#

Peringati Hari Kebangkitan Nasional, Wali Kota : Percepatan Transformasi Digital, Membuka Peluang bagi Indonesia

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Kebangkitan Nasional ke-116 Tahun 2024, Pemerintah Kota Ternate menggelar Upacara di Halaman Kantor Wali Kota Ternate, Jl. Pahlawan Revolusi, Senin (20/5/24).

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M,Si bertindak sebagai Pembina Upacara, dengan Perwira Upacara yakni Kepala Bidang Persandian Dinas Komunikasi, Informatika dan Persandian Kota Ternate, Ipson Aramuda, SE., M.Si dan Pemimpin Upacara yakni Lurah Bastiong Karance, Khairul Arifin, S.STP., M.Tr.I.P.

Upacara Peringatan Hari Kebangkitan Nasional Ke-116 tahun ini mengangkat tema “Bangkit Untuk Indonesia Emas”, yang dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kota Ternate Dr. H. Rizal Marsaoly, SE., MM., Forkompimda Kota Ternate, Kepala Cabang Taspen Kota Ternate Catur Herjanwinardi, SE., MM., Kepala Kantor Cabang Pembantu (KCP) Bank Mandiri Taspen Fandi Andriansyah, para Asisten, Staff Ahli, Kepala OPD, Camat, dan lurah serta diikuti oleh selurus ASN di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si saat membacakan amanat Menteri Komunikasi dan Informatika RI Budi Arie Setiadi, S.Sos., M.Si. mengatakan bahwasannya hari ini kita berada pada fase kebangkitan kedua, melanjutkan semangat kebangkitan pertama yang telah dipancangkan para pendiri bangsa. Berbeda dengan perjuangan yang telah dirintis lebih dari seabad yang lalu, kini kita menghadapi beragam tantangan dan peluang baru. Kemajuan teknologi menjadi penanda zaman baru.

“Kemajuan teknologi telah menghampiri kehidupan kita sehari-hari dan menjadi bagian dari peradaban kita hari ini. Inovasi-inovasi teknologi telah mendorong perubahan kehidupan manusia secara revolusioner,” pungkasnya.

Wali Kota menyampaikan bahwa banyak kesulitan yang berhasil disolusikan oleh teknologi.

“Inovasi teknologi digital bertumbuh setiap hari. Kecepatannya bak lompatan kuantum. Dalam dua dekade terakhir, perubahannya semikian pesat. Teknologi digital, misalnya, telah melesat jauh melampaui bayangan banyak orang. Setidaknya, tak terbayangkan dalam tiga dekade yang lalu, bahwa hari ini akan seperti ini. Teknologi digital telah menebas banyak keterbatasan manusia,” jelas Wali Kota.

Selanjutnya Wali Kota mengatakan, di hadapan kita telah terbentang potensi kekuatan yang siap merambah dunia. Bonus demografi menunjukkan bagaimana 60% penduduk Indonesia dalam dua dekade ini menjadi tenaga usia produktif yang siap mengembangkan inovasi-inovasi baru, bagi kemajuan teknologi dan pertumbuhan ekonomi.

“Dalam aspek bisnis, sosial, dan ekonomi, transformasi digital dapat menciptakan lapangan kerja baru dan mendukung pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan produktivitas dan profitabilitas bisnis. Sementara itu, dalam aspek sosial dan lingkungan, transformasi digital mampu meningkatkan akses terhadap berbagai teknologi untuk mitigasi dan adaptasi perubahan iklim,” ungkapnya.

Menurutnya, potensi-potensi ini tentu mendukung percepatan transformasi digital, sekaligus membuka peluang bagi Indonesia untuk keluar dari middle-income trap.

“Dengan pencanangan percepatan transformasi digital nasional oleh Bapak Presiden Ir. H. Joko Widodo yang dipacu beberapa tahun terakhir ini, tantangan demi tantangan dapat kita hadapi bersama,” tutur Wali Kota.

Di akhir amanatnya, Wali Kota juga menyampaikan amanat Menteri Kominfo bahwa kebangkitan kedua merupakan momen terpenting bagi kita hari ini, maka dari itu kita harus menatap masa depan dengan penuh optimisme, kepercayaan diri, dan keyakinan. Kemajuan telah terpampang di depan mata. Momen ini mesti kita tangkap agar kita langgeng menuju mimpi sebagai bangsa.

“Tidak mungkin lagi bagi kita untuk berjalan lamban, karena kita berkejaran dengan waktu. Di titik inilah, seluruh potensi sumber daya alam kita, bonus demografi kita, potensi transformasi digital kita, menjadi modal dasar menuju Indonesia Emas 2045”, tutupnya.

Upacara tersebut juga dirangkaikan dengan penyerahan Surat Keputusan (SK) Pensiun kepada 10 (sepuluh) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Ternate Terhitung Mulai Tanggal (TMT) Juni 2024 dan penyerahan Surat Keputusan (SK) kepada 2 (dua) Pegawai Negeri Sipil Sekolah Tinggi Transportasi Darat (STTD) unit kerja Dinas Perhubungan Kota Ternate atas nama Sabina A Bailussy, A.Md, Tra dan M. Fadly Hdn Batji, A. Md, Tra. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Wali Kota Ternate Mewisuda 2944 Siswa-Siswi Tahfidz Al-Qur’an dan BTQ

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si didampingi Ketua TP PKK Kot ...

#

Aksi Penanaman Pohon Pada Rakernas APEKSI Sebagai Komitmen Pelestarian Lingkungan

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bersama Ketua TP PKK Kota ...

#

Rakernas XVII APEKSI di Balikpapan, Dirangkaikan dengan Cooking Class Untuk Para Istri Wali Kota

PEMKOT TERNATE – Ketua TP PKK Kota Ternate Ny. Marliza M. Tauhid mengikuti Cooking Class ...

#

Hadiri Sidang Rakernas XVII APEKSI Tahun 2024, Wali Kota Ternate Paparkan Poin Penting Dalam Pra Muskomwil

PEMKOT TERNATE – Wali Kota Ternate sekaligus Ketua Komisariat Wilayah (Komwil) VI Asosia ...