#

Peringati HUT KORPRI Ke-52, Wali Kota Ingatkan Jaga Netralitas ASN

PEMKOT TERNATE – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) ke-52, Pemerintah Kota Ternate menggelar upacara di halaman Kantor Wali Kota Ternate dengan Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup), Kamis (30/11/23).

Upacara dihadiri oleh Pj. Sekretaris Daerah Kota Ternate Abdullah Hi. Muhammad Saleh, S.STP., M.Si, Forkopimda Kota Ternate, Para Ketua Organisasi Wanita se-Kota Ternate, Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Taspen bapak Fandi Andriansyah, Kepala Taspen Cabang Ternate Catur Herjanwinardi, para Asisten, Staf Ahhli, Kepala OPD, Camat, Lurah dan seluruh pegawai di Lingkup Pemerintah Kota Ternate.

Wali Kota Ternate dalam sambutannya menyampaikan bahwa di usia yang telah genap 52 tahun, KORPRI telah eksis sebagai garda terdepan dalam mewujudkan cita-cita dan tujuan negara. Keberhasilan ini tentu tidak lepas dari dedikasi serta kerja keras setiap anggota KORPRI yang senantiasa menjunjung tinggi nilai-nilai integritas, profesionalitas dan loyalitas.

Menurutnya, KORPRI mewadahi para Aparatur Sipil Negara (ASN) dengan visi dan misi serta tugas dan fungsi. Semua itu ditujukan demi pelayanan birokrasi dan publik yang lebih baik dan profesional sehingga tujuan pembangunan nasional yaitu terwujudnya masyarakat yang adil, makmur, dan sejahtera berdasarkan pancasila dan undang-undang 1945.

“Sejalan dengan berlakunya undang-undang ASN, KORPRI siap bertransformasi menjadi bagian integral dari pemerintahan yang berperan menjaga kode etik dan standar profesi mewujudkan jiwa Korps sebagai pemersatu bangsa, memberikan perlindungan hukum serta mengembangkan kesejahteraan anggota”, jelasnya.

Wali Kota menjelaskan bahwa peringatan HUT ke 52 KORPRI mengambil tema “KORPRIKAN INDONESIA” dengan harapan para anggota KORPRI lebih bersemangat dalam bekerja dan berkontribusi melayani kepentingan publik dan mewujudkan fungsinya sebagai perekat persatuan bangsa sehingga mewarnai proses pembangunan nasional.

“Saya mengajak para ASN sebagai prajurit kebhinekaan untuk meneguhkan netralitas dan profesionalisme serta meningkatkan kinerja terutama di bidang pelayanan publik dan kepedulian seluruh anggota KORPRI terhadap masyarakat dan sepenuhnya secara totalitas mendukung program Ternate Andalan,” pungkasnya.

Selain itu, faktor netralitas menjadi poin penting pada pelaksanaan HUT Korpri yang ke-52 ini. “Jadi, ASN wajib ikut menjaga netralitas mengingat pada saat ini kita sudah berada pada pelaksanaan kampanye dan pengawasan kampanye ini benar-benar dijaga ketat oleh pengawas dan penyelenggara pemilu dan itu berlangsung selama 75 hari sejak tanggal 28 November kemarin”, tambahnya.

Selanjutnya, Wali Kota juga menyebutkan terkait gaji Pegawai Tidak Tetap (PTT) di tahun 2024 akan mendapat gaji 13 dan 14.

“Di kesempatan ini saya juga ingin menyampaikan bahwasannya di tahun 2024, akan nada gaji 13 dan 14 untuk PTT di lingkungan Pemerintah Kota Ternate. Saya berharap dengan kebijakan tersebut, para PTT bisa lebih optimal dalam bekerja”, cetusnya.

Wali Kota juga menyampaikan bahwa pada tanggal 28 November lalu, Kota Ternate meraih penghargaan Kota Sehat kategori Swasti Saba “Padapa”, Wali Kota berharap pada dua tahun berikut Pemerintah Kota Ternate bisa melakukan perbaikan-perbaikan terkait indikator penilaian kategori Kota Sehat sehingga Kota Ternate mampu mengalami peningkatan yang lebih baik.

“Tujuan saya menyampaikan ini, karena prestasi sebagai Kota Sehat dan prestasi lainnya yang diraih oleh Pemkot Ternate bukan merupakan hasil dari individu melainkan tugas kolaboratif atau bersinergi. Tentunya untuk meraihnya bukan hanya diperlukan kerja keras, namun kemauan untuk menjadi yang terbaik juga menjadi modal utama”, jelasnya.

Pada kesempatan tersebut Wali Kota menyampaikan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh keluarga dan anggota KORPRI yang telah, sedang dan akan terus mengemban tugasnya mengabdi kepada negara yang kita cintai. Selain itu mari kita memanfaatkan momentum untuk merenung dan bersyukur atas segala capaian yang telah dicapai serta membangun semangat baru untuk menghadapi tantangan yang ada di masa depan”, cetusnya.

Pada upacara tersebut Wali Kota Ternate didampingi Kepala BKPSDMD Kota Ternate, Kepala Kantor Cabang Pembantu Bank Mandiri Taspen dan Kepala Taspen Cabang Ternate menyerahkan menyerahkan penghargaan satya lencana bagi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kota Ternate yang telah mengabdi selama 10, 20 dan 30 tahun, santunan kepada ASN yang meninggal dan santunan kepada ASN yang sedang sakit.

Usai Upacara, Wali Kota Ternate juga menyerahkan hadiah pada para pemenang lomba Senam Kreasi KORPRI serta Badminton KORPRI Tournament yang telah diselenggarakan dalam rangka memeriahkan HUT KORPRI Ke-52.

Juara pertama pada lomba Senam Kreasi KORPRI yakni Dinas Kelautan dan Perikanan, juara kedua yakni Dinas Kebudayaan Kota Ternate dan juara ketiga yaitu Kecamatan Kota Ternate Tengah.

Sedangkan untuk lomba Badminton KORPRI, juara pertama Ganda Putra dan Ganda Campuran dimenangkan oleh Dinas Kesehatan Kota Ternate.

Pelaksanaan HUT Korpri di Kota Ternate juga dimeriahkan dengan pemberian doorprize untuk sejumlah ASN yang mengikuti upacara peringatan HUT KORPRI di lingkungan Pemerintah Kota Ternate. (Tim_IKP Diskominfo Ternate)

Berita

Berita Lainnya

#

Ini Jawaban Wali Kota Ternate Atas Pandangan Umum Fraksi DPRD Kota Ternate Terhadap Ranperda RPJPD

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate,Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menyampaikan secara resmi t ...

#

Wali Kota Ternate Instruksikan, Gerakan Aparatur Sipil Negara dan Masyarakat Ikut Memilah Sampah

PEMKOT TERNATE — Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si resmi mengeluarkan Instru ...

#

Wali Kota Buka Literasi Keuangan Inklusif Gender untuk Keluarga Petani Disabilitas

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri sekaligus membuk ...

#

Wali Kota Resmikan Kapal Semarak Malut 01, Kapal Pertama yang Berganti Bendera di Kota Ternate

PEMKOT TERNATE - Wali Kota Ternate Dr. M. Tauhid Soleman, M.Si menghadiri acara peresmian ...