan Pembangunan Manusia = 26 usulan (Dinas Kesehatan : 1 usulan, Dinas Pemuda Dan Olahraga : 7 usulan, Dinas Pendidikan : 14 usulan, Sekretariat Daerah : 4 usulan), Bidang Ekonomi dan SDA = 46 usulan (Dinas Kelautan Dan Perikanan : 22 usulan, Dinas Ketahanan Pangan : 1 usulan, Dinas Koperasi Dan Ukm : 15 usulan, Disperindag : 2 usulan, Dinas Pertanian : 6 Usul usulan).

Selanjutnya, aspirasi masyarakat melalui Musrenbang 8 kecamatan yang disepakati pada Musrenbang RKPD tahun 2024 sebanyak 641 usulan.

“Usulan aspirasi masyarakat melalui Musrenbang 8 kecamatan yang disepakati yakni bidang infrastruktur dan kewilayahan sebanyak 385 usulan, bidang pemerintahan dan pembangunan manusia sebanyak 131 usulan dan untuk bidang ekonomi dan SDA sebanyak 125 usulan dengan total 641 usulan,” jelas Rizal.

Sebelum acara ditutup, Kepala Bappelitbangda Kota Ternate menyerahkan Hasil Forum Perangkat Daerah dan Musrenbang RKPD Kota Ternate Tahun 2024 kepada Asisten I mewakili Wali Kota Ternate.

Sementara itu, Wali Kota Ternate dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Setda Kota Ternate, Drs. Muhdar Din mengatakan, dari hasil pelaksanaan Forum Perangkat Daerah Musrenbang RKPD Kota Ternate, yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari ini, tentunya telah menghasilkan rumusan-rumusan program prioritas, sekaligus melakukan kompilasi dan sinergitas usulan Musrenbang Kecamatan dengan Rencana Kerja Perangkat Daerah Kota Ternate Tahun 2024.

“Saya sangat mengharapkan output dari hasil Musrenbang ini, dapat mewujudkan sebuah dokumen perencanaan yang mencerminkan kebijakan-kebijakan, sesuai dengan tuntutan dan aspirasi kebutuhan masyarakat atau para pemangku kepentingan."

“Saya berharap seluruh Perangkat Daerah harus benar-benar bekerja dan berkoordinasi, serta mampu mengintegrasikan peran masing-masing Perangkat Daerah, dalam menjalankan tugas pokok dan fungsi, untuk para pemangku kepentingan, mari kita kawal bersama-sama proses pembangunan daerah Kota Ternate, untuk wujudkan Ternate Mandiri dan Berkeadilan,” tutupnya.(Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Safari Ramadan di Kelurahan Toboko, Sekda Serahkan Bantuan Paket Kebaikan Ramadan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM., serta sejumlah ...

#

Buka Seleksi Paskibraka, Sekda : Peserta Harus Siapkan Fisik, Mental dan Kesehatan

PEMKOT TERNATE – Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. Rizal Marsaoly, MM. membuka sek ...

#

Toreh Prestasi, BPRS Bahari Berkesan sabet Tiga Kategori BUMD Award, Salah Satunya Di Raih Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Bertempat di Hotel Raffles Jakarta, PT. BPRS (Bank Pengkreditan Rakyat ...

#

Safari Ramadhan, Wali Kota : Mengukuhkan Silaturahmi

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Sekretaris Daerah K ...